4 Rekomendasi Agrowisata di Jogja, Liburan Menyenangkan Sambil Ngadem!
Agrowisata di Jogja, Sumber: Bhumi Merapi, Sumber: nagantour.com

Destinasi wisata Jogja semakin bervariasi guna memenuhi berbagai preferensi hiburan masyarakat. Salah satu yang banyak diminati yaitu agrowisata di Jogja yang keberadaannya mulai menjamur di seluruh penjuru kota. Kelebihan yang ditawarkan masing-masing destinasi pun mampu memberikan pengalaman yang berkesan.

Ya, cukup banyak agrowisata yang menarik di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Masing-masing menawarkan pengalaman unik untuk mengeksplorasi sisi agrikultural kota ini. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan, bisa Anda lihat secara langsung. Selain itu, hasil produksi perkebunan atau pertanian dari agrowisata bisa dipetik dan dibawa pulang ke rumah.

Berikut kami berikan rekomendasi agrowisata di Jogja yang terbaik untuk keluarga yang bisa dijadikan tempat berlibur sambil ngadem. Selamat membaca!

Piknik ke Agrowisata, Kenapa Menarik?

Piknik argowisata, Sumber: detik.com
Piknik agrowisata, Sumber: detik.com

Piknik merupakan cara menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Biasanya, kegiatan ini meliputi makan bersama, bermain di alam yang menambah wawasan, hingga bersantai menikmati keindahan pemandangan sekitar. Nah, agrowisata adalah wisata edukasi Jogja yang banyak dipilih keluarga karena menawarkan semua keseruan tersebut.

Mari kite jelajah lebih lanjut mengapa agrowisata menjadi destinasi piknik yang banyak diminati pengunjung saat berlibur ke Jogja.

  • Belajar langsung tentang proses pertanian
  • Mengenal berbagai jenis tanaman dan cara budidaya yang berkelanjutan
  • Bisa petik buah langsung dari tanamannya
  • Lingkungan hijau yang menenangkan jiwa dan pikiran
  • Fasilitas modern seperti restoran, area bermain dan toilet menjadikan kegiatan piknik lebih nyaman
  • Menikmati beragam kuliner lokal dari produk pertanian di agrowisata
  • Keindahan alam dan kebun di agrowisata menghasilkan latar belakang foto yang bagus untuk foto

Dengan segala keunikan tersebut, tidak heran peminat agrowisata semakin meningkat, baik saat akhir pekan maupun libur panjang. 

Rekomendasi Agrowisata di Jogja, Cocok untuk Liburan Keluarga

Jogja memiliki sejumlah agrowisata yang menarik. Masing-masing memberikan keindahan alam yang beragam, serta pengalaman seru yang dapat dinikmati bersama dengan keluarga. Manfaatkan destinasi wisata ini saat nanti berlibur ke Jogja bersama keluarga untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Pilih yang paling sesuai dengan preferensi keluarga, lalu segera masukkan ke dalam daftar rencana jalan-jalan Anda.

1. Bhumi Merapi

Bhumi Merapi, Sumber: nagantour.com
Bhumi Merapi, Sumber: nagantour.com

Bhumi Merapi bisa menjadi destinasi yang cukup memuaskan untuk menghabiskan waktu liburan ke Jogja. Di dalamnya, terdapat sejumlah objek wisata menarik. Salah satunya wisata petik strawberry Jogja. Selain kebun strawberry, tempat ini menyediakan spot-spot foto keren untuk berburu fotogenic.

Perpaduan wisata edukasi dengan spot-spot foto cantik tersebut menjadikan Bhumi Merapi sebagai salah satu agrowisata Jogja yang paling banyak diminati, baik oleh masyarakat Jogja maupun dari luar daerah. Beberapa hiburan lainnya yang jarang ditemukan di agrowisata biasa yaitu fasilitas berkuda, camping, dan Gua Braholo.

  • Alamat: Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman
  • Telepon: 0816680515
  • Tiket masuk: Rp 35.000/orang

2. Nara Kupu Jogja

Nara Kupu merupakan wisata kebun sayur di Jogja yang banyak diminati keluarga dengan menyediakan sejumlah fasilitas agrowisata yang menarik. Salah satunya memetik sayur organik dari perkebunan langsung yang bisa dibawa pulang. sangat cocok untuk menjadi opsi wisata anak. Selagi asyik memetik, anak-anak bisa menghabiskan waktu dengan memberi makan rusa, ikan, dan kelinci.

Jika bosan, Anda bisa menikmati hiburan lainnya, seperti naik skuter listrik, ATV, dan balancing bike. Juga terdapat pemancingan lengkap dengan alat-alatnya, sehingga tidak perlu repot membawanya dari rumah. Begitupun dengan makanan, tersedia berbagai menu makanan dengan harga terjangkau dan mengenyangkan. 

  • Alamat: Pandanpuro, Hargobinangun, Kabupaten Sleman
  • Telepon: 081234566272
  • Tiket masuk: Gratis

3. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah mangunan, Sumber: idntimes.com
Kebun buah mangunan, Sumber: idntimes.com

Destinasi yang satu ini berspesialisasi sebagai agrowisata buah di Jogja. Oleh karenanya, ada banyak koleksi tanaman buah yang bisa ditemui, di antaranya yaitu durian, mangga, jeruk, jambu, salak, rambutan, sawo, kelengkeng, dan matoa. Aneka buah-buahan tadi bisa dinikmati secara langsung dari pohonnya, dengan membayar sejumlah harga yang ditentukan. 

Keunikan yang ditawarkan agrowisata ini terletak pada fasilitas Gardu Pandang dengan pemandangan yang menakjubkan dari kontur pegunungan dan pemukiman warga di wilayah Bantul di atas ketinggian 150-200 meter. Itulah mengapa Kebun Buah Mangunan tidak pernah sepi pengunjung.

  • Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul
  • Telepon: 081904115762
  • Tiket masuk: Rp 7.000-8.000/orang

4. Agrowisata Bunga Krisan 

Destinasi berikut memadukan kebun bunga krisan dengan rumah makan yang terletak di Bukit Menoreh. Dari sana, Anda dapat menikmati pemandangan warna-warni bunga krisan yang terhampar di lahan seluas lebih dari satu hektar. Bahkan, Anda diperbolehkan membawa pulang bunga yang sedang mekar dengan membayar Rp 5.000-10.000 per tangkainya.

Selain itu, Anda bisa belajar langsung mengenai budidaya tanaman tersebut langsung dari petaninya. Dari segi lokasi, memang cukup jauh ditempuh dari tengah kota. Akan tetapi, semua pengorbanan akan terbayar setelah bertemu dengan hamparan bunga krisan yang luar biasa indah dan menawan.

  • Alamat: Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Rp 15.000/orang

Kunjungi agrowisata di Jogja tadi untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang berkesan bersama keluarga. Berkunjung ke Bhumi Merapi untuk memetik strawberry manis dan berfoto di spot-spot instagramable, memetik sayur dan memberi makan rusa di Nara Kupi, memetik buah-buahan di Kebun Buah Mangunan, hingga menikmati kecantikan bunga krisan.

Terapkan tips liburan hemat agar bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan budget terlalu besar Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah sewa Elf Jogja

Selain lebih terjangkau, perjalanan Anda senantiasa nyaman dan efisien. Solusi tepat untuk menjawab kebutuhan keluarga yang ingin berlibur ke Jogja dengan praktis dan budget yang terjangkau!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan