7+ Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Jogja, Penuh Kebersamaan!
Tempat wisata keluarga, Sumber: kartanesia.com

Tahukah Anda, sebagai kota wisata, Jogja jauh mengalahkan Bali yang juga dikenal dengan kota wisata. Bahkan di tahun 2020, lebih dari 10 juta pengunjung berwisata di Jogja, atau dua kali lipat dibandingkan Bali. Hal ini salah satunya ditunjang dengan adanya banyak tempat wisata keluarga di Jogja yang tersedia. 

Karena keindahan alamnya, banyak destinasi wisata yang muncul dan menjadi tempat mengasyikan untuk liburan bersama keluarga. Tidak hanya itu, Anda pun juga akan dimudahkan untuk mencari tempat wisata di Jogja paling terkenal untuk menghilangkan penat dan memanjakan mata. 

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga yang ada di Jogja. Penasaran?

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Untuk Liburan Keluarga 

Bisa jadi, banyaknya destinasi wisata membuat Anda bingung memilih mana tempat wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Nah, diantara banyaknya tempat wisata keluarga di Jogja, beberapa destinasi wisata yang cocok dikunjungi diantaranya: 

1. Kids Fun

Kids Fun Jogja, Sumber: kidsfun.co.id
Kids Fun Jogja, Sumber: kidsfun.co.id

Tahukah Anda bahwa Kids Fun yang ada di Jogja ini merupakan franchise dari Belanda? Karena hal tersebut, Kids Fun menjadi tempat bermain anak yang memiliki standar internasional. Tak mengherankan jika tingkat keamanan semua wahana yang ada sangat baik. . 

Tempat bermain dengan luas lima hektar tersebut memiliki lebih dari 25 wahana bermain. Berbagai wahana bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Secara umum, wahana Kids Fun dibagi menjadi dua, yaitu wahana anak dan wahana keluarga. Bahkan terdapat permainan yang dibagi berdasarkan umur.

Adapun yang menjadi unggulan tempat ini adalah permainan tematik, gokart serta kolam renang aqua splashnya. Tempat bermain yang berada di Jalan Wonosari Km.10 tersebut memiliki bermacam-macam tarif tiket, mulai dari 80 ribu hingga ratusan ribu bergantung pada wahana yang dimainkan. Sangat cocok bukan untuk dikunjungi?

2. The Lost World Castle

Jika Anda berjalan-jalan di lereng gunung Merapi, ada beberapa objek wisata yang bisa Anda temukan. Salah satunya adalah The Lost World Castle. 

Karena berada di lereng gunung, maka tempat ini memiliki suhu yang dingin. Adapun lokasinya terletak di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

The Lost World Castle memiliki berbagai spot foto menarik. Dan yang menjadi daya tarik dari wisata ini adalah memiliki bangunan unik seperti castle. Juga, ada juga replika landmark dunia seperti The Colosseum seperti di Roma. Tak hanya itu, ada juga beberapa wahana permainan seru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

3. Taman Pintar

Taman Pintar di Jogja, Sumber: 1001malam.com
Taman Pintar di Jogja, Sumber: 1001malam.com

Jika Anda ingin mengajak anak-anak untuk berlibur sambil belajar, maka Taman Pintar merupakan tempat yang sangat cocok. Ada berbagai wahana belajar yang bisa dijadikan tempat bermain pula. Hal ini menjadikan belajar seru dan tak lagi membosankan.

Adapun wahana yang ada di tempat tersebut seperti science theater, planetarium, kampung kerajinan, gedung paud, zona perpustakaan taman pintar dan sebagainya. Karena fasilitas tersebut, tak jarang taman pintar menjadi tempat study tour sekolah-sekolah.

Lokasi taman pintar cukup strategis. Terletak di dekat 0 Kilometer yang sangat dekat dengan Malioboro dan Beringharjo. Jika Anda ingin menikmati suasana keindahan Kota Jogja pun dapat menggunakan andong untuk berkeliling dan berbelanja. Menyenangkan bukan?

4. Gembira Loka Zoo

Dalam catatan sejarah, pembangunan awal Kebun Binatang Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Kebun binatang ini dibangun pada tahun 1933 yang awalnya bernama Kebun Rojo. 

Gembira Loka menjadi tempat hidup berbagai macam spesies, mulai dari jenis lokal hingga spesies yang diadopsi dari berbagai belahan dunia lainnya.. Adapun spesies yang ada seperti mamalia, reptil, dan burung yang banyak jenisnya. 

Gembira Loka Zoo, Sumber: wikipedia.com
Gembira Loka Zoo, Sumber: wikipedia.com

Tak hanya hewan, dalam Gembira Loka Zoo juga terdapat museum yang dikenal dengan nama Diorama Flora dan Fauna KRKB Gembira Loka. Dalam museum ini juga menyimpan awetan ribuan ekor hewan dari ratusan jenis satwa dan puluhan ribu jenis tumbuhan.

Gembira Loka Zoo memiliki area yang cukup luas, yaitu sekitar 22 hektar. Namun Anda tak perlu khawatir. Saat ini sudah disediakan kereta mini yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling. Tempat ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga karena berfungsi sebagai hiburan serta edukasi bagi para wisatawan.  

5. Desa Wisata Brayut

Bagi Anda yang sudah suntuk dengan suasana perkotaan yang serba macet dan panas, Desa Wisata Brayut sangat cocok untuk Anda kunjungi. Sama seperti namanya, lokasinya juga terletak di sebuah pedesaan yang berada di daerah Sleman. 

Desa wisata Jogja ini sangat menonjolkan sisi kebudayaan, khususnya yang berkaitan dengan pertanian. Sebagaimana sumber pencaharian sebagian besar warga setempat. Di tempat tersebut, terdapat pemandangan persawahan yang sangat luas.

Di desa tersebut pula, Anda juga dapat belajar bertani sebagaimana penduduk setempat. Selain itu, dapat juga belajar membatik, memancing ikan, serta bermain alat musik gamelan. Tentu menjadi suasana yang ‘mahal’ untuk Anda dapatkan di perkotaan, bukan?

6. Jeep La Barka 

Bagi Anda yang belum tahu, nama La Barka sebenarnya merupakan nama sebuah resto. Namun ada yang menarik, karena restoran ini menyediakan Jeep yang siap mengantar Anda berkeliling untuk menyusuri sungai dan sawah. untuk itu, Anda juga bisa menikmati permainan jeep sekaligus menikmati kuliner ditempat.

Dengan hanya membayar Rp 50.000 setiap orang, Anda bisa berkeliling menyusuri sungai Gembira Loka bersama keluarga. Lokasinya terletak di Kulon Progo, tepatnya di tepi Gembira Loka. Biasanya tempat ini disebut juga dengan hidden gem-nya Jogja yang bisa menjadi tempat wisata keluarga di Jogja 2023. 

7. Waterboom Jogja

Waterboom Jogja, Sumber: waterboomjogja.com
Waterboom Jogja, Sumber: waterboomjogja.com

Tahukah Anda jika ada waterboom terbesar di Asia Tenggara di Jogja? Ya, waterboom ini terletak di Maguwoharjo, Sleman. Waterboom Jogja telah tersertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) dengan skor 100% dari Kemenparekraf RI dan Sucofindo. 

Jadi, tidak perlu khawatir lagi karena sudah terjamin kebersihan dan keamanannya. Sebagai tempat wisata wahana Jogja, waterboom ini juga memiliki taman yang luas. Maka Anda bisa menikmati berkumpul bersama keluarga di tempat tersebut dengan nyaman.

Selain itu, waterboom ini juga memiliki sebanyak 19 wahana yang bisa Anda nikmati. Setelah puas bermain, Anda juga dapat menikmati resto dan area culinary corner yang menyajikan berbagai macam makanan. Dan yang tak kalah pentingnya, terdapat juga merchandise shop untuk membeli oleh-oleh bagi kerabat Anda. 

8. Pantai Watu Kodok

Salah satu yang menjadi ikon Jogja adalah jumlah pantainya yang banyak, indah dan masih alami. Seperti pantai Watu Kodok yang terletak di Gunungkidul, selatan Yogyakarta. Untuk sampai di tempat tersebut, Anda membutuhkan waktu sekitar dua jam dari kota Yogyakarta.

Meskipun cukup jauh, hasilnya tidak mengecewakan. Jika Anda berkunjung di pantai Gunungkidul, Anda juga dapat mengunjungi beberapa pantai sekaligus menjadi paket wisata Jogja Anda. Hal tersebut lantaran tempatnya yang sangat berdekatan, namun memiliki pemandangan yang berbeda-beda.

Bersama keluarga, Anda bisa quality time menikmati ombak di pinggir pantai dan bermain pasir. Apalagi biasanya di pantai tersebut tidak ramai pengunjung. Jadi Anda dapat leluasa menikmati keindahan pantai layaknya privat beach. Seru kan?

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Jogja yang bisa Anda kunjungi saat berlibur bersama keluarga. Dijamin seru dan menjadi momen yang memorable bagi anggota keluarga. Apalagi banyak yang tidak hanya menyediakan hiburan saja, namun juga edukasi yang tinggi.

Isuzu Elf Long, Sumber: balimidori.com
Isuzu Elf Long, Sumber: balimidori.com

Bagi Anda yang ini berkeliling ke berbagai tempat wisata di Jogja, Almoreno Transport menawarkan layanan sewa Elf Jogja untuk akomodasi  tepat untuk pengalaman liburan yang menyenangkan. Kami juga menyediakan paket wisata di Jogja dan sekitarnya. Tunggu apa lagi, jangan ragu menggunakan layanan jasa kami. Selamat berlibur ya!

About Author

client-photo-1
Rohadi Apri

Comments

Tinggalkan Balasan