Sebagai salah satu kota tua di Jogja, Kotagede memiliki begitu banyak destinasi wisata yang wajib Anda sambangi. Destinasi wisata di Kotagede pun tak hanya sebatas wisata sejarah yang menyimpan banyak cerita tersembunyi, namun juga wisata kebudayaan yang membuat wisatawan selalu ingin kembali ke sini.

Di samping itu, Kotagede juga terkenal dengan wisata religi yang membuatnya banyak dikunjungi saat menjelang Ramadhan. Sebut saja Masjid Agung yang sudah berdiri sejak berabad-abad silam. Juga makam wali terkenal yang membuat Kotagede selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah.

Namun, apakah destinasi wisata di Kotagede hanya sebatas itu? Simak sampai akhir untuk mendapatkan informasi wisata lainnya di Kotagede Yogyakarta.

Ragam Destinasi Wisata di Kotagede Paling Ikonik

Terkenal sebagai kota peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Kotagede memang menyimpan nilai sejarah yang begitu besar. Berbagai warisan sejarah bisa Anda temukan di sini, dan bisa disambangi sebagai destinasi wisata. 

Nah, dari banyaknya destinasi wisata di Kotagede, beberapa tempat berikut adalah yang paling direkomendasikan.

1. Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede, Sumber: kompas.com
Masjid Agung Kotagede, Sumber: kompas.com

Wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Masjid Agung Kotagede. Termasuk objek wisata yang cukup populer di Kotagede, masjid bersejarah  ini dibangun oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma pada tahun 1575 silam. Masjid yang juga merupakan peninggalan kerajaan Mataram ini dibangun dengan desain arsitektur Jawa kuno yang sangat epic

Setiap sudut masjid tidak pernah luput dari ukiran kayu serta ornamen artistik yang sangat indah. Selain memiliki interior yang memukau, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan eksterior bangunannya. Ukiran kayu yang sangat halus dan ornamen klasik menjadi ciri khasnya. Di dekat area masjid ini Anda juga bisa berfoto di tembok ijo Kotagede yang instagramable.

  • Alamat Masjid Agung Kotagede: Dusun Sayangan, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka: 24 jam
  • HTM: Gratis (pengunjung dapat memberikan amal atau infaq)

2. Di Antara Dua Gerbang

Di Antara Dua Gerbang atau Between Two Gates adalah salah satu wisata sejarah di Kotagede yang sangat sayang jika dilewatkan. Sebenarnya, Between Two Gates atau Gang Rukunan merupakan lokasi pemukiman dengan rumah-rumah tradisional yang dinobatkan sebagai salah satu Bangunan Warisan Budaya di Yogyakarta.

Lokasi Di Antara Dua Gerbang ini memiliki keindahan khas Jawa yang sangat menarik. Pengunjung bisa bersua foto untuk mengabadikan momen lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial. Selain menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di Kotagede, destinasi wisata yang satu ini juga bisa menjadi ajang belajar sejarah hingga budaya Jawa lho!

  • Alamat Di Antara Dua Gerbang: Jl. Masjid Besar No.905, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173
  • Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Gratis / Sesuai reservasi jika ingin menggunakan tour guide

3. Pabrik Coklat Monggo

Pabrik Coklat Monggo, Sumber: tripadvisor.com
Pabrik Coklat Monggo, Sumber: tripadvisor.com

Anda termasuk salah satu pecinta coklat? Jika iya, berwisata sekaligus mencicipi coklat asli Kotagede di pabrik Coklat Monggo wajib Anda masukkan ke list. Tidak hanya bisa berburu oleh-oleh coklat untuk disantap, namun pengunjung juga diperbolehkan untuk melihat secara langsung proses pembuatan coklat dari balik kaca dapur.

Biji-biji yang digunakan sangat berkualitas dan memenuhi standar. Proses pembuatannya pun terjamin higienis, jadi tidak heran jika rasa coklat yang dihasilkan dari pabrik ini begitu digemari dan menjadi buronan para wisatawan. Tertarik untuk menyaksikan lalu mencicipinya?

  • Alamat Pabrik Coklat Monggo: Jalan Dalem KG III Nomor 978, Purbayan Kotagede, Kota Yogyakarta
  • Jam Buka: 08.00 – 12.00 WIB dan 13.00 – 17.00 WIB.
  • HTM: Rp 10.000 per orang atau Rp 50.000 jika menggunakan guide

4. Gang Soka

Destinasi wisata selanjutnya adalah Gang Soka. Saat berkunjung ke desa wisata Jogja satu ini, Anda akan dibawa ke Jogja tempo doeloe berkat nuansa klasiknya dari rumah-rumah lawas yang berdiri sudah sejak ratusan tahun lalu.

Wisata kota lama Jogja ini terkesan unik berkat dindingnya yang memiliki ukiran kayu khas Jawa dengan motif yang sangat apik. Menariknya, meski  sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu, namun rumah-rumah tersebut masih kokoh dan sangat terawat. Tidak jarang Gang Soka dijadikan sebagai lokasi foto prewedding ataupun foto ootd untuk sekedar mengisi feed media sosial.

  • Alamat Gang Soka: Gg. Soka, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55192, Indonesia
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00
  • HTM: Rp 10.000

5. Situs Warungboto

Situs Warungboto, Sumber: wikipedia.com
Situs Warungboto, Sumber: wikipedia.com

Pada zaman dahulu, situs Warungboto merupakan Pesanggrahan Rejowinangun yang masuk ke dalam daftar situs bersejarah sejak abad ke 18 lalu. Dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II, Situs Warungboto dijadikan sebagai benteng pertahanan sekaligus tempat istirahat.

Salah satu daya tarik dari wisata ini adalah adanya kolam pemandian dengan sumber mata air di tengahnya. Terlebih lagi dinding bangun yang berwarna coklat muda dengan desain arsitektur lawas khas Jogja, membuat Situs Warungboto sangat unik, menarik dan estetik. Jadi saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa mampir Warungboto ya.

  • Alamat Situs Warungboto: Jl. Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, DI Yogyakarta.
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00
  • HTM: Rp 3.000 per orang.

Sebenarnya ada banyak sekali destinasi wisata di Kotagede lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Hampir semuanya kids friendly dan sangat nyaman untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. 

Nah, untuk memastikan perjalanan bersama keluarga tetap nyaman, Anda bisa sewa Hiace Jogja dari Almoreno Transport. Selain lebih praktis karena Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus dalam satu hari, biaya perjalanan rombongan pun semakin hemat. 

Almoreno juga menyediakan pilihan armada lain yang dapat disesuaikan dengan jumlah rombongan. Juga layanan sewa mobil plus supir dan layanan antar-jemput di bandara atau stasiun.

Hubungi Almoreno Transport sekarang untuk booking sewa mobil sesuai kebutuhan Anda!

Provinsi Jawa Tengah memiliki keindahan dan keberagaman destinasi wisata yang sangat melimpah. Salah satunya bisa Anda temukan di Klaten, sebuah kabupaten yang dikenal dengan julukan Kota 1001 Umbul. Selain dikenal dengan pesona itu, sejumlah destinasi wisata di Klaten yang hits dan kekinian juga bisa Anda temukan.

Berbagai wisata alam dengan konsep kekinian menjadi destinasi yang sedang banyak digemari masyarakat setempat. Di mana kemunculan beragam tempat rekreasi baru tersebut menunjukkan bahwa Klaten tidak hanya sebatas wisata umbul saja. Melainkan sebuah kota wisata yang juga menawarkan kekayaan budaya serta kuliner khasnya yang lezat.

Mari sambangi beragam destinasi yang membuat Klaten semakin istimewa, dan cocok untuk wisata keluarga maupun pasangan muda mudi! 

Rekomendasi Wisata di Klaten yang Hits

Seperti yang disinggung di atas, wisata alam berkonsep kekinian sedang banyak digandrungi wisatawan Klaten. Selain menyediakan pemandangan alam cantik, spot-spot foto instagramable pun tersedia untuk mengabadikan momen liburan Anda sekaligus penunjang eksistensi diri di media sosial.

Berikut sudah kami rangkum informasi terkait tempat wisata di Klaten selain Umbul yang lagi hits, lengkap dengan informasi alamat dan tiket masuknya.

1. New River Moon Klaten

New rivermoon Klaten, Sumber: kompas.com
New rivermoon Klaten, Sumber: kompas.com

Tempat wisata indah di Klaten ini masih menjadi pilihan destinasi wisata favorit masyarakat sekitar maupun luar daerah. New River Moon menyuguhkan pemandangan asri di tepi sungai, di mana Anda bisa bermain outbound dengan fasilitas fun game yang seru serta rafting menyusuri Kali Pusur.

Setelah lelah beraktivitas, Anda dapat menyantap makanan Nusantara hingga Western di tepian sambil menikmati pemandangan alam yang asri. Tersedia paket wisata yang membuat pengeluaran keluarga lebih hemat, termasuk paket makan lengkap dengan minuman yang bisa Anda sesuaikan dengan budget dan keinginan. 

  • Alamat: Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Telepon: 085899946995
  • Tiket masuk: Gratis

2. Kawasan Bendungan Rowo Jombor Klaten

Saat berada di Klaten, tidak lengkap rasanya bila Anda belum mengunjungi Kawasan Bendungan Rowo Jombor dengan berbagai keunikannya. Anda bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus, yakni Bendungan Rowo Jombor serta Bukit Sidoguro yang menghadap ke bendungan.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru, mulai dari berkeliling waduk menggunakan perahu tradisional, mancing mania, menyantap nila bakar dan kopi saat senja di warung apung, hingga speedboat di waduk yang memacu adrenalin. Bonus pemandangan gunung merapi dan merbabu yang semakin melengkapi pengalaman wisata Anda. 

  • Alamat: Jl. Rw. Jombor, Waduk Jombor, Krakitan, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462
  • Telepon: 082134201765
  • Tiket masuk: Tidak ada

3. Soko Alas

Wahana Soko Alas, Sumber: kompas.com
Wahana Soko Alas, Sumber: kompas.com

Salah satu destinasi terbaru yang sedang viral awal tahun ini adalah Wahana Soko Alas. Destinasi ini memadukan wisata alam Klaten berupa pemandangan sawah dan embung yang luas dengan wisata seni yang memamerkan karya arsitektur menawan. 

Sepanjang kawasan wisata, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur yang cukup unik. Ada gapura dari akar kayu jati, bola dari potongan-potongan kayu, patung, hingga air mancur berbentuk hewan dari kayu.

Di area wisata di Klaten yang hits ini juga terdapat kolam ikan, serta kolam renang anak dan dewasa lengkap dengan kursi malas dan peneduh dari bambu. Juga kafe dan resto aesthetic dengan tirai dari potongan bambu yang akan mengingatkan Anda pada suasana ala-ala di Bali dan Thailand.

  • Alamat: Jl. Delanggu- Polanharjo, Area Kebun/Sawah, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Telepon: 082125256168
  • Tiket masuk: Rp 10.000

4. Girpasang

Sempat redup beberapa waktu lalu, kini Girpasang kini mulai viral lagi berkat kehadiran sebuah kafe di atas bukit dengan pemandangan hijau yang membentang luas bernama Green Valley. Ya, dusun terpencil di Klaten yang disulap menjadi tempat wisata ini awalnya hanya menyediakan wahana dan spot foto dengan view alam saja. 

Namun kini Girpasang juga menghadirkan cafe aesthetic yang kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong muda mudi Klaten. Dengan konsep semi outdoor, cafe ini berhasil menghadirkan suasana yang syahdu dengan banyak spot foto menarik.

Pengunjung juga masih bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia. Beberapa wahana yang sempat viral juga masih banyak diminati sampai sekarang yaitu jembatan gantung dan gondola yang melintasi sejauh 125 meter. 

  • Alamat: Ngringin, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten Regency, Central Java 57484
  • Telepon: 081228972956
  • Tiket masuk: Rp 5.000

5. Candramaya Klaten

Liburan di Candramaya Klaten, Sumber: kendhil.com
Liburan di Candramaya Klaten, Sumber: kendhil.com

Disebut sebagai wisata Klaten seperti Bali, Candramaya Klaten berhasil memikat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Cendramayu sendiri merupakan sebuah resort dan hotel yang mengusung konsep pedesaan Bali dengan view hamparan sawah yang cantik. 

Berbagai ornamen khas Bali pun bisa Anda temukan di setiap sudut resort, seperti kain hitam putih, payung kertas, serta tumbuhan bunga kamboja. Vibes Bali semakin terasa ketika Anda memasuki area kamar yang menyuguhkan desain resort khas Pulau Dewata. 

Fasilitas utama yang disediakan di sini yaitu kolam renang umum, kolam renang private, resto dengan beragam menu berat dan ringan, hingga kamar hotel. Biaya penginapannya tergolong murah, sehingga tak perlu khawatir untuk mengajak keluarga staycation di sini.

  • Alamat: Jl. Dalangan, Kajen, Dalangan, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482
  • Telepon: 082191426376
  • Tiket masuk: Rp 10.000 (weekday)/Rp 15.000 (weekend)

Dengan berkunjung ke beberapa wisata di Klaten yang hits tersebut, memori kunjungan ke Klaten kali ini akan menjadi pengalaman yang berkesan. Anda bukan hanya dapat menikmati keindahan alam, namun sekaligus menapaki peninggalan bersejarah, berpetualang hingga kulineran.

Wujudkan pengalaman tersebut dengan sewa Elf Jogja di Almoreno Transport. Tim yang mendampingi sudah berpengalaman dan profesional dalam mengantarkan perjalanan private tour maupun rombongan wisatawan dari berbagai daerah Nusantara. Layanan yang diberikan pun bisa disesuaikan, mulai dari jenis mobil, layanan hingga paket wisata murah. 

Simak juga tips liburan lain agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar. Jika sudah siap, jangan lupa hubungi Almoreno!

Menjelang bulan puasa banyak umat Islam yang mengunjungi tempat-tempat wisata religi untuk meningkatkan ilmu spiritual dan sejarah agama. Termasuk mengunjungi berbagai wisata religi Jepara yang juga mengandung nilai sejarah, seperti makam sunan di Jepara. Hal ini mengingat Jepara memiliki peran penting dalam perkembangan agama Islam di Pulau Jawa.

Wisata religi sendiri dapat diartikan sebagai jenis wisata yang berkaitan dengan tempat bernilai keagamaan dan memiliki makna khusus bagi umat. Sedangkan bagi masyarakat Jepara, kebiasaan mengunjungi tempat-tempat wisata religi sudah dilakukan turun temurun. Jadi wajar jika menjelang bulan puasa masyarakat Jepara melanjutkan tradisi ini hingga sekarang.

Penasaran di mana saja tempat wisata religi di Jepara yang kerap dikunjungi menjelang bulan puasa? Kami telah merangkum beberapa destinasi terbaik serta wisata religi Jepara lainnya selain makam wali. Simak terus sampai akhir ya!

Pentingnya Mengunjungi Destinasi Wisata Religi Sebelum Bulan Puasa

Wisata religi, Sumber: cimbniaga.co.id
Wisata religi, Sumber: cimbniaga.co.id

Wisata religi menjelang puasa merupakan rutinitas unik yang membawa sejumlah manfaat spiritual. Pertama, peninggalan Islam memberi kesempatan bagi masyarakat muslim untuk mendalami nilai-nilai keagamaan lebih dari sekadar identitas, melainkan nilai yang seharusnya dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kedua, mengingatkan kita akan jasa para leluhur Jepara yang berperan penting dalam penyebaran Islam sehingga kini kita dapat beribadah dengan aman dan nyaman. Kedua alasan tadi akan meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan ibadah semata-mata karena Allah, melanjutkan perjuangan para leluhur menuju Surga-Nya.

Rekomendasi Wisata Religi Jepara

Wisata religi yang kami rekomendasikan di bawah ini telah menjadi destinasi wajib setiap muslim yang berkunjung ke Jepara. Bahkan, sebagian orang menjadikan kunjungan tersebut sebagai acara rutin tahunan bersama keluarganya, baik oleh masyarakat Jawa Tengah maupun wisatawan dari luar provinsi.

Kini, giliran Anda. Catat nama tempat dan alamat dari masing-masing destinasi untuk dimasukkan ke dalam daftar wisata nanti.

1. Masjid Agung Jepara

Masjid Agung Jepara, Sumber: wikipedia.com
Masjid Agung Jepara, Sumber: wikipedia.com

Anda akan menjadi orang yang beruntung dapat menginjakkan kaki di masjid yang telah berdiri sejak tahun 1500-an ini. Secara tidak langsung, Masjid Agung Jepara telah menjadi saksi ratusan tahun kehidupan dan tempat yang dicintai jutaan muslim yang berdatangan. Nilai spiritualitasnya sungguh besar dan tidak menutup kemungkinan berdoa di sini cepat dikabulkan.

Hingga kini, pemerintah kerap mengadakan acara tahunan menyambut datangnya bulan Ramadhan di Masjid Agung Jepara. Ada kegiatan kajian hingga pengajian umum dengan mendatangkan pemuka agama ternama. Sembari menikmati pengajian, Anda akan takjub dengan arsitektur klasik yang berestetika tinggi.

  • Alamat: Jl. Kartini No.1, Kauman, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59417
  • Telepon: (0291)594675
  • Tiket masuk: Gratis

2. Makam Wali di Pulau Panjang Jepara 

Setiap menjelang perayaan Islam, pulau ini selalu ramai dikunjungi peziarah. Tak lain untuk mengenang jasa guru besar sekaligus penyebar Agama Islam di pesisir pantai utara Jawa Tengah, bernama Syekh Abu Bakar bin Ba’alawy. Beliau adalah keturunan ke-29 dari Sayyidil Mursalin, hampir setara dengan Walisongo yang berada di tingkat ke-22.

Selain berziarah, pengunjung dapat menikmati keindahan pulau dekat makam tengah laut Jepara tersebut. Anda bisa menjejaki pasir putih yang cantik, snorkeling atau diving, menyewa sepeda, menginap dan camping di dekat pantai, hingga menikmati aneka makanan yang dijual penduduk sekitar.

  • Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Jepara, Jepara Regency, Central Java
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Rp 3.000

3. Komplek Makam Sunan Mantingan

Makam Sunan Mantingan di Jepara, Sumber: mustafit.blogspot.com
Makam Sunan Mantingan di Jepara, Sumber: mustafit.blogspot.com

Makam yang cantik, begitulah kesan para wisatawan yang datang berziarah ke sini. Komplek Makam Mantingan merupakan tempat peristirahatan seorang tokoh penguasa pertama Kota Jepara, yakni Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat yang juga sepasang suami istri. Serta Wali Sunan Jepara yang menjadi panutan masyarakat saat itu bernama Syekh Abdul Djalil. 

Makam sunan di Jepara ini menjadi salah satu tempat ziarah yang diutamakan para wisatawan. Selain bisa berkunjung ke makam, wisatawan bisa sekaligus mengunjungi Masjid Mantingan (1559) yang tak jauh dari lokasi makam. Itu adalah salah satu masjid tertua setelah Masjid Agung Demak (1481).

  • Alamat: Mantingan, Tahunan, Jepara Regency, Central Java 59421
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Gratis

4. Desa Kriyan

Desa Kriyan termasuk peninggalan Islam yang memiliki nilai sejarah. Dulunya, merupakan wilayah pusat Kerajaan Kalinyamat yang begitu kesohor pada zaman penyebaran Islam oleh Wali Songo. Masjid Al Makmur yang ada di desa ini merupakan saksi sejarah yang masih ada dan bisa dikunjungi.

Tidak hanya masjid tersebut, Anda bisa sekaligus menikmati wisata sejarah lainnya seperti Watu Ngendog (patung simbolis), Watu Topo Ratu Kalinyamat (dokumen berupa hikayat), Museum Aprika (museum biota laut), Siti Inggil Kriyan (tempat bekas keraton Kerajaan Kalinyamat), serta Makam Habib Kyai Jafar Sidiq (Yek Nde).

  • Alamat: Kriyan, Kalinyamatan, Kota Jepara, Jawa Tengah 
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Gratis

Dengan mengunjungi beberapa wisata religi Jepara tadi sebelum memasuki puasa Ramadhan, para wisatawan tidak hanya memperoleh pengalaman wisata yang berkesan atau menikmati keindahan fisik sejarah, tetapi memperkaya dimensi spiritual dalam menyambut bulan suci dengan hati yang tulus dan penuh makna.

Berwisata Religi ke Jepara bersama Almoreno

Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Rasakan pengalaman religi ke tempat-tempat wisata populer tadi dengan sewa hiace di Almoreno Transport. Kapasitas mobil Hiace yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan wisata rombongan.

Selain lebih cocok untuk wisata rombongan, perjalanan pun menjadi semakin praktis dan murah. Anda dapat menyambangi banyak tempat sekaligus, termasuk masjid bersejarah hingga ke makam para ulama.

Jadikan setiap momen perjalanan menuju destinasi religi sebagai pengalaman yang berharga dengan sewa Hiace Jogja dari Almoreno Transport, di mana kenyamanan, keamanan, dan kehangatan perjalanan keluarga menjadi prioritas utama kami.

Dikelilingi pepohonan hijau dan pegunungan yang memagari danau, Telaga Pengilon menjadi tempat yang ideal bagi Anda yang ingin “melarikan diri” sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda bisa sekaligus melakukan berbagai kegiatan rekreasi dan outdoor yang menyehatkan raga.

Ditambah kepercayaan masyarakat setempat akan cerita legendanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Serta memberikan pesan moral yang bisa dijadikan pelajaran. Hal inilah yang membuat perjalanan wisata ke Telaga Pengilon bukan sekadar untuk melepas penat saja, tetapi sekaligus refleksi diri di kehidupan.

Penasaran bagaimana cerita legenda dari tempat ini dan apa saja daya tarik lain yang dimiliki? Simak di sini lengkap dengan informasi lainnya terkait lokasi spot wisata, harga tiket hingga rute perjalanan!

Legenda Telaga Pengilon Dieng Wonosobo

Telaga Pengilon, Sumber: atourin.com
Telaga Pengilon, Sumber: atourin.com

Dikisahkan pada zaman dahulu, hidup seorang Ratu yang terkenal menguasai Pantai Selatan dan memiliki seorang putri yang amat cantik. Pesona putrinya terdengar ke berbagai penjuru hingga mendatangkan dua kesatria muda berparas tampan ingin meminang putri tersebut untuk dijadikan istri.

Kemudian ratu mengadakan sayembara membuat telaga. Yang tercepat berhak mempersunting putrinya, yakni kesatria satu dengan Telaga Menjer-nya yang kasar dan bergelombang. Sedangkan Telaga Pengilon yang dibuat ksatria dua indah dan menenangkan jiwa. Hal tersebut dinilai ratu mencerminkan sifat dan kebaikan kedua ksatria tersebut, dan ia memilih ksatria dua.

Ksatria satu tidak terima dengan menculik putri dan mengusik rakyat ratu dengan kesaktiannya. Kecurangan tersebut diadukan ratu ke dewa yang membuat kesatria satu menjadi ular terbang. Sementara ksatria dua menikahi putri.

Pengilon Mengandung Makna sebagai Cerminan Diri

Asal usul nama Pengilon, Sumber: indonesiakaya.com
Asal usul nama Pengilon, Sumber: indonesiakaya.com

Diketahui, asal usul Telaga Pengilon dari bahasa Jawa “ngilon” yang artinya cermin. Menggambarkan keindahan telaga yang airnya jernih, berkilau dan tenang. Bersamaan dengan makna tersebut, masyarakat lokal percaya bahwa telaga ini dapat mencerminkan isi hati serta sisi buruk seseorang layaknya pengilon. 

Jika seseorang yang baik hatinya bercermin ke telaga tersebut akan mendapati wajahnya berparas elok, sementara yang bertabiat buruk sebaliknya. Di balik perumpamaan tersebut, tersampaikan pesan moral agar wisatawan berintrospeksi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Sangat tepat menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata yang menenangkan sekaligus refleksi kehidupan.

Informasi Wisata ke Telaga Pengilon

Wisata ke Telaga Pengilon Wonosobo, Sumber: idntimes.com
Wisata ke Telaga Pengilon Wonosobo, Sumber: idntimes.com

Keindahan dan keunikan legenda yang menyertainya membuat wisatawan hingga dari luar daerah berbondong-bondong mendatangi Pengilon. Meski telah banyak objek wisata baru bermunculan, telaga ini masih menjadi wisata andalan untuk keluarga, pasangan hingga rombongan.

Berikut kami jabarkan informasi wisata yang penting untuk diketahui sebelum berkunjung ke Telaga Pengilon. 

1. Berada di Antara Kawasan Hijau

Telaga Dieng Pengilon dikelilingi bukit yang ditumbuhi pepohonan endemik. Lahan-lahan subur milik petani yang mengelilingi area tersebut semakin melengkapi kesempurnaan keindahan telaga.

Pemandangan telaga begitu asri dengan suasana nyaman dan sejuk, cocok dijadikan sebagai tempat piknik. Anda juga dapat mendirikan tenda untuk camping, karena area tepi telaga terbilang landai.

2. Spot Menarik

Terdapat banyak spot menarik dan tempat duduk untuk berfoto atau sekadar menikmati suasana. Untuk melihat pemandangan indah telaga serta area hijau sekelilingnya, Anda bisa pergi ke Bukit Ratapan Angin dengan trekking.

Tak jauh dari sana, terdapat wahana flying fox yang bisa Anda coba untuk menguji keberanian meluncur dari ketinggian. Serta jangan lewatkan untuk berkunjung ke Dieng Plateau Theater untuk menyaksikan berbagai film dokumenter tentang Dieng.

3. Jam Operasional, Harga Tiket dan Fasilitas

Wisatawan dipersilakan berkunjung antara jam 8.00-16.00 dengan membayar tiket masuk ke Telaga Pengilon per orang sekitar Rp 13.000 untuk hari biasa atau Rp 17.000 di akhir pekan. Sementara untuk wisatawan mancanegara antara Rp 100.000-150.000.

Ditambah parkir Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil roda empat, Rp 10.000 untuk mobil roda enam, Rp 20.000 untuk bus wisata. Di sekitar telaga juga tersedia berbagai fasilitas yang membuat perjalanan wisata Anda tetap nyaman, mulai dari toilet, mushola, dan rumah makan.

4. Lokasi dan Rute Perjalanan

Telaga Pengilon berada satu kawasan dengan Telaga Warna, yakni di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Meski terletak berdekatan, zat kimia belerang di Pengilon tidak sebanyak di telaga Warna. Begitupun dengan warna yang ditampakkan dari telaga ini.

Untuk menuju telaga ini, Anda bisa menggunakan microbus ataupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, pilih bus jurusan Wonosobo-Dieng. Turun di pertigaan Dieng menuju Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Dieng lalu jalan kaki 500 m atau naik ojek di sekitar pertigaan untuk sampai ke lokasi telaga.

Itulah tadi informasi terkait objek wisata dan lainnya yang penting untuk diketahui sebelum berkunjung ke destinasi wisata di Dieng ini. 

Pergi Wisata Ke Telaga Pengilon bersama Almoreno Transport!

Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Perlu Anda ketahui, Jalan ke Dieng menggunakan transportasi umum atau online seringkali tidak bisa diandalkan untuk liburan, baik dalam hal efisiensi waktu, fleksibilitas, maupun biayanya. 

Solusinya, Anda bisa sewa Elf Jogja dari Almoreno Transport untuk menikmati perjalanan yang lebih menyenangkan dan berkesan. Dengan menyewa mobil, Anda bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Kebun Teh Sikatok dan tempat hits lainnya di Wonosobo hanya dengan sekali pembayaran saja. 

Selain berwisata, Almoreno melayani sewa mobil di Jogja untuk antar-jemput bandara, perjalanan instansi/dinas, acara keluarga, dan drop luar kota. Diskon khusus bagi Anda dengan memesan rental mobil Jogja di Almonero sekarang juga!

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga bisa dinikmati dengan bermain ke play ground di Jogja. Seperti yang diketahui, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kota yang tidak hanya menawarkan keindahan kota dan kekayaan budaya saja, namun ada berbagai tempat rekreasi yang seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Selain menghabiskan waktu untuk bermain, ternyata bermain di playground dapat menjadi salah satu cara kreatif mendorong tumbuh kembang dan motorik anak. Bahkan Anda juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi sang buah hati karena dapat bersosialisasi dengan anak seusianya.

Nah, jika Anda sedang berlibur di Kota Pendidikan ini dan bingung mencari playground yang menarik serta asyik untuk dikunjungi, di bawah ini ada sejumlah rekomendasi playground di Jogja yang sangat sayang jika dilewatkan. Mana saja?

Rekomendasi Playground di Jogja dengan Fasilitas Terlengkap

Playground di Jogja, Sumber: soco.id
Playground di Jogja, Sumber: soco.id

Playground masih menjadi destinasi favorit orang tua untuk mengajak putra-putrinya bermain di luar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, area bermain anak ini bukan hanya sebagai tempat hiburan namun juga sarana belajar mereka. Pasalnya, di playground biasanya tersedia berbagai macam fasilitas permainan.

Lantas, mana saja playground yang memiliki fasilitas terlengkap dan terbesar di Jogja? Berikut daftarnya untuk Anda.

1. Fun and Play

Rekomendasi playground terbesar di jogja  yang pertama yakni Fun and Play yang ada di Plaza Ambarrukmo. Tempat ini terbilang sebagai pusat hiburan anak yang masih baru karena baru dibuka di akhir 2022 lalu.

Lokasinya yang berada di Plaza Ambarrukmo menjadikan Fun and Play sangat cocok menjadi destinasi rekreasi keluarga.  Pasalnya, di sini Anda para orang tua bisa sekaligus berbelanja membeli berbagai kebutuhan. Dengan begitu,  Anda bisa melakukan dua hal sekaligus di lokasi yang sama.

Mengusung tema One Stop Playing, playground ini memungkinkan anak-anak untuk menikmati berbagai wahana yang tersedia sepuasnya tanpa ada batasan waktu. Wahana yang tersedia cukup lengkap, mulai dari komedi putar, role play house dengan berbagai macam pilihan profesi, ball pit, inflatable park, labirin, Go Kart World dan masih banyak lagi lainnya.

  • Alamat : LG Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, Jl. Laksda Adisucipto Nomor 80 Caturtunggal Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • HTM : Rp 80.000 / Rp 110.000 + Go Kart (Weekday); Rp 100.000 / Rp 140.000 + Go Kart (Weekend)
  • Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB
  • Instagram : Fun and Play Plaza Ambarrukmo 

2. Happy Land

Happy Land Jogja. Sumber: traveloka.com
Happy Land Jogja. Sumber: traveloka.com

Rekomendasi destinasi liburan keluarga yang seru d lainnya adalah Happy Land yang berlokasi di kota Sleman. Playground indoor ini menawarkan berbagai wahana permainan yang seru-seru dan akan membuat si kecil betah bermain.

Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti kolam mandi bola, miniature kota, perosotan dan tentu saja area bermain yang luas. Jadi meskipun Anda berkunjung di hari libur nasional, tidak perlu khawatir area akan sesak, karena playground ini memiliki tempat yang cukup luas sehingga membuat pengunjung tetap nyaman.

Selain playground, Happy Land Sleman bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati sensasi dingin seperti di kutub utara yang lengkap dengan boneka salju, bola-bola salju hingga dekorasi layaknya di istana es. Anda juga bebas bermain salju sesuka hati, bersua foto hingga menikmati berbagai wahana yang tersedia.

  • Alamat : Lantai 2 Sleman City Hall, Jalan Magelang KM 9 Denggung, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
  • HTM : Mulai dari Rp 50.000
  • Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB
  • Instagram : Happy Land.id 

3. Dreamland

Jika sebelumnya playground di Jogja berkonsep indoor, Dreamland memiliki tema outdoor yang mengasyikkan. Selain tempatnya yang bersih dan terjaga, wisata ini juga menawarkan banyak fasilitas menarik dan membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama.

Dengan area bermain yang luas, playground Jogja murah ini memiliki setidaknya 20 lebih jenis permainan yang bebas Anda coba, mulai dari perosotan, ayunan, sand pit hingga wall climb yang akan memberikan kesan liburan yang berbeda untuk si kecil. Setelah capek bermain, Anda juga bisa mandi di tempat pemandian air hangat lho!

Jangan lewatkan juga berfoto di Menara Giant Knight and Dreamland Castle untuk mengabadikan momen kebersamaan keluarga di Dreamland. 

  • Alamat : Jalan Seturan Raya No 15, Yogyakarta
  • HTM : Rp 50.000 per anak dan Rp 15.000 per pendamping.
  • Jam Buka : 16.00 – 18.00 (Weekday); 08.00 – 17.00 Weekend
  • Instagram : dreamlandjogja.com

4. Cocoland

Playground Cocoland, Sumber: cocoland.co.id
Playground Cocoland, Sumber: cocoland.co.id

Rekomendasi taman bermain anak di Jogja yang terakhir adalah Cocoland Lippo Plaza. Yang mana playground ini mempunyai aktivitas yang unik, karena di kecil bisa naik perahu kecil yang lucu melalui wahana Paddle Boat. Dapat berjalan secara otomatis dan kedalam air yang aman membuat orang tua tetap tenang dan membiarkan si kecil bereksplorasi.

Tidak hanya itu saja, jika Anda membawa baby, Cocoland juga memiliki wahana Baby Area yang dilengkapi dengan berbagai permainan edukasi bayi. Bahkan untuk anak laki-laki yang hobi otomotif, tersedia wahana Car & Motor Showroom yang lengkap dengan replika mobil serta motor dan pom bensin yang super keren.

Wahana lain seperti seluncuran, kolam bola, jungkat – jungkit, ayunan dan trampoline juga tidak ketinggalan.  Jadi jangan lupa bawa baju ganti untuk si kecil ya mom, untuk berjaga-jaga anak berkeringat karena aktivitas yang sangat menyenangkan ataupun basah bermain air.

  • Alamat : Cocoland Lippo Plaza Jogja Lantai 1, Jl. Laksda Adisucipto No.32-34, Demangan, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta
  • HTM : Mulai dari Rp 90.000
  • Jam Buka : 10.00 – 22.00
  • Instagram : Cocoland.co.id

Nah jadi itulah beberapa rekomendasi playground di Jogja yang menawarkan berbagai wahana menarik dan tentu saja mengedukasi sang buah hati. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tips liburan bersama keluarga supaya perjalanan selalu menyenangkan ya.

Agar pengalaman liburan bersama keluarga semakin berkesan, Anda juga sewa Elf Jogja dari Almoreno. Selain mobilitas yang lebih mudah, biaya untuk wisata rombongan pun menjadi semakin murah.

Destinasi wisata Jogja semakin bervariasi guna memenuhi berbagai preferensi hiburan masyarakat. Salah satu yang banyak diminati yaitu agrowisata di Jogja yang keberadaannya mulai menjamur di seluruh penjuru kota. Kelebihan yang ditawarkan masing-masing destinasi pun mampu memberikan pengalaman yang berkesan.

Ya, cukup banyak agrowisata yang menarik di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Masing-masing menawarkan pengalaman unik untuk mengeksplorasi sisi agrikultural kota ini. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan, bisa Anda lihat secara langsung. Selain itu, hasil produksi perkebunan atau pertanian dari agrowisata bisa dipetik dan dibawa pulang ke rumah.

Berikut kami berikan rekomendasi agrowisata di Jogja yang terbaik untuk keluarga yang bisa dijadikan tempat berlibur sambil ngadem. Selamat membaca!

Piknik ke Agrowisata, Kenapa Menarik?

Piknik argowisata, Sumber: detik.com
Piknik agrowisata, Sumber: detik.com

Piknik merupakan cara menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Biasanya, kegiatan ini meliputi makan bersama, bermain di alam yang menambah wawasan, hingga bersantai menikmati keindahan pemandangan sekitar. Nah, agrowisata adalah wisata edukasi Jogja yang banyak dipilih keluarga karena menawarkan semua keseruan tersebut.

Mari kite jelajah lebih lanjut mengapa agrowisata menjadi destinasi piknik yang banyak diminati pengunjung saat berlibur ke Jogja.

  • Belajar langsung tentang proses pertanian
  • Mengenal berbagai jenis tanaman dan cara budidaya yang berkelanjutan
  • Bisa petik buah langsung dari tanamannya
  • Lingkungan hijau yang menenangkan jiwa dan pikiran
  • Fasilitas modern seperti restoran, area bermain dan toilet menjadikan kegiatan piknik lebih nyaman
  • Menikmati beragam kuliner lokal dari produk pertanian di agrowisata
  • Keindahan alam dan kebun di agrowisata menghasilkan latar belakang foto yang bagus untuk foto

Dengan segala keunikan tersebut, tidak heran peminat agrowisata semakin meningkat, baik saat akhir pekan maupun libur panjang. 

Rekomendasi Agrowisata di Jogja, Cocok untuk Liburan Keluarga

Jogja memiliki sejumlah agrowisata yang menarik. Masing-masing memberikan keindahan alam yang beragam, serta pengalaman seru yang dapat dinikmati bersama dengan keluarga. Manfaatkan destinasi wisata ini saat nanti berlibur ke Jogja bersama keluarga untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Pilih yang paling sesuai dengan preferensi keluarga, lalu segera masukkan ke dalam daftar rencana jalan-jalan Anda.

1. Bhumi Merapi

Bhumi Merapi, Sumber: nagantour.com
Bhumi Merapi, Sumber: nagantour.com

Bhumi Merapi bisa menjadi destinasi yang cukup memuaskan untuk menghabiskan waktu liburan ke Jogja. Di dalamnya, terdapat sejumlah objek wisata menarik. Salah satunya wisata petik strawberry Jogja. Selain kebun strawberry, tempat ini menyediakan spot-spot foto keren untuk berburu fotogenic.

Perpaduan wisata edukasi dengan spot-spot foto cantik tersebut menjadikan Bhumi Merapi sebagai salah satu agrowisata Jogja yang paling banyak diminati, baik oleh masyarakat Jogja maupun dari luar daerah. Beberapa hiburan lainnya yang jarang ditemukan di agrowisata biasa yaitu fasilitas berkuda, camping, dan Gua Braholo.

  • Alamat: Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman
  • Telepon: 0816680515
  • Tiket masuk: Rp 35.000/orang

2. Nara Kupu Jogja

Nara Kupu merupakan wisata kebun sayur di Jogja yang banyak diminati keluarga dengan menyediakan sejumlah fasilitas agrowisata yang menarik. Salah satunya memetik sayur organik dari perkebunan langsung yang bisa dibawa pulang. Selagi asyik memetik, anak-anak bisa menghabiskan waktu dengan memberi makan rusa, ikan, dan kelinci.

Jika bosan, Anda bisa menikmati hiburan lainnya, seperti naik skuter listrik, ATV, dan balancing bike. Juga terdapat pemancingan lengkap dengan alat-alatnya, sehingga tidak perlu repot membawanya dari rumah. Begitupun dengan makanan, tersedia berbagai menu makanan dengan harga terjangkau dan mengenyangkan. 

  • Alamat: Pandanpuro, Hargobinangun, Kabupaten Sleman
  • Telepon: 081234566272
  • Tiket masuk: Gratis

3. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah mangunan, Sumber: idntimes.com
Kebun buah mangunan, Sumber: idntimes.com

Destinasi yang satu ini berspesialisasi sebagai agrowisata buah di Jogja. Oleh karenanya, ada banyak koleksi tanaman buah yang bisa ditemui, di antaranya yaitu durian, mangga, jeruk, jambu, salak, rambutan, sawo, kelengkeng, dan matoa. Aneka buah-buahan tadi bisa dinikmati secara langsung dari pohonnya, dengan membayar sejumlah harga yang ditentukan. 

Keunikan yang ditawarkan agrowisata ini terletak pada fasilitas Gardu Pandang dengan pemandangan yang menakjubkan dari kontur pegunungan dan pemukiman warga di wilayah Bantul di atas ketinggian 150-200 meter. Itulah mengapa Kebun Buah Mangunan tidak pernah sepi pengunjung.

  • Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul
  • Telepon: 081904115762
  • Tiket masuk: Rp 7.000-8.000/orang

4. Agrowisata Bunga Krisan 

Destinasi berikut memadukan kebun bunga krisan dengan rumah makan yang terletak di Bukit Menoreh. Dari sana, Anda dapat menikmati pemandangan warna-warni bunga krisan yang terhampar di lahan seluas lebih dari satu hektar. Bahkan, Anda diperbolehkan membawa pulang bunga yang sedang mekar dengan membayar Rp 5.000-10.000 per tangkainya.

Selain itu, Anda bisa belajar langsung mengenai budidaya tanaman tersebut langsung dari petaninya. Dari segi lokasi, memang cukup jauh ditempuh dari tengah kota. Akan tetapi, semua pengorbanan akan terbayar setelah bertemu dengan hamparan bunga krisan yang luar biasa indah dan menawan.

  • Alamat: Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Rp 15.000/orang

Kunjungi agrowisata di Jogja tadi untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang berkesan bersama keluarga. Berkunjung ke Bhumi Merapi untuk memetik strawberry manis dan berfoto di spot-spot instagramable, memetik sayur dan memberi makan rusa di Nara Kupi, memetik buah-buahan di Kebun Buah Mangunan, hingga menikmati kecantikan bunga krisan.

Terapkan tips liburan hemat agar bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan budget terlalu besar Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah sewa Elf Jogja

Selain lebih terjangkau, perjalanan Anda senantiasa nyaman dan efisien. Solusi tepat untuk menjawab kebutuhan keluarga yang ingin berlibur ke Jogja dengan praktis dan budget yang terjangkau!

Menginap di hotel unik di Jogja menjadi salah satu opsi liburan yang banyak dipilih generasi muda. Tak hanya mendapat pengalaman mengesankan, menginap di tempat menyenangkan membuat suasana pikiran lebih fresh dan rileks. Hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Terlebih, biaya menginap di hotel-hotel unik kini cukup bersahabat.

Jogja merupakan kota wisata yang menawarkan banyak pilihan hotel terjangkau dengan desain yang instagramable, membuat tiap sudut kamar dan fasilitas menjadi karya seni yang hidup. Ada yang bernuansa tradisional hingga konsep modern yang kreatif. Masing-masing memberikan sentuhan eksklusif yang sulit dilupakan.

Namun jika Anda baru pertama kali datang ke Kota Pelajar ini dan ingin mengeksplor keunikan Jogja, sejumlah hotel berkonsep unik berikut bisa jadi pilihan yang menarik!

Memilih Hotel yang Tepat, Apa Pertimbangannya?

Hotel untuk staycation, Sumber: traveloka.com
Hotel untuk staycation, Sumber: traveloka.com

Guna memastikan staycation Anda tidak mengecewakan, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah hal penting. Selain untuk memastikan pengalaman staycation Anda terasa spesial dan maksimal, beberapa hal berikut juga akan mengurangi risiko kekecewaan karena salah memilih hotel dengan fasilitas minim. Tentunya, Anda tidak mau bukan mengalami hal tersebut?

Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan tips memilih hotel berikut agar tidak kecewa dengan hotel yang Anda pilih.

  • Lokasinya strategis, aman dan ramah wisatawan
  • Memberikan fasilitas hotel gratis, salah satu yang tidak boleh terlewat yaitu sarapan
  • Memiliki banyak review positif di halaman Google Maps dengan rating tinggi
  • Kebersihannya selalu terjaga
  • Biaya menginap kamar hotel sesuai dengan budget yang Anda punya
  • Pilih hotel yang bekerja sama dengan sejumlah website atau aplikasi booking hotel terpercaya agar bisa mendapatkan promonya yang menghemat budget

Memiliki suasana yang estetik merupakan pertimbangan terakhir ketika memilih hotel instagramable di Jogja murah. Dengan begitu, pengalaman liburan Anda bisa diabadikan di media sosial dengan angel yang estetik.

Rekomendasi Hotel Unik di Jogja, Nyaman dan Berkesan

Jika Anda dalam waktu dekat akan merencanakan perjalanan ke Jogja, tidak lengkap rasanya tanpa menginap di hotel-hotel unik yang menyuguhkan pengalaman staycation tak terlupakan. Di bawah ini telah kami jabarkan beberapa rekomendasi terbaik hotel unik di Jogja yang nyaman dan berkesan untuk Anda.

Cocok untuk rencana liburan bersama keluarga, pasangan ataupun ramai-ramai bersama rekan kerja dan para sahabat.

1. Tab Hotel Malioboro Jogja

Tab Hotel Malioboro Jogja, Sumber: harianjogja.com
Tab Hotel Malioboro Jogja, Sumber: harianjogja.com

Tab Hotel Malioboro adalah hotel baru dan merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang mencari hotel instagramable di Jogja dekat Malioboro. Satu kamar terdiri dari dua kasur berukuran besar yang muat 4 orang dewasa. Ukuran yang pas untuk keluarga maupun berlibur bersama teman-teman.

Kasurnya berukuran besar dan nyaman. Juga tersedia AC, TV untuk streaming film, tempat duduk santai dengan pemandangan luar, kamar mandi dan WC terpisah. Uniknya lagi, tiap kamar memiliki tangga yang membuat ruang privat rombongan Anda lebih menyenangkan. Namun jika Anda membawa balita, pastikan untuk berhati-hati di area tangga ini. 

  • Alamat: Jl. Kemetiran No.21, Pringgokusuman, Gedong Tengen
  • Telepon: (0274)5016060
  • Kisaran Harga: Rp 395.000 – Rp 500.000

2. Yats Colony

Yats Colony di Jogja, Sumber: booking.com
Yats Colony di Jogja, Sumber: booking.com

Yang satu ini merupakan hotel unik di Jogja untuk honeymoon. Tiap sudut hotelnya estetik, membuat pengunjung tak berhenti terkesima. Bangunan hotel tampak indah dipenuhi banyak tanaman hijau. Saat masuk ke dalam, Anda pun langsung disambut dengan ruang tunggu yang indah dan juga nyaman. Lengkap dengan dispenser dan kopi yang bisa Anda nikmati sepuasnya.

Sementara untuk kamar memang tidak terlalu luas, namun berfasilitas cukup lengkap. Ada teras samping kamar yang tersambung langsung ke area kolam renang. Satu hal lagi yang banyak disukai pengunjung yaitu menu makanannya yang beragam dan lezat. Menu makanan ini bisa Anda nikmati sepuasnya saat jam sarapan.

  • Alamat: Jl. Patangpuluhan No.23, Patangpuluhan, Wirobrajan
  • Telepon: 0817150811
  • Kisaran Harga: Rp391.000 – Rp  660.000

3. Omah Lumbung Jogja

Staycation di Omah Lumbung Jogja, Sumber: booking.com
Staycation di Omah Lumbung Jogja, Sumber: booking.com

Hotel estetik di Jogja ini memiliki konsep pondok-pondok kayu berbentuk bangunan unik menyerupai lumbung padi. Namun di dalamnya, seperti kamar hotel berbintang dengan fasilitas cukup lengkap. Tak jauh dari kamar, ada kolam renang untuk anak dan dewasa dengan kedalaman 1-1,5 meter yang didesain estetik.

Serta terdapat resto yang cukup luas berada di bagian depan hotel. Tersedia berbagai macam santapan lezat dan board game untuk menemani Anda saat menunggu check in, sarapan pagi maupun bersantai di waktu senggang ketika menginap di hotel. Pemandangan akan semakin menakjubkan saat Anda pergi ke rooftop dengan view panorama gunung dan sawah. 

  • Alamat: Jl. Onggomertan, Muron, Nayan, RT 05, RT.05/RW.26, Maguwoharjo
  • Telepon: 08112630208
  • Kisaran Harga: Rp 500.000 – Rp663.000

4. D’Kaliurang Resort & Convention

D’Kaliurang Resort & Convention, Sumber: tiket.com
D’Kaliurang Resort & Convention, Sumber: tiket.com

Hotel unik di Jogja ini berada dekat kawasan wisata merapi dengan suasana yang sejuk dan asri. Tipe kamar glamping merupakan pilihan favorit banyak pengunjung. Dalam kamar ini dapat menampung 4 orang, berfasilitas lengkap, kamar mandinya luas, serta tersedia minuman kopi gratis.

Tak hanya itu, ada beberapa tipe kamar untuk liburan membawa keluarga besar, untuk honeymoon, dan untuk kumpul dengan teman-teman. Sementara fasilitas umum lainnya, terdapat swimming pool, gazebo, area hijau, taman bermain, mushola, toilet, restoran, hingga tempat sewa untuk acara.

  • Alamat: Jl. Boyong Kaliurang Barat, Bojong, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman
  • Telepon: (0274) 2875540
  • Kisaran Harga: Rp 539.000 – Rp 610.000

Beberapa hotel unik di Jogja tersebut bukan sekadar tempat bermalam, melainkan destinasi menarik untuk menambah pengalaman menyenangkan. Rekomendasi tadi menawarkan estetika dan kenyamanan yang tak terlupakan. 

Nah, agar rencana liburan Anda semakin sempurna, Anda bisa sewa Hiace untuk mendapatkan perjalanan yang lebih nyaman. Selain lebih nyaman dan aman, budget liburan ke Jogja pun bisa lebih terencana, karena Anda tidak perlu lagi repot mencari transportasi umum untuk mengunjungi setiap destinasi yang ingin dituju.

Opsi untuk Sewa Hiace Jogja juga sangat direkomendasikan jika Anda pergi bersama rombongan dengan destinasi lebih dari satu tempat.

Yuk konsultasikan kebutuhan Anda dan rombongan bersama Almoreno Transport dan rasakan pengalaman liburan yang lebih nyaman, aman dan hemat!

Indahnya Pantai Krakal Wonosari memang tiada duanya. Artis sekelas Raffi Ahmad pun terpikat keindahan pantai di Gunungkidul ini dan berencana membangun resort di kawasan tersebut. Penasaran sebagus apa sih pantai-pantai yang ada di selatan Yogyakarta ini?

Pantai ini sendiri tidak hanya menyajikan pemandangan hamparan pasir putih saja. Melainkan juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba. 

Nah, sebelum berkunjung ke pantai dengan lanskap landai ini, Anda bisa simak ulasan berikut sebagai gambaran bagaimana serunya liburan ke Pantai Krakal.

Asal Mula Pantai Krakal Wonosari

Asal muasal Pantai Krakal, Sumber: wisata-id.com
Asal muasal Pantai Krakal, Sumber: wisata-id.com

Lanskap Pantai Krakal merupakan hasil dari proses pembentukannya yang alami dan unik. Dipercaya, pantai ini dulunya merupakan kawasan di dasar laut. Kemunculan pantai ini di permukaan disebabkan oleh peristiwa epirogenesa negatif atau pergerakan kerak bumi yang menyebabkan kenaikan lapisan bumi.

Proses kenaikan lapisan bumi tersebut menghasilkan garis pantai ini begitu indah dan menawan diapit oleh dua batuan karang berukuran besar. Kondisi batuan karang yang cukup tinggi dan berbahaya, tak lantas mengurungkan niat wisatawan untuk berfoto di atasnya. 

Ditambah lagi permukaannya tidak tandus, melainkan dipenuhi tumbuhan hijau sehingga menambah keasrian puncak batu karang tersebut. Jika Anda mencari spot foto yang unik, naik ke puncak batu karang Pantai Krakal Wonosari bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Keindahan Pantai Krakal Wonosari yang Istimewa

Keindahan dari Pantai Krakal Wonosari, Sumber: wisatakeyogyakarta.com
Keindahan dari Pantai Krakal Wonosari, Sumber: wisatakeyogyakarta.com

Pantai Krakal berlokasi di Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul dan menjadi salah satu destinasi paling populer di kawasan ini. Nama pantai ini diambil dari bahasa Jawa “kerakal” yang artinya sebaran batuan kecil atau kerikil. Untuk memudahkan dalam pengucapannnya, maka pantai ini disebut dengan “Krakal”. 

Julukan “kerakal” diberikan ke pantai ini karena memang lanskapnya berupa hamparan pasir putih berhiaskan batuan halus memanjang. Kerakal-kerakal berwarna putih tersebut memiliki tampilan yang indah menghiasi sepanjang bibir pantai dan menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai ini.

Selain pasirnya yang putih bersih, air lautnya juga jernih, di mana para pengunjung bisa menyaksikan berbagai biota laut ketika pasang surut. Jika beruntung, Anda bisa melihat ikan damselfish, ikan berwarna kuning dengan aksen biru yang menjadi ikon Pantai Krakal. 

Tak cukup sampai di situ saja, keindahan Pantai Krakal Wonosari juga dihiasi oleh sebuah batu karang besar berwarna hitam di tepi pantai. Selain menambah keunikan pantai, batu karang besar tersebut juga berfungsi sebagai pemecah ombak, sekaligus pembatas pantai.

Seperti yang diketahui, pantai-pantai di kawasan selatan Gunungkidul biasanya terhubung satu dengan lainnya, termasuk Pantai Krakal.  Nah, batu karang besar di Pantai Krakal ini menjadi pembatas alami dengan pantai lain di sekitarnya. Uniknya, Anda bisa menaiki batu karang hingga ke puncaknya menggunakan akses jalan yang sudah disediakan. 

Selain menaiki batu karang, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di Pantai Krakal. Contohnya seperti bermain sepak bola, berenang, bermain layang-layang, mencari ikan di tepi pantai, bersantai di gazebo maupun berselancar. 

Ingin menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset yang memukau? Pantai Krakal Wonosari menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam. 

Berbagai Akomodasi Wisata Pantai Krakal

Akomodasi pantai, Sumber: krakalgunungkidul.wordpress.com
Akomodasi pantai, Sumber: krakalgunungkidul.wordpress.com

Sebagai ikon wisata Gunungkidul yang cukup populer, Pantai Krakal sudah menyediakan akomodasi terbaik bagi para pengunjung. Termasuk di antaranya fasilitas tempat parkir, toilet, tempat makan, hingga tempat istirahat bagi pengunjung sudah disiapkan.

Bila Anda ingin menikmati keindahan matahari terbenam jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas penginapan di sekitar kawasan pantai. Sejumlah penginapan Pantai Krakal yang bersih dan terawat sudah tersedia bagi pengunjung dengan harga terjangkau.

Dengan begitu Anda tak akan khawatir bakal ketinggalan momen sunrise maupun sunset di Pantai Krakal. Anda pun bisa menikmati berbagai olahan seafood bersama keluarga sambil menyaksikan pemandangan laut di tempat makan yang sudah disediakan.

Akses Menuju Pantai Krakal Wonosari

Wisata Pantai Krakal berlokasi sejauh 65 km dari pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa mengakses pantai yang terletak di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul ini melalui beberapa jalur. Pertama yakni melalui rute Wonosari yang berjarak 21 km, atau melalui rute Solo dan Sukoharjo.

Bila Anda ingin menuju ke Pantai Krakal dari Kota Yogyakarta, maka bisa melalui rute Piyungan. Kemudian pilih jalur menuju ke Bundaran Tugu BPD, lanjut ke Wonosari dan Tanjungsari. Dari situ Anda bisa langsung memilih jalur menuju Pantai Krakal yang dihiasi oleh pemandangan indah di sisi kanan dan kirinya.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Pantai Krakal Gunungkidul

Pemandangan menawan Pantai Krakal Wonosari bisa Anda nikmati tanpa menguras kantong. Para wisatawan hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 saja agar bisa memasuki kawasan pantai. 

Dengan tarif tiket tersebut Anda bisa memasuki kawasan Pantai Krakal sekaligus pantai sekitarnya seperti Pantai Baron dan Pantai Sundak. Objek wisata pantai di Gunungkidul biasanya bisa diakses mulai jam 08:00 pagi. Namun, Anda bisa bermalam di penginapan Pantai Krakal bila ingin menikmati sunrise

Tips Menikmati Keindahan Pantai Krakal Wonosari

Dokumentasi keindahan pantai, Sumber: sesitus.com
Dokumentasi keindahan pantai, Sumber: sesitus.com

Mengingat jarak Pantai Krakal yang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tak ada salahnya Anda mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum melakukan perjalanan. Dengan menerapkan tips-tips berikut ini, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Krakal Wonosari dengan sempurna. 

1. Persiapkan Kamera

Persiapkan kamera selama perjalanan karena jalur menuju Pantai Krakal dihiasi dengan pemandangan yang begitu indah dan sayang untuk dilewatkan. Pemandangan perbukitan batuan purba maupun hamparan pasir Pantai Krakal bisa menjadi background foto yang sempurna.

Tangkap semua momen indah di Pantai Krakal dalam jepretan kamera Anda.  Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengambil foto dengan latar langit orange Gunung Kidul saat sunrise dan sunset.

2. Waspada Terhadap Ubur-ubur

Sangat disarankan untuk berhati-hati saat bermain air di Pantai Krakal, terutama saat musim ubur-ubur. Biasanya di bulan Juni hingga September air laut mulai dingin dan menyebabkan banyak ubur-ubur muncul ke permukaan. 

Bila Anda ingin aman dari ubur-ubur, sebaiknya hindari mendekati area laut di waktu tersebut dan memperhatikan himbauan penjaga pantai. Pasalnya, sengatan ubur-ubur bisa menyebabkan masalah pada kulit. 

Mengingat jalur menuju Pantai Krakal cukup jauh dan berliku, Anda bisa sewa Elf Jogja di Almoreno Transport untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan. Anda akan dijemput dan diantar ke Pantai Krakal secara nyaman dan aman. Dengan harga yang relatif murah, Almoreno Transport siap menjadi partner liburan Anda!

Meningkatnya minat berwisata di kalangan masyarakat, menghadirkan sejumlah opsi liburan. Private tour merupakan salah satu yang sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang guna mendapatkan pengalaman liburan yang lebih berkesan.

Hal itulah yang membuat sejumlah masyarakat mempersiapkan dana lebih banyak demi mendapatkan keistimewaan yang tidak dirasakan pada open trip biasa atau bareng dengan turis lain dalam satu grup.

Mari menyelami alasan-alasan mengapa private tour layak dipertimbangkan untuk setiap perjalanan liburan Anda!

Keistimewaan Private Tour

Pemandu wisata untuk private tour, Sumber: expedia.com
Pemandu wisata untuk private tour, Sumber: expedia.com

Istimewanya private tour berdampak ke banyak hal, terkait fleksibilitas, fasilitas, kenyamanan, hingga alasan pribadi lainnya yang kami rangkum dalam lima poin berikut. 

1. Fleksibel dalam Menentukan Itinerary yang Sesuai Keinginan

Itinerary private tour disesuaikan dengan keinginan penyewanya yang tidak terikat dengan jadwal umum. Misalnya, memutuskan berkumpul di satu titik pertemuan untuk berangkat bersama.

Tak hanya bebas menyesuaikan jadwal, Anda juga bisa mengatur ke mana lokasi yang lebih dulu harus dikunjungi, kapan istirahat, penyesuaian unik lainnya yang membuat Anda senyaman mungkin di perjalanan. Inilah kenapa private tour memberikan kesan yang lebih personal. 

2. Pemandu Wisata Pribadi Hanya untuk Anda

Berbeda dengan open trip, di mana guide akan bekerja untuk seluruh anggota trip. Nah, pada layanan tour ini, Anda akan didampingi guide pribadi.

Private tour guide hanya berdedikasi pada perjalanan Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan komunikasi lebih intens untuk mendapatkan informasi lebih mendalam terkait hal-hal yang membuat Anda penasaran. Mulai dari budaya warga lokal, tempat wisata, hingga cerita unik.

3. Bebas Menyesuaikan Kecepatan Perjalanan

Tujuan berwisata adalah untuk menikmati perjalanan. Namun, kecepatan menikmati perjalanan tiap orang berbeda antara satu dengan yang lain. Anda mungkin butuh waktu lebih banyak saat berada di pantai, sementara yang lain lebih suka menikmati kuliner.

Private tour memungkinkan Anda menjelajah tempat wisata dengan ritme yang paling nyaman, menghargai setiap detik waktu Anda tanpa perlu lagi merasa terburu-buru.

4. Privasi Lebih Terjaga

Privasi yang kami maksud berkaitan dengan kenyamanan Anda. Semisal, tertawa dengan kencang, menyetel musik selama perjalanan, dan tidur kapan saja tanpa rasa khawatir.

Berwisata secara private juga membuat lebih nyaman dalam mengekspresikan segala hal. Termasuk ketika sedang mengabadikan momen dengan kamera.

5. Semakin Mempererat Hubungan Teman atau Keluarga

Inilah alasan paling penting mengapa private tour merupakan opsi terbaik dalam menikmati liburan. Terutama liburan keluarga, quality time dengan pasangan, hingga reuni dengan teman baik.

Kelompok yang lebih kecil memungkinkan interaksi Anda dengan orang terkasih lebih intens. Sehingga tercipta momen intim yang lebih berkesan selama perjalanan wisata tersebut.

Ide Private Tour yang Berkesan

Ide private tour terbaik, Sumber: iceguide.is
Ide private tour terbaik, Sumber: iceguide.is

Untuk menciptakan sebuah perjalanan private yang berkesan, maka harus didukung dengan ide private tour yang tidak biasa. Kami bagi menjadi beberapa kategori yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk rencana liburan nanti.

1. Eksplorasi Kebudayaan Lokal

Desa Sembungan Wonosobo adalah tempat yang sangat cocok untuk rencana private tour dengan keluarga. Anda bisa mendaki bukit Sikunir untuk menyaksikan golden sunrise, menjejaki tiap sudut wilayah, menyapa warga lokal dan tempat-tempat unik yang mengungkap kearifan dan budaya setempat.

Hawa dingin dataran tinggi Dieng dan panorama alam yang masih begitu asri pun akan memanjakan Anda selama liburan. Cocok untuk refreshing dari bisingnya kehidupan perkotaan.

2. Berkunjung ke Tempat Liburan Keluarga Murah Meriah 

Tidak perlu khawatir dengan budget saat berlibur bersama keluarga. Ada banyak sekali opsi liburan keluarga yang ramah anggaran tanpa mengurangi kegembiraan. 

Dengan private tour, Anda dapat menyesuaikan itinerary sehingga cocok dengan anggaran keluarga Anda. Tentu saja, pemandu wisata pribadi akan membantu Anda merencanakan perjalanan yang efisien secara finansial sambil tetap memberikan pengalaman yang berkesan untuk seluruh keluarga.

3. Jejak Kehidupan Liar

Menjauh dari hiruk pikuk perkotaan adalah opsi private tour yang menarik untuk Anda yang menginginkan ketenangan selama perjalanan dan ingin lebih dekat dengan alam. Anda bisa melakukan ekspedisi safari, berkemah, dan mencoba wahana natural dari alam. 

Jika ini kali pertama Anda, tak perlu khawatir. Anda bisa memilih destinasi dengan konsep kehidupan alam namun sudah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang.

4. Jelajah Bangunan Bersejarah

Jika Anda menyukai fotografi atau mengulik kesan sebuah tempat, cobalah kunjungi destinasi-destinasi bersejarah yang mempesona. Mulai dari istana megah hingga benteng kuno. 

Agar perjalanan wisata sejarah Anda semakin tak terlupakan, pastikan Anda sudah mengulik tentang destinasi yang dikunjungi. Selami ceritanya, dan jadilah saksi peninggalan tersebut dengan mengabadikannya di kamera. 

5. Liburan di Pantai Mewah

Konsep private tour ini akan membawa Anda ke destinasi pantai eksklusif dengan layanan personal. Anda akan mendapatkan fasilitas spa terbaik dengan kegiatan air yang seru. Mulai dari menyelam, berfoto dengan ikan-ikan eksotis, hingga naik wahana yang memacu adrenalin. 

Opsi lain, Anda bisa menikmati liburan tepi pantai dengan kenyamanan yang maksimal. Tenang saja, pemandu pribadi akan mengatur segala sesuatunya. 

6. Wisata Kuliner

Khusus untuk Anda yang doyan, opsi paling tepat untuk Anda adalah dengan berwisata kuliner. Eksplor cita rasa unik di berbagai destinasi dari hidangan khas lokal, pinggir jalan, hingga restoran berbintang. 

Selain memberikan wawasan cita rasa baru, Anda bisa sekaligus belajar sejarah di tiap tempat makan. Termasuk perspektif baru tentang kekayaan budaya kuliner setempat.

Tips Memilih Private Tour yang Tepat

Hanya dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut, dijamin perjalanan wisata private Anda tak hanya berkesan, tapi terjamin aman, lancar dan sesuai ekspektasi.

  • Pilih penyelenggara open trip private terpercaya dengan banyak ulasan positif dalam memberikan layanan perjalanan wisata.
  • Biaya perjalanan sesuai dengan budget Anda, dengan nilai tambah yang layak dipertimbangkan. Misalnya, gratis snack 3x sehari, biaya termasuk biaya tips pemandu, dan lainnya.
  • Menyewa kendaraan yang siap mengantarkan Anda ke lokasi tujuan.
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Jika Anda berencana liburan dengan keluarga, Almoreno Transport siap menjadi partner Anda. Almoreno Transport adalah penyedia jasa sewa mobil dan paket wisata Yogyakarta, Dieng, Pacitan, Religi Wali Songo & Honeymoon dan Bromo-Malang. 

Selain wisata private tour, Almoreno melayani sewa Elf Jogja, bisa antar-jemput hingga luar kota dengan prasarana fasilitas lengkap, kendaraan terbaru dan nyaman, dan driver yang totalitas. Hubungi kontak untuk booking sekarang!

Gunung Tidar Magelang menjadi salah satu alternatif wisata Magelang hits yang akan menyambut Anda sebelum memasuki Yogyakarta. Wisata di Magelang ini bukan hanya menawarkan keindahan pemandangan alamnya, tapi juga misteri yang bikin penasaran. 

Misteri Gunung Tidar yang terkenal seantero Pulau Jawa, tidak lantas membuat objek wisata ini terkesan wingit bagi pengunjung. Justru menjadi daya tarik tersendiri di tengah kota Magelang. 

Penasaran dengan misteri dan keindahan wisata Gunung Tidar? Yuk, baca simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Wisata Gunung Tidar dan Misterinya

Wisata ke Gunung Tidar, Sumber: kompas.com
Wisata ke Gunung Tidar, Sumber: kompas.com

Gunung Tidar merupakan gunung kecil yang berlokasi di tengah kota Magelang dengan ketinggian sekitar  503 mdpl. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat gunung kecil ini juga berperan sebagai hutan kota yang menawarkan kesejukan bagi pengunjungnya.

Meski Gunung Tidar bukan termasuk gunung yang tinggi, ternyata objek wisata ini menyimpan banyak misteri. Dikutip dari Solopos.com, ada dua cerita misteri Gunung Tidar yang melegenda sampai sekarang.

Cerita misteri yang pertama yakni legenda yang meyakini Gunung Tidar sebagai paku bumi tanah Jawa. Menurut legenda, Pulau Jawa terombang-ambing oleh gelombang laut kemudian dewa dari kahyangan memaku Pulau Jawa di puncak Gunung Tidar. 

Di puncak gunung inilah konon terdapat tugu yang puncaknya terdapat tulisan Jawa huruf Sa di ketiga sisinya. Tugu itulah yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai pakunya tanah Jawa. 

Sementara misteri Gunung Tidar kedua menceritakan asal usul nama Gunung Tidar yang merupakan singkatan dari dua, ‘Mati lan Modar’. Dalam Bahasa Jawa kedua kata tersebut memiliki arti “kalau tidak mati, ya mampus.”

Konon, di masa lalu Gunung Tidar dihuni oleh sekelompok bangsa jin dan menjadi pusat kerajaan gaib. Siapapun yang memasuki kawasan Gunung Tidar dipastikan tidak berumur panjang. Saking santernya kepercayaan masyarakat Jawa kala itu, banyak ulama kesulitan menyebarkan dakwah Islam di Pulau Jawa. 

Namun setelah Syekh Maulana Subakir datang ke Pulau Jawa dan memerangi bangsa jin, kepercayaan itu pun memudar. Syekh Subakir yang berasal dari Persia menancapkan tombaknya di Gunung Tidar sehingga bangsa jin pun pergi dari tanah Jawa.

Kenapa Harus Liburan ke Puncak Gunung Tidar?

Daya tarik puncak Gunung Tidar, Sumber: youtube.com
Daya tarik puncak Gunung Tidar, Sumber: youtube.com

Terlepas dari kisah misterinya, Gunung Tidar Magelang tetap menjadi tujuan liburan bersama keluarga yang menyenangkan. Jadi, Anda jangan sungkan untuk mengunjungi wisata Gunung Tidar karena hal-hal berikut dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama di kawasan Gunung Tidar. 

1. Menawarkan Sejuknya Kebun Raya Gunung Tidar

Kebun Raya Gunung Tidar yang memiliki luas 70,1 hektar menawarkan kesegaran dan kesejukan di tengah Kota Magelang. Agar bisa mencapai puncaknya, Anda harus mendaki 1.002 anak tangga. 

Memang, ada upaya yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk bisa sampai di puncak. Namun, ketika sudah sampai di puncak, rasa lelah yang terasa akan langsung hilang dengan suguhan pemandangan alam yang begitu mengesankan. 

2. Adanya Tugu Sa

Tugu Sa terletak di pelataran puncak Gunung Tidar dan kerap dianggap oleh masyarakat setempat sebagai titik tengah Gunung Tidar. Tugu Sa bukan tugu biasa karena memiliki makna “sopo salah seleh”, yang artinya siapapun yang salah akan diselehke atau dilengserkan.

Lokasi Tugu Sa tidak hanya penting bagi masyarakat Magelang, melainkan juga penting bagi para taruna militer. Di puncak gunung ini, upacara penghadapan taruna militer dilangsungkan. 

Taruna militer yang baru diterima dan belum memiliki jurusan angkatan tertentu akan diminta untuk menghadap Tugu Sa. Demikian pula ketika usai pendidikan dan sebelum penugasan, mereka akan kembali menghadap Tugu Sa.

3. Melihat Keindahan dari Gardu Pandang 

Nikmati keindahan Gunung Tidar Magelang dari gardu pandang Taman Elang Jawa. Gardu pandang ini terletak di sisi timur Gunung Tidar dan menjadi salah satu spot favorit para wisatawan. Dari sini, Anda bisa menyaksikan matahari terbit di antara Gunung Merapi dan Merbabu.

Gardu pandang ini memang menjadi salah satu ikon dari wisata Gunung Tidar. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang ingin memanfaatkannya. Anda mungkin harus antri untuk menggunakan gardu pandang yang tersedia. 

4. Monumen Tanah Air Satu Bangsa

Untuk memperingati Hari Olahraga Nasional, dibangunlah Monumen Tanah Air Satu Bangsa di pelataran puncak Gunung Tidar. Monumen yang dibangun pada 2017 lalu ini memiliki simbol khas, yakni kendi dari tanah liat yang bermakna simbol pemersatu bangsa. 

Kendi tersebut terbilang unik karena berisi tanah dan air yang berasal dari seluruh daerah di Nusantara. Keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan yang penasaran. Bisa dikatakan, tidak ada kendi dengan bahan tanah dan air dari berbagai wilayah di Indonesia selain di Gunung Tidar. 

5. Area Makan Monyet

Monyet ekor panjang menjadi salah satu satwa lokal Gunung Tidar Magelang. Anda bisa melihat kawanan satwa ini di tiga daerah kekuasaannya, yakni di kaki gunung sampai area Terminal Tidar Magelang. 

Sedangkan lokasi kedua di puncak gunung dan terakhir di kawasan lereng Gunung Tidar. Kawanan monyet ekor panjang sebenarnya relatif bersahabat, namun hindari membawa tempat minuman berwarna cerah karena dapat menarik perhatian monyet tersebut.

Tips Wisata Gunung Tidar Agar Liburan Lebih Berkesan

Tips wisata Gunung Tidar, Sumber: labuanbajotour.com
Tips wisata Gunung Tidar, Sumber: labuanbajotour.com

Selain mengunjungi spot-spot wisata Gunung Tidar di atas, Anda juga perlu mempersiapkan diri sebelum liburan ke Gunung Tidar. Tujuannya agar liburan keluarga jadi lebih menyenangkan dan berjalan tanpa halangan. 

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan mengunjungi objek wisata di Magelang ini? Berikut daftarnya.

1. Mempersiapkan Fisik

Meskipun Gunung Tidar hanya berketinggian 503 mdpl, perjalanan menuju puncaknya hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Sehingga kekuatan dan daya tahan fisik sangat dibutuhkan.

Tapi jangan khawatir karena jalur yang dilalui sudah berupa anak tangga sehingga lebih mudah ditapaki dan tidak licin. Namun Anda harus melalui lebih dari 400 anak tangga jika ingin berziarah ke Petilasan Syekh Subakir. 

2. Mengenakan Pakaian yang Sopan dan Membawa Payung

Selama menuju ke puncak gunung, Anda akan melewati petilasan Kyai Sepanjang dan Maqom Syekh Subakir. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan namun tetap nyaman untuk aktivitas trekking

Bila perlu bawa payung atau mantel ketika liburan ke Gunung Tidar di musim penghujan. Pastikan pula untuk mengenakan alas kaki yang aman dan nyaman untuk jalanan curam.

3. Sewa Jasa Transportasi yang Handal

Untuk memastikan perjalanan wisata Anda semakin nyaman, Anda bisa sewa jasa transportasi yang sudah paham dengan rute menuju destinasi wisata ini. 

Nah, jika Anda pergi bersama keluarga atau rombongan, sewa hiace Jogja dari Almoreno Transport adalah pilihan terbaik. Perjalanan menjadi lebih nyaman, cepat dan aman karena supir telah menguasai medan yang dilintasi.

Perihal harga, Almoreno Transport pun memberikan penawaran terbaik khusus untuk layanan sewa Hiace. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan harga terbaik!