Indonesia, negeri dengan sejuta keajaiban. Semakin dikulik, semakin banyak hal istimewa yang ditemukan. Indonesia, negeri yang terdiri dari banyak pulau dan daerah dengan beraneka budaya yang menghiasinya. Kalau di Bali ada tari Kecak, maka di Jogja ada Sendratari Ramayana Prambanan. Apa itu Sendratari Ramayana Prambanan? Simak selengkapnya hanya disini.

Mengenal Sendratari Ramayana, Warisan Budaya Amat Mempesona

Barangkali masih banyak diantara pembaca sekalian yang belum tahu apa itu Sendratari Ramayana. Bahkan mungkin arti dari sendratari sendiri belum pada tahu. Sendratari adalah kependekan dari seni drama dan tari yang merupakan pertunjukan panggung diiringi musik yang hampir mirip seperti wayang orang.

Sendratari Ramayana adalah warisan budaya Indonesia berupa sebuah pertunjukkan tarian kolosal yang mengisahkan tentang sebuah legenda Ramayana. Pertunjukkan yang ditampilkan di atas panggung dengan memadukan tarian Jawa, drama, serta musik ini adalah wisata budaya yang amat populer. Setidaknya pertunjukkan budaya ini telah ada sejak puluhan abad yang lalu, tepatnya sejak 24 abad yang lalu.

Sendratari Ramayana, pertunjukkan budaya sarat makna. Sumber: www.sahabatnestle.co.id
Sendratari Ramayana, pertunjukkan budaya penuh pesona. Sumber: www.sahabatnestle.co.id

Tempat pertunjukkan Sendratari biasanya berada di pelataran Candi Prambanan. Candi Prambanan dipilih sebagai tempat pentasnya bukan tanpa alasan. Setidaknya tersebab cerita tentang Ramayana terukir indah di setiap bagian dinding Candi Prambanan menjadikan alasan kuat mengapa pertunjukkan ini dilaksanakan di sekitar Candi Prambanan.

Tahun 1961 menjadi tahun pembuka bagi pertunjukkan ini diadakan. Pada saat itu pertunjukkan budaya ini digelar di selatan Candi Prambanan, tepatnya di panggung terbuka. Salah satu keunikan pagelaran ini adalah selama pagelaran berlangsung tidak ada dialog sama sekali. Hanya ada tarian yang diiringi oleh tembang atau lagu-laguan yang terdengar.

Beberapa atraksi dan penampilan yang memukau ikut menghiasi Sendratari Ramayana, seperti bola api, permainan akrobatik dan masih banyak lagi. Di atas panggung yang megah dengan pencahayaan amat indah para penari yang berjumlah ratusan orang berlenggak lenggok penuh rasa juga irama. Para penonton baik dari masyarakat sekitar sampai turis mancanegara terkagum-kagum melihat penampilan yang amat istimewa ini.

Kisah dalam Sendratari Ramayana

Dalam pertunjukkan Sendratari Ramayana ada sebuah kisah yang diangkat. Kisah tentang Ramayana yang hampir sama dengan kisah Ramayana yang ada di dinding Candi Prambanan. Kisah panjang ini lalu diringkas menjadi empat babak yaitu Shinta yang diculik, Anoman duta, matinya Kumbakarna dan Rahwana, terakhir bersatunya kembali Rama dan Shinta.

Pertunjukkan ini dimulai dari raja Negeri Ayodya yaitu Prabu Janaka mengadakan sayembara untuk pendamping putrinya, Dewi Shinta. Dalam sayembara tersebut Rama Wijaya menang dan menjadi suami Shinta. Selepas menikah mereka berdua dengan Lesmana menjelajahi hutan Dandaka.

Panggung yang memukau mata. Sumber: niagatour.com
Panggung pertunjukkan yang memukau mata. Sumber: niagatour.com

Di hutan mereka bertemu Rahwana. Melihat keelokan Shinta, Rahwana ingin memiliki Shinta. Singkat cerita Shinta diculik oleh Rahwana dan dibawa ke Alengka. Rama lalu mengutus Anoman ke Alengka, dan pertempuran antara kerajaan Ayodya yang dibantu pasukan kera dengan Alengka terjadi begitu dahsyat. Pertempuran itu membuat Rahwana dan Kumbakarna tewas.

Saat Shinta bertemu dengan suaminya yaitu Rama, ia menolak Shinta karena menganggap telah dinodai oleh Rahwana. Sebagai bukti kesucian, Rama meminta Shinta membakar raganya. Setelah dibakar kecantikan Shinta bukan meredup namun semakin terpancar indah. Ini membuktikan bahwa Shinta masih suci dan akhirnya Rama pun mau menerima Shinta kembali.

Lokasi Sendratari Ramayana Prambanan

Pertunjukkan budaya satu ini diadakan di sekitaran Candi Prambanan, tepatnya di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, di Theater of Ramayana Ballet, Jl Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan. Apabila bulan Mei hingga Oktober yang merupakan musim kemarau biasanya diadakan di panggung outdoor tepat di depan Candi Prambanan. Sehingga Candi ini menjadi background yang sakral penuh makna.

Namun ketika sedang musim penghujan yaitu sekitar bulan November sampai April, maka pertunjukkan diadakan di dalam ruangan, yaitu di panggung tertutup Gedung Trimurti. Untuk ke lokasi, Anda hanya perlu melalui Jalan Raya Jogja – Solo, tepat di samping Candi Prambanan. Apabila Anda tidak memiliki kendaraan Anda bisa memakai layanan sewa elf Jogja sekaligus dengan sopirnya.

Tips Menonton Pertunjukkan Sendratari Ramayana

Pertunjukkan tak bersuara yang penuh makna. Sumber: www.dejogjaadventure.com
Pertunjukkan tak bersuara yang penuh makna. Sumber: www.dejogjaadventure.com

Bagi Anda yang tertarik ingin menikmati pagelaran seni indah nan artistik ini, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan dengan seksama. 

1. Amankan Kursi

Cobalah untuk mengamankan tiket Anda dengan cara melakukan reservasi terlebih dahulu melalui telepon. Apabila Anda tidak melakukan reservasi terlebih dahulu sangat mungkin Anda tidak mendapatkan tiket karena banyaknya peminat seni ini. Apalagi kalau sedang musim liburan.

2. Perhatikan Konsumsi

Pertunjukkan Sendratari Ramayana akan berlangsung selama dua jam tanpa jeda. Untuk itu pastikan Anda datang ke tempat pagelaran dalam keadaan perut telah terisi makanan. Jangan sampai Anda lapar dan meninggalkan pertunjukkan di tengah-tengah, ini sangat mengganggu penonton lainnya. Solusinya Anda bisa membawa bekal namun yang ringkas seperti roti atau sandwich.

3. Manfaatkan Sesi Foto

Saat acara telah selesai, jangan langsung buru-buru pulang. Akan ada sesi foto bersama para pemain. Anda bisa berfoto mengabadikan sejenak momen bersama keluarga dengan para penari pertunjukkan. Rama, Shinta, dan Anoman adalah tokoh yang seringkali diajak foto. Pergunakan kesempatan ini dengan baik agar tidak menyesal dikemudian hari.

Akhir kata, Sendratari Ramayana menjadi salah satu budaya Indonesia berupa seni pertunjukkan yang paling terkenal. Agak kurang rasanya bila Anda belum pernah melihatnya barang sekali. Berbeda dengan sekaten Jogja yang tidak mengeluarkan biaya, Sendratari Ramayana memerlukan harga yang lumayan karena juga atraksi yang diperlihatkan sangat memukau. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.

 

Hampir setiap tempat di kota Jogja bisa menjadi sebuah tempat wisata. Sebut saja bangunan tua, panorama alam, alun-alun, pasar raya, tempat makan bahkan sampai desa dapat menjadi destinasi wisata yang asik dan mempesona. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang adem dan menenangkan, simak 5 desa wisata jogja hanya disini.

5 Desa Wisata Jogja, Asri dan Menenangkan

Berikut lima desa wisata di Jogja yang nyaman, cocok untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga tercinta. 

1. Desa Wisata Tembi

Apabila Anda sedang mencari destinasi wisata yang tenang, nyaman, aman, dan jauh dari keramaian kota maka Desa Wisata Tembi adalah tempat yang tepat. Dikelilingi oleh hamparan hijau nan segar, dengan suasana pedesaan yang menghangatkan menjadikan siapa pun yang berada di sana akan betah tinggal berlama-lama disana.

Menjadi tempat beristirahat adalah sala satu tujuan desa wisata tembi. Sumber: https://desawisatabantul.com
Menjadi tempat rekreasi adalah salah satu tujuan Desa Wisata Tembi. Sumber: https://desawisatabantul.com

Anda bisa mengelilingi desa sembari menikmati panorama alam yang luar biasa dengan bersepeda onthel tua yang khas. Bagi Anda yang tidak ingin merasa capek mengayuh sepeda maka Anda dapat berkeliling menaiki delman yang telah disediakan. Namun jika Anda ingin sembari berjalan kaki maka hal itu juga bisa dilakukan.

Jangan salah, desa wisata ini tidak hanya dikenal di penjuru Nusantara, namun juga dikenal hingga mancanegara. Terbukti Desa Wisata Tembi menyabet penghargaan sebagai Homestay Desa Wisata Terbaik se-ASEAN pada tahun 2016. Hal ini merupakan suatu penghargaan tersendiri bagi bangsa Indonesia di kancah Internasional.

Bila Anda mengunjungi desa wisata satu ini maka Anda akan disambut dengan berbagai aktivitas kebudayaan yang hidup dan tetap dipertahankan. Tersebab itulah Desa Tambi terkenal sebagai “Rumah Budaya”. Adapun beberapa budaya yang dapat ditemui diantaranya seperti kerajinan melukis, membatik, membuat keramik dan sebagainya. Disini Anda juga akan menemui berbagai kuliner tradisional yang khas dengan citarasa luar biasa.

2. Desa Wisata Pentingsari

Tidak hanya Desa Wisata Tembi saja yang terkenal hingga kancah internasional, namun ada banyak sekali desa wisata di Indonesia yang keindahannya diakui oleh dunia. Salah satunya yaitu Desa Wisata Pentingsari. Setidaknya ada dua penghargaan yang telah diraih Desa Pentingsari yaitu Indonesia Sustainable Tourism Awards (ITTA) tahun 2017 dan 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Desa Wisata Pentingsari, elok nan rupawan. Sumber: advontura.com
Desa Wisata Pentingsari, elok nan rupawan. Sumber: advontura.com

Berbicara tentang daya tarik, ada banyak sekali bidang yang menjadi daya tarik desa satu ini. Jika Anda tertarik dengan perkebunan, maka desa ini menyajikan perkebunan dengan sangat subur dan makmur. Selain itu di desa ini Anda juga bisa mempelajari tentang pertanian, kewirausahaan, seni tradisional, dan kehidupan sosial penduduk pribumi.

UMKM sebagai tonggak kewirausahaan di desa wisata satu ini cukup maju dan senantiasa berkembang. Tercatat sudah ada kuliner tempe, kopi dan jamur yang digeluti masyarakat Desa Pentingsari. Adapun seni yang masih terjaga diantaranya ada pertunjukkan musik tradisional gamelan, tari punakawan, seni wayang batik, dan sebagainya.

3. Desa Wisata Widosari

Baru awal tahun 2022 ini Jogja kembali menumbuhkan tempat wisata yang indah nan mempesona. Yap, Desa Widosari menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik yang masuk dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa bulan lalu.

Widosari, salah satu kekayaan Indonesia yang mengagumkan. Sumber: alakota.com
Widosari, salah satu kekayaan Indonesia yang mengagumkan. Sumber: alakota.com

Salah satu yang menjadi masterpiece Desa Widosari yakni ada pada kekayaan alamnya yang sangat memukau, seperti Bukit Widosari. Kementerian ESDM mencatat Bukit Widosari sebagai Geo Heritage yang perlu untuk selalu dijaga dan dipelihara. Tidak hanya Bukit Widosari, ada pula Rajendra Farm yang merupakan tempat guna mempelajari proses perawatan hingga pendistribusian kambing.

Budaya dan adat masyarakat di desa ini juga sangat dijaga dengan seksama. Misalnya saja Tari Bangilun, Merti Desa, Wayang Kulit, Kuda Lumping dan sederet kesenian tradisional lainnya masih dipelihara dengan baik dan artistik. Tidak mengherankan Desa Widosari selalu aktif kegiatan karena desa ini merupakan desa binaan Dinas Pariwisata DIY dengan Universitas Negeri Yogyakarta.

4. Desa Wisata Karangasem

Apabila Anda suka dengan hal-hal berbau bambu, maka Anda wajib mengunjungi desa wisata satu ini. Mengapa? Karena konsep desa wisata ini adalah seputar bambu. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat setidaknya ada 90 warga Karangasem yang berprofesi sebagai pengrajin bambu. Tidak hanya itu, disinyalir ada lima puluh lebih produk berbahan dasar bambu yang dapat dihasilkan oleh desa wisata satu ini. 

Karangasem, desa wisata yang tak boleh dilupakan. Sumber: https://jadesta.kemenparekraf.go.id
Karangasem, desa wisata yang tak boleh dilupakan. Sumber: https://jadesta.kemenparekraf.go.id

Selain bambu, Karangasem memiliki hidden gem atau wisata tersembunyi yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Sebut saja Hutan Pinus, Air Terjun Grengseng, Watu Kromo, Watu Lumpang, dan masih banyak lagi. Dari Malioboro, Anda cukup menempuh sekitar 30-40 menit berkendara menggunakan roda empat. Karenanya, tidak ada salahnya bila Anda menginap di penginapan murah dekat malioboro.

5. Desa Wisata Purwosari

Desa Purwosari menjadi salah satu desa wisata yang banyak diminati di daerah Kulon Progo. “Ayunan Langit” menjadi ciri khas tersendiri dari desa wisata satu ini. Selain panorama alamnya yang mengagumkan juga tempatnya yang cozy untuk berfoto ria, Desa Purwosari juga menawarkan berbagai wisata alam yang tak kalah indah seperti Goa Kidang Rencang dan Curug Glimpang.

Ayunan Langit, wahana di Purwosari yang harus dicoba. Sumber: https://visitingjogja.jogjaprov.go.id
Ayunan Langit, wahana di Purwosari yang patut dicoba. Sumber: https://visitingjogja.jogjaprov.go.id

Di Curug Glimpang, Anda dapat bermain-main diantara bebatuan yang mempunyai bentuk unik dan asik. Di Goa Kidang Anda dapat dengan puas menyusuri setiap inci gua yang memiliki panjang lebih dari 300 meter tersebut, dengan ditemani bebatuan stalaktit dan stalakmit yang mempesona. 

Demikianlah lima desa wisata Jogja yang asri dan sangat menawan. Bagi Anda yang sedang berlibur di Jogja, wajib bagi Anda untuk mengunjungi salah satu desa wisata di atas. Jangan khawatir, ada banyak layanan sewa hiace Jogja untuk Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Semoga liburan Anda menyenangkan, sampai jumpa.

Selain terkenal dengan kota pelajarnya, Yogyakarta juga dikenal sebagai daerah yang penuh dengan keindahan alam di dalamnya. Gunungkidul contohnya, deretan wisata alam mulai dari pegunungan hingga pantai ada di daerah ini. Bahkan pantai di Gunungkidul sering disebut sebagai hidden gem milik Indonesia.

Sebutan tersebut tentunya tidak diberikan tanpa alasan, melainkan karena keindahan pantai-pantai tersebut hanya dapat dinikmati setelah melalui perjalanan yang tidak mulus, yang membutuhkan sebuah perjuangan. 

Meskipun melelahkan, ketika sampai di lokasi perjuangan tersebut akan terbalas sepadan dengan pemandangan alam yang dapat memberikan efek ketenangan dan ketentraman mental.

Maka ketika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta, tidak ada ruginya apabila Anda menyempatkan diri untuk mampir ke pantai yang ada di Gunungkidul. 

Bingung ingin pergi ke pantai mana? Berikut deretan pantai di Gunungkidul yang sudah kami rangkum untuk Anda.

Pantai Indrayanti

Pesona Pantai Indrayanti dilihat dari tebing.  Sumber: turisian.com
Pesona Pantai Indrayanti dilihat dari tebing. Sumber: turisian.com

Pantai di Gunungkidul yang wajib Anda masukan dalam list kunjungan wisata alam di Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini termasuk dalam salah satu deretan pantai yang populer di Gunungkidul.

Pantai dengan keindahan pasir putih dan memiliki garis pantai yang panjang tentu menjadi alasan mengapa pantai sangat diminati banyak orang. Maka tak jarang apabila Pantai ini jarang ditemukan dalam kondisi sepi kecuali saat pasang.

Pada sudut pantai juga terdapat tebing tinggi yang menawan. Dimana bagian tersebut menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk menikmati pemandangan pantai

Pantai Sundak

Kolaborasi pasir putih dan air laut di Pantai Sundak. Sumber: www.pantainesia.com
Kolaborasi pasir putih dan air laut di Pantai Sundak. Sumber: www.pantainesia.com

Pantai Sundak terletak tidak jauh dari Pantai Indrayanti. Pantai ini bisa menjadi destinasi yang tepat apabila Anda kurang menyukai keramaian. Jika dibandingkan dengan pantai Indrayanti sebelumnya, pantai ini masih tergolong sepi.

Sehingga pantai ini masih memiki suasana yang memberikan kenyaman tersendiri bagi wisatawan yang tidak menyukai keramaian. Ditambah dengan kolaborasi pasir putih yang landai dan air laut yang jenis menjadi daya tarik tambahan dari pantai ini.

Bahkan menurut beberapa wisatawan yang sudah mengunjungi Pantai Sundak mengatakan bahwa waktu yang pas menikmati keindahan pantai ini adalah sore hari menjelang sunset. 

Warna langit menjelang sunset tidak dapat diragukan lagi untuk menciptakan suasana kehangatan di sekelilingnya.  

Melakukan kegiatan berjalan santai di Pantai Sundak merupakan kegiatan yang wajib disini. Karena Anda akan disuguhkan oleh bukit-bukit kapur eksotis yang tak jarang digunakan sebagai lokasi pemotretan. 

Selain bukit kapur, pantai ini juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi Pantai Sundak untuk dimasukkan dalam list kunjungan wisata Anda.

Pantai Krakal

Pantai Krakal. Sumber: dolanyok.com
Pantai Krakal. Sumber: dolanyok.com

Pantai di Gunungkidul selanjutnya yang tidak kalah indah adalah Pantai Krakal. Pantai yang masih berdekatan dengan Pantai Indrayanti dan Sundak ini terkenal dengan keindahan batu karangnya.  Batu-batu karang yang eksotis membuat pesona pemandangan Pantai Krakal makin lengkap. 

Walau memiliki ombak yang ganas, besar ombak di Pantai Krakal tidak sebesar ombak di pantai lainnya terutama pantai selatan. Sehingga bagi surfer pemula yang baru belajar menaklukan ombak masih dapat menikmati pengalaman bermain ombak di pantai ini.

Maka bukan hal yang aneh apabila banyak ditemukan para surfer mengunjungi pantai ini.

Pantai Baron

Pesona Pantai Baron. Sumber: ulasku.com
Pesona Pantai Baron. Sumber: ulasku.com

Deretan pantai di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Baron. Pantai ini memiliki keunikannya sendiri yang mampu menarik wisatawan untuk datang, yakni sebuah aliran air tawar yang saat ini mengalir dari sisi utara. 

Selain aliran air tawar, pantai ini menebar pesona melalui kontur lembar di kanan dan kiri bibir pantai. Dimana dibagian kanan, Anda bisa melihat sungai air tawar yang bermuara langsung menuju laut.

Di sebelah timur pantai juga terdapat mercusuar yang sudah menjadi ikon lainnya dari Pantai Baron. Memiliki akses yang masih berupa jalan bebatuan yang tinggi, diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang tinggi saat menempuhnya.

Apabila Anda berkunjung pada musim hujan bebatuan tersebut akan mudah licin, maka kami sarankan untuk menggunakan alas kaki yang cocok seperti sepatu agar tidak mudah terpeleset.

Namun meski demikian, banyak wisatawan yang tetap rela berlelah ria dan berjuang untuk mencapai mercusuar tersebut. Hal ini tentunya membuktikan bahwa perjuangan tersebut sepadan dengan pemandangan yang ada apabila dilihat dari atas.

Pantai Widodaren

Nama pantai yang terletak di Desa Jepitu ini ternyata memiliki makna yang dapat merefleksikan keindahan pantai ini. Memiliki nama Widodaren yang diambil dari kara Widodari, dimana dalam bahasa Jawa kata tersebut berarti bidadari.

Walau memiliki garis pantai yang tidak seluas pantai lain, pantai ini berada di bawah tebing bebatuan yang menjadi kekhasan dari Pantai Widodaren.

Bahkan pantai ini memiliki spot yang cocok untuk menikmati keindahan pantai ini, yakni sebuah  bukit yang menghadap ke pantai.

Pantai Wediombo

Memiliki hobi memancing, memilih Pantai Wediombo sebagai destinasi merupakan yang tepat. Di Pantai Wediombo yang terletak di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul ini Anda bisa memancing dari atas bukit karang.

Ikan-ikan yang adapun terkenal sangat besar, namun pastinya sudah menjadi tantangan bagi pemancing bahwa mendapatkan ikan di pantai ini merupakan hal yang tidak mudah. 

Perlu kesabaran yang tinggi untuk untuk memancing di Pantai Wediombo. Tetapi ketika sudah mendapatkan ikan tentunya hal itu bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi pemancing sejati.

Sama halnya dengan pantai-pantai di Gunungkidul lainnya, di Pantai Wediombo ini juga terdapat pemandangan yang sangat indah. Memiliki pasir pantai yang putih lembut nan landai dan air laut yang jernih akan menjadi paket lengkap liburan Anda.

Itulah keenam pantai di Gunungkidul yang dapat kami ulas untuk Anda. Apabila Anda penasaran dengan destinasi wisata di daerah lainnya seperti pantai di Bantul, Anda dapat mengunjungi website kami untuk tahu informasi tersebut. 

Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda yang akan berwisata ke Jogja. Jika dirasa bermanfaat, Anda bisa menyebarkan informasi tersebut. Terimakasih sudah menyimak hingga akhir.

Malioboro menjadi destinasi wajib untuk para wisatawan yang sedang mengunjungi kota Jogja. Kentalnya budaya yang ada dengan sentuhan-sentuhan kekinian menjadikan malioboro sebagai tempat wisata penuh kenangan yang sulit dilupakan. Bagi Anda yang sedang berlibur di Jogja, sudah sepatutnya Anda mencari penginapan keluarga murah di Jogja dekat malioboro agar dapat menikmati panorama indah nan mempesona. 

Malioboro, Jantung Kota Jogja Penuh Kenangan

Rasanya tidak berlebihan bila malioboro disebut sebagai jantungnya kota Jogja. Hampir seluruh hiruk pikuk kota Jogja berkumpul di sana, menjadi sebuah harmoni yang kental lagi beragam. Anda akan amati para wisatawan sedang mencari oleh-oleh, turis asing yang terpikat dengan budaya sekitar serta para penduduk lokal yang sedang berjalan santai menikmati indahnya tanah kelahirannya.

Sebelum malioboro menjadi ikon kota Jogja sebagaimana sekarang ini, malioboro memiliki sebuah kisah yang cukup unik. Dalam sebuah kitab Ramayana, ada suatu kerajaan yang memiliki nama yang khas dan penuh makna yaitu Ayodya. Karena masyarakat jawa memiliki logat yang berbeda, maka nama Ayodya dibaca sebagai Ngayodya, dan jika didengar orang lain seperti ‘Ngayogya’.

Malioboro, ikon kota Jogja yang membahana. Sumber: travel.kompas.com
Malioboro, ikon kota Jogja yang membahana. Sumber: travel.kompas.com

Pada kitab Ramayana, ada sebuah jalan yang terkenal karena merupakan jalan utama yang biasa dipakai untuk menyambut raja dan juga tamunya. Jalan tersebut bernama ‘Malya Bhara’. Nama tersebut lalu digunakan sebagai nama jalan dekat Keraton Yogyakarta. Lagi-lagi penduduk sekitar yaitu suku jawa memiliki kebiasaan huruf ‘a’ dibaca huruf ‘o’ sehingga jadilah nama jalan tersebut menjadi jalan malioboro.

Beberapa Tempat Menarik Dekat Malioboro

Salah satu alasan Anda wajib mengunjungi malioboro ialah karena malioboro sangat dekat dengan beberapa tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata. Tidak perlu khawatir budget liburan ke Jogja akan berkurang, karena wisata ini rata-rata tidak mengeluarkan biaya. Berikut beberapa tempat wisata dekat malioboro yang asik dan menarik: 

1. Titik Nol Kilometer

Tempat wisata dekat malioboro yang pertama adalah titik nol kilometer. Sebenarnya titik nol adalah kawasan umum tempat berlalu lalang penduduk setempat maupun para wisatawan. Namun karena titik nol mempunyai spot indah dan tempat duduk yang nyaman, lama-kelamaan kawasan ini menjadi tempat wisatawan untuk berfoto dan mengabadikan momen bersama sanak keluarga. 

Disekitar malioboro akan Anda temui beragam bangunan yang lawas dan khas seperti Gedung Agung, Gedung BNI, Benteng Vredeburg dan lain sebagainya. Meski tidak menjadi tempat sekaten Jogja, kawasan ini senantiasa ramai pengunjung dan tak pernah sepi.

2. Tugu Pal Putih Jogja

Selain titik nol, ada pula tempat menarik dekat malioboro yang tak kalah terkenal, yaitu tugu khas Jogja atau Tugu Pal Putih. Letaknya ada di utara malioboro, tugu yang biasa disebut Tugu Jogja ini sudah menjadi identitas kota Jogja. Sehingga tidak heran bila hampir seluruh wisatawan mengambil kenangan di depan Tugu Pal Putih. Beragam kuliner di sekeliling tugu semakin menjadikan ramai kawasan satu ini. 

3. Pasar Beringharjo

Boleh dibilang pasar Beringharjo adalah tempat sakral sarat akan sejarah. Pasalnya pasar Beringharjo adalah pasar yang paling tua yang ada di Yogyakarta. Berbagai oleh-oleh seperti kaos, batik khas jogja sampai beragam souvenir dapat Anda temukan di pasar ini. Ada juga jajanan lokal desa yang masih terjaga dan terpelihara. Sehingga pasar Beringharjo menjadi destinasi wajib Anda dikala sedang bertamasya ke Jogja.

Penginapan Keluarga Murah di Jogja Dekat Malioboro

Bila Anda menghabiskan liburan keluarga ke Jogja, maka sudah semestinya Anda mencari sebuah penginapan. Namun perlu diketahui, Anda perlu mencari penginapan yang dari segi tempat dekat pusat kota dengan harga yang masih terjangkau. Maka Anda bisa menjajal penginapan murah di jogja dekat malioboro ini. Berikut telah kami rangkum penginapan dan homestay Jogja murah di dekat malioboro yang cocok untuk keluarga.

1. W House Homestay

Homestay pertama yang dapat menjadi pilihan Anda yaitu W House Homestay. Karena ini adalah homestay berkonsep family maka Anda menyewa satu rumah secara utuh. Hanya dengan membayar 450 rupiah Anda sudah dapat menikmati punya rumah di Jogja semalaman. Dapur plus kompor, ruang tamu, keluarga, free wifi sampai kolam renang akan Anda dapatkan. 

W House Homestay, penginapan dekat malioboro dengan harga terjangkau. Sumber: google.com/maps/uv
W House Homestay, penginapan dekat malioboro dengan harga terjangkau. Sumber: google.com/maps/uv

Dengan kapasitas 10 orang, Anda bisa menikmati homestay ini serasa rumah sendiri. W House Homestay beralamat di jalan Sidat No.2, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Handida Homestay 

Berikutnya ada Handida Homestay. Homestay ini beralamat di jalan Bumijo. Anda bisa melewati Tugu Jogja lalu ke barat, belok ke kiri sebelum Khas Tugu Hotel, lalu di sebelah Indomaret belok ke kiri dan masuk ke gang. Penginapan ini memiliki dua unit homestay, yakni Melati dan Flamboyan. Keduanya memiliki harga dan kebutuhan yang sedikit berbeda.

Handida Homestay, tempat menginap rekomended dekat malioboro. Sumber: yogyes.com
Handida Homestay, tempat menginap rekomended dekat malioboro. Sumber: yogyes.com

Apabila ingin mencari penginapan untuk delapan orang, maka bisa memesan unit Melati dengan rincian tiga kamar tidur, tiga kamar mandi dan dua AC. Dibanderol dari harga 550 ribu sudah merupakan harga cukup terjangkau dibandingkan penginapan lainnya.

3. Amarilis Guest House 

Penginapan keluarga berikutnya yaitu Amarilis Guest House. Lokasinya yang tidak jauh dari stasiun Tugu Jogja menjadikan penginapan satu ini banyak diminati para wisatawan. Beralamat di gang Wijaya Kusuma No.3, Bumijo, kecamatan Jetis, kota Yogyakarta menjadikan penginapan ini sangat dekat dengan malioboro. Cukup menempuh sekitar tujuh menit maka Anda akan sampai di malioboro.

Amarilis Guest House, pilihan tepat penginapan Jogja. Sumber: 3.bp.blogspot.com. penginapan keluarga murah di Jogja dekat malioboro
Amarilis Guest House, pilihan tepat penginapan Jogja. Sumber: 3.bp.blogspot.com

Penginapan ini memuat sekitar 6 sampai 12 orang dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti LCD, TV, kipas angin, meja makan, kulkas, dispenser, dan rice cooker juga telah disediakan dengan rapi dan bersih. Ada 3 kamar tidur ber-AC dan 1 kamar mandi. Dengan fasilitas sebanyak ini, cukup membayar 50 ribu per orang maka Anda sudah bisa bermalam semalaman.

4. CozyStop Malioboro

Penginapan satu ini beralamat di perumahan, tepatnya di perumahan Tjokro Heritage C8, gang Rajawali, Tegalrejo, kecamatan Tegalrejo, kota Yogyakarta. Dengan 4 kamar tidur plus kamar mandi disetiap kamar tidurnya dengan tambahan fitur air panas menjadikan penginapan satu ini disukai keluarga yang senang berendam di pemandian panas. Nuansa interior minimalis dengan mengusung konsep monokrom membuat penginapan ini cozy dan kekinian.

CozyStop Malioboro, penginapan pilihan keluarga. Sumber: yogyes.com. penginapan keluarga murah di Jogja dekat malioboro
CozyStop Malioboro, penginapan pilihan keluarga. Sumber: yogyes.com

Dengan membayar Rp 650 ribu maka Anda sudah mendapatkan tiga kamar tidur AC, tiga kamar mandi air panas dengan garasi dan interior ala scandinavian. Penginapan ini bisa dibilang cukup strategis, karena tempat-tempat terkenal seperti malioboro, titik nol, taman pintar, tugu Jogja hanya memerlukan waktu 10 menit untuk kesana.

5. Syavana Malioboro

Penginapan keluarga berikutnya yakni Syavana Malioboro. Berada di jalan Pakuncen No.2, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta menjadikan penginapan ini sangat dekat dengan malioboro, kraton, tamansari, alun-alun Kidul, tugu Jogja dan sebagainya. Setidaknya butuh waktu 10 menit saja untuk sampai ke tempat-tempat terkenal tadi.

Syavana Malioboro, tempat menginap murah berkualitas. Sumber: google.com/maps/uv. penginapan keluarga murah di Jogja dekat malioboro
Syavana Malioboro, tempat menginap murah berkualitas. Sumber: google.com/maps/uv

Budget yang dikeluarkan juga cukup terjangkau. Setidaknya mulai dari 650 ribu rupiah Anda sudah mendapatkan 3 kamar tidur AC, 2 kamar mandi air panas dengan penginapan berkonsep minimalis elegan yang sudah lengkap dengan perabotan yang ada. Sehingga penginapan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang berlibur bersama keluarga. 

Itulah beberapa penginapan keluarga murah di Jogja yang dekat malioboro. Bagi Anda yang sedang menikmati liburan bersama keluarga di Jogja dan memerlukan transportasi yang recomended, Anda bisa menggunakan layanan jasa sewa hiace di Jogja Almoreno Transport yang telah berpengalaman di bidang tour and travel. Semoga liburan Anda menyenangkan, sampai jumpa.

 Sedang berkunjung ke Jogja untuk berburu makanan khas? Membahas mengenai makanan, mungkin yang Anda pikirkan adalah Gudeg. Karena gudeg memang selalu sanggup untuk menggoyangkan lidah Anda. Namun tahukah Anda? bahwa masih banyak makanan khas jogja selain gudeg yang tak kalah sedapnya dibandingkan gudeg.

Berbagai macam makanan khas jogja ini kebanyakan merupakanan makanan khas yang berasal dari berbagai kota maupun kabupaten yang menjadi bagian dari provinsi Jogja. 

Apa saja makanan khas itu? Berikut beberapa makanan khas jogja selain gudeg yang sudah kami rangkum untuk Anda

1. Sate Klatak

Dalam menyebutkan jenis sate ini memanglah perlu kehati-hatian. Karena salah menyebutkan satu huruf saja bisa membuat banyak orang salah paham mengenai jenis sate ini.

Yap sate ini adala sate klatak bukan sate katak. Walau namanya memang sedikit mengecoh sate ini tetaplah sate yang dibuat dari daging kambing, daging sapi atau daging ayam. 

Sate Klatak. Sumber: awsimages.detik.net.id
Sate Klatak. Sumber: awsimages.detik.net.id

Poin penting pada sate jenis ini adalah tusuk satenya yang berbeda dengan tusuk sate biasanya. Sate klatak merupakan sate yang menggunakan jeruji besi untuk dijadikan sebagai tusuk sate mereka.

Poin tersebut lah yang membuat sate klatak menjadi salah satu makanan khas jogja yang unik.

Pemilihan jeruji besi ini tentu bukan karena asal pakai begitu saja. Melainkan ada alasan dibaliknya. Apa alasannya? jeruji besi dipakai karena dianggap mampu menghantarkan panas dengan baik.

Sehingga dengan menggunakan jeruji besi, saat proses pembakaran sate bagian dalam daging bisa matang dengan sempurna.

Selain unik karena jeruji besinya, bumbu yang digunakan juga tidak kalah unik. Jika umumnya sate dibumbui dengan anek rempah, sate klatak hanya diberi bumbu garam dan sedikit ketumbar.

Sedangkan untuk penyajiannya, sate klatak biasanya disajikan bersama nasi, kuah gulai atau kecap dan potongan cabai rawit.

2. Pecel Belut

Tak hanya terkenal karena tempat wisatanya, namun imogiri ternyata juga memiliki makanan khas yang wajib Anda cicipi.

Memiliki banyak area persawahan di sekitar Imogiri, tentunya membuat belut banyak ditemukan di daerah ini.  Salah satu olahan belut yang terkenal adalah pecel belut.

Olahan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, bayam, daun pepaya, daun kenikir, toge dan kacang panjang. Sehingga bagi Anda penyuka lalapan, makanan ini bisa menjadi tambahan list makanan yang Anda sukai.

Di jual dengan harga kisaran 17.000 porsi membuat siapa saja bisa mencicipi makanan khas ini.

3. Tiwul 

Makanan khas jogja kali ini berasal dari Kabupaten Gunung Kidul. Tiwul adalah olahan pengganti nasi yang terbuat dari singkong. 

Pertama kali dibuat ketika zaman penjajahan Jepang. Dimana saat itu harga beras cukup mahal dan tentunya para masyarakat sulit untuk membelinya. Maka muncullah inovasi makanan pengganti nasi, yakni tiwul.

Namun akhirnya, yang awalnya hanya sebagai pengganti nasi kini tiwul sudah menjadi primadona dan bahkan ciri khas masakan Gunung Kidul, Wonogiri, Pacitan, dan Blitar. 

Bahkan tiwul kini juga ada dalam bentuk instan, sehingga siapapun bisa mencicipi tiwul dimana saja dan kapanpun.

4. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok. Sumber: awsimages.detik.net.id
Bakpia Pathok. Sumber: awsimages.detik.net.id

Memiliki kepopuleran yang hampir sama dengan gudeg, bakpia pathok ini juga merupakan makan khas jogja yang kerap diburu banyak wisatawan.

Bahkan bakpia pathok menjadi salah satu makan legendaris jogja yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. 

Kenapa bakpia banyak digemari para wisatawan? tentunya karena bakpia memiliki rasa yang manis, dan teksturnya yang krispi. Bakpia Pathok juga memiliki banyak pilihan rasa seperti kacang hijau, keju, coklat dan bahkan durian.

Menyantap bakpia bersama secangkir teh yang bisa menambah kehangatan bersama keluarga ini juga menjadi alasan lainnya mengapa bakpia digemari.

5. Mie Lethek

Kemunculan mie lethek berawal dari kedatangan Umar Yassir dari Yaman untuk berdakwah, dia membuat mie dari bahan yang mudah didapat penduduk sekitar. 

Dia membuat itu dengan tujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan makanan sehat yang dibuat dari bahan alami. 

Disebut makanan sehat karena mie lethek tidak menggunakan pemutih yang mana membuat mie tersebut memiliki warna yang sedikit kusam.

Mie ini biasanya diolah menjadi mie rebus atau mie goreng, dan disajikan bersama suwiran ayam, sejumlah sayuran dan telur bebek atau telur ayam kampung.

Jika Anda menyantap mie lethek ini sebagai lauk nasi, bisa dipastikan setelah menyantap makanan khas ini Anda akan merasa lebih kenyang.

Selain itu, Mie Lethek juga sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019 lalu.

6. Jadah Tempe

Jadah Tempe. Sumber: kompas.com
Jadah Tempe. Sumber: kompas.com

Selanjutnya adalah Jadah Tempe, dimana makan ini berasal dari kabupaten Sleman atau lebih tepatnya dari lereng Gunung Merapi, Kaliurang. 

Pada kawasan Kaliurang, Jadah Tempe menjadi suatu ikon kuliner yang harus dicoba jika berkunjung kesana. Bahkan, makanan khas ini juga menjadi makanan favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Makanan khas ini merupakan gabungan dari makanan tradisional jadah dan tempe. Dengan jadah yang merujuk pada pangan yang dibuat dari olahan ketan, sedangkan tempe merujuk pada tempe yang diolah menjadi bacem.

Biasanya jadah tempe ini dikemas dalam daun pisang, dengan setiap satu jadah akan didampingi satu tempe.

Cara makannya jadah tempe juga ada berbagai macam, contohnya dengan menghimpit jadah dengan dua tempe layaknya burger. 

Tak hanya rasanya yang nikmat, jadah tempe memiliki harga yang sangat terjangkau. Dengan kisaran harga antara Rp 10.000 – Rp 20.000 saja.

Sehingga anda tak perlu budget liburan yang banyak hanya untuk menikmati makanan khas jadah tempe ini.

 

Nah itulah berbagai makanan khas jogja selain gudeg yang tak kalah populer dan nikmat tentunya. Sehingga ketika Anda berkunjung ke jogja tak perlu lagi bingung harus menyantap makanan khas yang mana, tinggal sesuaikan saja dengan budget dan waktu perjalanan Anda saat berlibur.

Apabila Anda berlibur ke jogja namun tidak membawa kendaraan pribadi, Anda tak perlu khawatir karena banyak sewa mobil jogja yang tentunya menyediakan jasa transportasi untuk mengunjungi berbagai tempat yang menjual makanan khas di atas.

Anda bisa langsung pesan di Almoreno Transport, kami menyediakan berbagai type mobil dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Semoga berbagai ulasan diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik lainnya di Almoreno Transport.

Setelah dua tahun lamanya, Indonesia berada pada masa pandemi. Yang memaksakan para masyarakatnya untuk membatasi segala aktivitas mulai dari aktivitas sehari-hari hingga aktivitas tahunan. Salah satunya adalah aktivitas Sekaten Jogja yang seharusnya dilakukan setiap setahun sekali.

Sekaten jogja yang selalu dihiasi dengan sejumlah nuansa budaya terpaksa untuk ditiadakan selama dua tahun. Hal ini tentunya menjadi sebuah kerinduan mendalam pada masyarakat terutama masyarakat Jogja.

Sekaten Jogja Kembali Digelar

Bagaikan angin sejuk kepada para masyarakat Jogja, kini pada tahun 2022 Sekaten Jogja akan kembali diadakan. Namun pada tahun ternyata ada perubahan yang sangat besar, yakni tempat diadakannya Sekaten. 

Diketahui bahwa Sekaten yang terkenal dengan pasar malamnya dan menjadi salah satu kegiatan wisata keraton jogja kini tidak lagi digelar di Alun-Alun Utara Yogyakarta sebagaimana mestinya, melainkan digelar pada lahan eks kampus STIEKers Jalan Parangtritis Jogja.

Namun, ternyata perubahan ini tidak menjadikan acara Sekaten tidak semarak tahun-tahun sebelumnya karena nyatanya Sekaten pada tahun 2022 ini tetap disesaki oleh lautan manusia.

Alasan Lokasi Sekaten Dipindah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa aktivitas sekaten berpindah lokasi, dimana lokasi tepatnya di Lahan eks kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Kerjasama Jalan Parangtritis KM 3, Salakan Bangunharjo, Sewon, Bantul.

Sekaten yang lekat dengan upacara peringatan Maulid Nabi Muhammad dan memiliki puncak acara yakni keluarnya persembahan Raja Jogja untuk rakyatnya berupa gunungan. 

Gunungan Sekaten Jogja. Sumber: orami.co.id
Gunungan Sekaten Jogja. Sumber: orami.co.id

Tentunya ketika terdengar kabar pemindahan lokasi Sekaten pasti menimbulkan banyak pertanyaan di benak para masyarakat.

Mengenai alasan pemindahan ini ternyata sudah dijelaskan oleh Siti Amirul Nur Sundari selaku Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Yogyakarta. 

Dimana beliau menyatakan bahwa,

“Alun-alun itu hanya digunakan untuk ucapara Sekatennya saja.” 

Dari pernyataan beliau dapat kita ketahui bahwa, pemindahan lokasi ini bukanlah upacara sekatennya melainkan Pasar Malam Sekaten. Dimana pasar malam ini sering disalahpahami banyak masyarakat sebagai bagian dari tradisi sekaten. 

Selain itu, ada juga pernyataan tambahan yakni dari KPH Notonegoro seorang Pengageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridha Mardawa Kraton Yogyakarta Hadiningrat. 

Beliau mengatakan bahwa Sekaten pada awalnya digunakan kerajaan-kerajaan islam untuk syiar dan dakwah. 

“Di situ, kadang-kadang disisipkan pesan-pesan semangat perjuangan melawan penjajah.” 

Beliau juga menambahkan bahwa adanya pasar malam pada sekaten digunakan para penjajah Belanda untuk memecah perhatian masyarakat supaya tidak fokus pada upacara sekaten.

Terlebih kondisi alun-alun seusai digunakan sebagai lahan digelarnya pasar malam, sangatlah tidak bagus. Mulai dari rumputnya yang habis sampai penuh dengan sampah yang ditinggalkan masyarakat.

Dengan demikian, pemindahan lokasi ini juga merupakan upaya untuk menjaga alun-alun tetap bersih dan terjaga. 

Jadwal Lengkap Pasar Sekaten Jogja 2022

Pada tahun ini pasar malam sekaten mengambil tema “Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022”. Pasar malam yang dijadikan spot liburan keluarga ini bisa dinikmati mulai dari bulan 16 September hingga 16 Oktober 2022.

Direncanakan pasar ini akan menjadi pasar rakyat dengan tenda-tenda UKM yang menjual makanan dan minuman atau bahkan jajanan tempo dulu.

Selain tenda makanan dan minuman, ada juga tenda yang menjual pakaian, barang dan jasa hiburan lainnya seperti wahana hiburan bianglala, dan ombak banyu.

Ombak banyu di pasar malam. Sumber: gudeg.net
Ombak banyu di pasar malam. Sumber: gudeg.net

Tak hanya tenda-tenda UKM, pasar malam ini juga akan dimeriahkan oleh berbagai pentas kesenian. Oleh karena itu supaya Anda tidak melewatkan pentas seni, berikut jadwal lengkap pentas kesenian dalam pagelaran Pasar Sekaten Jogja 2022:

a. Jumat, 16 September 2022

Pada hari tersebut akan ada pentas Grup Band Devranda dan pentas musik Kopi Koes Plus yang akan dimulai pukul 20.00 WIB.

b. Sabtu, 17 September 2022

Apa saja pentas seni yang akan digelar pada hari tersebut? berikut list pentas seni yang akan digelar:

  1. Pada pukul 16.00 hingga 17.30 WIB akan ada pagelaran Ngudar tembang geguritan macapat dari SD Karanggayam Pleret
  2. Live musik bersama sangga bahagia bareng bocah-bocah
  3. Jogja Junior All Star
  4. Pentas Ethnic Progresif Pajumonca Band
  5. Pagelaran Kethoprak Mataram Blaka Suta

c. Minggu, 18 September 2022

Pada tanggal 18 September akan ada pembukaan oleh GKR Hemas pada pukul 15.30 WIB. Yang diikuti dengan kirab Bregodo Paku Wojo, Gunungan Bakpia dan pentas musik Campursari dengan bintang tamu Cak Dikin yang diiringi kelompok musik Extrava Gongso.

d. Senin, 19 September 2022

Tanggal 19 September akan dipenuhi dengan pentas tari anak-anak dari berbagai TK, seperti TK Budi Rahayu, TK PKK 4 Argomulyo, TK Pamardisiwi, dan TK Retnoningrum.

Sehingga jika anda ingin menonton anak-anak menggemaskan, Anda bisa secara khusus datang ke Pasar Sekaten di hari Minggu 19 September.

Selain pentas tari, hari tersebut juga akan ada pagelaran geguritan dan macapat dari LKJ Sekar Pangawikan, Solo gitar oleh Why Not dan Akustik Popo oleh Gopro Musik.

Jadwal lengkap pasar sekaten ini akan menjadi penutup artikel almorenotrasport kali ini. Untuk Anda yang berasal dari luar Jogja dan ingin berkunjung ke pasar sekaten ini tetapi tidak memiliki kendaraan pribadi untuk kesana, Anda tak perlu khawatir.

Karena Kami menyediakan jasa sewa mobil elf yang cocok untuk transportasi wisata dalam bentuk rombongan atau group. Space yang disediakan longgar dan besar sehingga anda tak perlu khawatir berdesakan jika datang dengan keluarga besar Anda ke Pasar Sekaten ini.

Dari Kami juga akan menyediakan fasilitas lengkap seperti sopir gratis, layanan konsultasi tempat wisata hingga gratis BBM. Kendaraan yang kami pakai merupakan kendaraan keluaran terbaru yang akan memberikan kesan nyaman dan memuaskan untuk Anda.

Pernahkah anda ajak keluarga berkunjung ke wisata edukasi Jogja? Sebagai salah satu destinasi disana, anda wajib memasukkannya dalam list perjalanan wisata. Selain akan mendapatkan fungsi rekreasi, fungsi pembelajaran pun juga diperoleh. Cocok bukan bagi yang sudah memiliki buah hati?

Semenjak diresmikan menjadi kota wisata, di Kota Jogja semakin banyak bermunculan destinasi wisata baru. Tidak hanya destinasi yang menyuguhkan spot alam seperti gunung atau pantai, destinasi yang mengangkat tema edukasi pun tidak ketinggalan. Hal ini tentunya semakin memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung.

Selain itu ciri khas Kota Jogja sebagai kota budaya pun tidak pudar dengan munculnya destinasi wisata baru. Tempat pariwisata seperti wisata candi, wisata Keraton Jogja hingga museum semakin menguatkan identitas budaya tersebut. 

Dengan demikian berwisata ke Kota Jogja akan lebih puas jika berkunjung ke berbagai destinasi wisata. Sehingga merencanakan perjalanan kunjungan wisata memang langkah yang tepat untuk efektifitas waktu rekreasi.

Wisata edukasi Jogja semakin banyak jumlahnya, sumber : unsplash.com
Kota Jogja menyimpan banyak wisata edukasi, sumber : unsplash.com

 

Wisata Edukasi Jogja Terbaru

Dan bagi anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Kota Jogja, berikut rekomendasi destinasi wisata edukasi Jogja yang bisa dijadikan referensi :

1. Gebang Park

Destinasi wisata satu ini memaksimalkan potensi daerah. Pasalnya Gebang Park yang terletak di Wedomartani Ngemplak Kabupaten Sleman ini memiliki potensi besar seperti sungai, embung, persawahan hingga candi. Dengan banyaknya potensi tersebut, penduduk sekitar memaksimalkan dengan cara menjadikannya destinasi wisata.

Saat berkunjung kesana anda akan mendapatkan wawasan baru utamanya sejarah. Panorama alam yang indah tentu memberikan kepuasan pada manfaat rekreasi. Dengan demikian saat berkunjung kesana akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Wisata edukasi Jogja salah satunya Gebang Park, sumber : yogyapos.com :
Salah satu spot di Gebang Park, sumber : yogyapos.com 

2. Taman Pintar

Berbicara mengenai wisata edukasi tidak lengkap jika tidak menyertakan Taman Pintar. Pasalnya sebagai museum sains pertama di Jogja, disana terdapat berbagai macam fasilitas pembelajaran. Namun karena dikemas menjadi tempat rekreasi, kesan menarik tentu didapatkan. 

Kunjungan anda bersama keluarga akan terasa termanjakan dengan berbagai wahana yang disiapkan. Taman pintar memiliki berbagai wahana seperti gedung oval, science theater, wahana bahari, kampung kerajinan, planetarium dan masih banyak lagi.

3. History Of Java

Banyak orang yang merasa tak minat berkunjung ke museum karena kesan menjenuhkan dari apa yang tersimpan disana. Disisi lain kemajuan teknologi telah memberi kemudahan dalam mendapatkan informasi khususnya terkait dengan sejarah. Namun untuk museum History Of Java, anda akan mendapatkan sensasi berbeda tentang museum disana.

Selain menyimpan sejarah yang didominasi tentang cerita Mataram, museum ini telah mengaplikasikan berbagai macam kemajuan teknologi. Selain akan menemukan teknolgi Augmented Reality, disana anda juga akan menemukan hal lain seperti spot foto 3D.

Wisata edukasi Jogja salah satunya museum History Of Java, sumber : historyofjavamuseum.com
Salah satu spot di museum History Of Java, sumber : historyofjavamuseum.com

4. Sindu Kusuma Edupark

Destinasi yang lebih dikenal dengan nama SKE ini memiliki beragam wahana edukasi. Namun walaupun demikian wahana tersebut telah disesuaikan agar tetap memberi manfaat rekreasi. Saat  berkunjung kesana anda dapat menikmati banyak wahana seperti area ketangkasan, bioskop 4D dan 8D, flying bicycle, waterpark dan masih banyak lagi.

Lokasinya yang berada di Sinduadi Mlati Sleman menjadikan nuansa disana begitu asri. Wisata bersama keluarga pun akan lebih berkesan baik sebagai sarana hiburan dan juga menambah wawasan.

5. Omah Salak

Salah satu potensi yang dimiliki Kota Jogja adalah banyaknya perkebunan salah. Salah satu yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi dan agrowisata adalah Omah Salak. Selain berwisata untuk rekreasi, mengenal seluk beluk tentang varietas salak pondoh dapat dijadikan sarana edukasi. Karena sebagaimana yang diketahui, jenis salak ini memiliki kualitas yang baik.

Destinasi wisata edukasi Jogja yang satu ini berada di atas lahan seluas 27 hektare. Dengan demikian ada banyak hal yang bisa anda lakukan saat mengunjunginya. Dari jalan-jalan menyusuri perkebunan salak, makan salak, outbond dan lain sebagainya.

Dan kabar baiknya selain memiliki koleksi salak pondoh, disana juga ada jenis salak lain yaitu salak Bali hingga salak Gading. Juga telah dikembangkan 14 jenis salak lainnya. Cocok bukan bagi yang suka dunia tanaman?

Referensi diatas hanya sebagian kecil destinasi wisata edukasi di Jogja. Beberapa tempat lain seperti Kids Fun, desa wisata kerajinan kasongan bisa anda jelajahi sendiri untuk mendapatkan informasinya. Tidak perlu khawatir soal fasilitas untuk mengunjungi tempat-tempat itu semua, sarana di Kota Jogja terbilang sudah lengkap.

Wisata edukasi Jogja berikan manfaat rekreasi sekaligus menambah wawasan, sumber : pixabay.com
Kunjungi wisata edukasi akan berikan manfaat rekreasi sekaligus menambah wawasan, sumber : pixabay.com

Jika anda ingin berjalan-jalan mengelilingi Kota Pelajar dan Kota Wisata ini dengan motor, sewa motor di Jogja dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan anda tidak perlu repot berjalan kaki mencarinya, layanan online pun dapat anda gunakan.

Namun bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan lain karena banyak anggota keluarga yang ikut, sebaiknya anda menggunakan sarana lain seperti mobil. Selain mampu menampung banyak penumpang, menggunakan mobil cukup memudahkan dalam mobilitas.

Kota Jogja yang sudah cukup macet akan lebih efektif jika ditembus menggunakan mobil yang tak terlalu besar. Namun semua kembali pada jumlah anggota keluarga yang akan menjadi penumpang.

Kami Siap Dampingi Wisata Anda

Tetapi bagi anda wisatawan yang berasal dari luar Kota Jogja, tentu anda tidak hanya sebatas membutuhkan moda transportasi bukan? Terlebih jika anda belum pernah berkunjung sama sekali, menggunakan jasa orang yang memahami seluk beluk medan pastinya akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kepuasan wisata anda.

Untuk mewujudkan kepuasan berwisata tersebut, kami siap mendampingi anda. Jika anda membutuhkan transportasi mobil, kami memiliki koleksi mobil yang siap digunakan. Baik keperluan sewa mobil saja atau dengan driver, bisa didapatkan di tempat kami.

Kami berharap kunjungan wisata anda di Kota Jogja berjalan lancar dan memberikan kesan yang indah untuk dikenang. Jika anda ingin menyewa sekaligus dengan driver, kami memiliki sopir yang sudah berpengalaman. Semoga perjalanan wisata anda menyenangkan.

Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang paling banyak dipilih untuk berlibur. Daya tarik yang dimiliki kota ini sangatlah beragam. Mulai dari tempat wisata yang memuaskan mata, aneka kuliner murah yang memanjakan lidah, hingga masjid bersejarah yaitu Masjid Gedhe Kauman. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan tanpa takut boros, hendaknya Anda menyimak informasi mengenai budget liburan ke Jogja berikut ini.

Untuk menikmati waktu liburan di Jogja sebenarnya tidak memerlukan biaya yang besar. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan transportasi dan akomodasi yang harus menyesuaikan dengan budget. Meski begitu, Anda tidak perlu takut mendapatkan kualitas liburan yang tidak memuaskan sebab Jogja menyediakan banyak pilihan tempat wisata dan kuliner yang bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Ada banyak pilihan transportasi yang dapat Anda naiki jika hendak ke kota Yogyakarta. Misalnya seperti naik kendaraan pribadi, mobil atau bus travel, kereta api, dan pesawat terbang. Namun, jika budget yang Anda miliki cukup minim, maka Anda harus menentukan dengan teliti jenis kendaraan apa yang sesuai dengan rencana pengeluaran yang telah Anda tentukan.

Budget Liburan Ke Jogja Naik Kereta Api

Budget liburan ke Jogja dengan naik kereta api. Sumber: bisnis.com
Budget liburan ke Jogja dengan naik kereta api. Sumber: bisnis.com

Sebagian besar wisatawan menggunakan jasa transportasi kereta api untuk menuju ke Jogjakarta sebab harga tiketnya terhitung terjangkau. Selain itu, dengan menggunakan jasa kereta api, Anda dapat menggunakan waktu perjalanan untuk beristirahat. Untuk mengecek daftar harga tiket kereta api, Anda dapat mengunjungi website penyedia layanan booking tiket kereta api.

Selain budget tiket kereta api, Anda juga harus memperhitungkan biaya-biaya yang akan dikeluarkan ketika berada di Jogja. Diantaranya adalah budget penginapan, makanan, transportasi, biaya yang dikeluarkan ketika mengunjungi tempat wisata, dan lain sebagainya.

1. Budget Penginapan

Ilustrasi homestay murah. Sumber: trip.com
Ilustrasi homestay murah. Sumber: trip.com

Dalam memilih tempat penginapan saat berada di Jogja, yang perlu diperhatikan adalah harga yang ditawarkan dan lokasi tempat penginapan itu sendiri. di Jogja terdapat beberapa jenis penginapan yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti hotel dan guest house atau homestay. Untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan, hendaknya Anda memilih untuk menginap di penginapan guest house.

Salah satu penyedia penginapan murah di Jogja adalah Calathea Homestay. Penginapan ini mematok harga mulai dari 40 ribu per malam. Satu kamar yang disewa bisa ditempati maksimal untuk dua orang. Lokasi penginapan tidak begitu jauh dari Malioboro dan Halte Trans Jogja. Meski lokasinya tidak berada di jalan raya, tetapi untuk harga yang murah dengan fasilitas yang cukup tentu ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin menghemat budget liburan ke Jogja.

Perkiraan budget penginapan selama 3 malam: 3 x Rp. 40.000,- = Rp. 120.000,-

2. Budget Kuliner Jogja

Kuliner di Jogjakarta. Sumber: kompas.com
Kuliner di Jogjakarta. Sumber: kompas.com

Liburan ke Jogja tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba aneka kuliner yang ditawarkan disana. Disisi lain Anda tidak bisa asal memilih kuliner dengan budget yang terbatas. Untuk itu, Anda perlu mencari deretan makanan yang terkenal di Jogja namun dengan harga yang terjangkau.

Pada umumnya, selama di Jogja Anda bisa menikmati makanan enak dengan harga berkisar 15 hingga 20 ribu per porsi. Biasanya makanan ini Anda temui di pinggir-pinggir jalan. Contoh kuliner terkenal yang biasa dijual di pinggir jalan adalah angkringan.

Anda dapat memilih aneka jenis lauk dengan harga yang murah namun tetap memuaskan. Selain budget makan, Anda juga perlu menyiapkan budget jajan yang mana budget ini dikeluarkan ketika Anda ingin mencicipi kuliner lain diluar sarapan, makan siang dan makan malam.

Perkiraan budget makan 9 kali: 9 x Rp. 15.000 = Rp.135.000,-

3. Budget Berkunjung ke Tempat Wisata Jogja

Tempat wisata yang cocok dengan budget liburan ke Jogja. Sumber: okezone
Tempat wisata yang cocok dengan budget liburan ke Jogja. Sumber: okezone

Selain kedua budget liburan ke Jogja yang sudah disebutkan sebelumnya, budget untuk pergi ke tempat wisata juga perlu disiapkan. Apalagi jika Anda memang memiliki rencana untuk pergi ke tempat wisata tertentu. Ada baiknya sebelum berangkat, Anda sudah menyiapkan daftar tempat-tempat wisata dengan biaya tiket masuk yang terjangkau untuk dijadikan destinasi wisata selama Anda di Jogja.

Salah satu tempat wisata yang sering didatangi turis lokal maupun luar negeri adalah pantai. Pantai-pantai yang ada di Jogja bisa jadi pilihan bagi Anda untuk menghabiskan masa liburan. Diantara pantai yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Trisik, Pantai Parangkusumo, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke pantai, Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk yang kisaran harganya sekitar Rp. 2.000,- hingga Rp. 10.000,- per orang.

Bagi Anda yang memilih pergi ke tempat yang lebih sejuk, Hutan Pinus Mangunan bisa jadi pertimbangan Anda. Harga tiket masuknya pun cukup murah. Satu orang akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- per orang.

4. Budget Transportasi

Ketika memilih untuk liburan ala backpacker, Anda harus siap untuk menggunakan jenis transportasi umum. Jenis transportasi umum yang disediakan di Jogja adalah Trans Jogja. Biaya yang harus dikeluarkan untuk satu kali trip (single trip) sebesar Rp. 3.500,- per orang.
Pilihan transportasi lainnya adalah dengan menyewa kendaraan bermotor.

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari jasa sewa motor di Jogja sebab ada banyak sekali tempat rental motor yang menyediakan aneka jenis motor yang Anda butuhkan. Dengan menyewa sepeda motor tentunya akan lebih memudahkan Anda untuk pergi ke tempat tujuan dibandingkan dengan naik kendaraan umum yang waktu kedatangannya tidak menentu.

Sewa motor di Jogja. Sumber: google.com
Sewa motor di Jogja. Sumber: google.com

Harga sewa motor di Jogja juga sangat ramah kantong. Untuk satu sepeda motor Honda Vario dapat disewakan dengan harga Rp. 70.000,- hingga Rp. 75.000,- per harinya. Penyewaan motor tersebut sudah termasuk dengan dua buah helm dan jas hujan sebagai pelengkapnya.

Perkiraan budget transportasi sewa motor: 3 hari x Rp. 70.000 = Rp. 210.000,-

Demikianlah tadi ulasan singkat mengenai budget liburan ke Jogja yang dapat menjadi acuan bagi Anda yang berencana untuk melancong ke Jogjakarta. Apabila Anda membutuhkan tempat penyewaan motor murah yang ada di Jogja, Anda bisa percayakan kepada Almoreno Transport. Segera hubungi kontak WhatsApp kami untuk informasi lebih lanjut.

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Merapi? Gunung berapi yang masih aktif ini merupakan ikon dari Yogyakarta. Anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa di sekitar kaki Gunung Merapi. Apalagi saat ini sudah dibuka wisata baru yang sedang populer, yakni Lava Tour Merapi.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Lava Tour Merapi? Lava Tour Merapi merupakan sebutan untuk wisata berkeliling di sekitar kawasan Gunung Merapi yang terdampak erupsi tahun 2010 lalu. Dahsyatnya erupsi Merapi tahun 2010 meninggalkan sisa-sisa letusan yang menarik untuk dikunjungi.

Tur yang dimaksud dalam wisata ini adalah berkeliling kawasan tersebut dengan menggunakan mobil jeep. Nantinya wisatawan akan mengunjungi beberapa titik lokasi yang menjadi saksi bisu akan dahsyatnya erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu.

Wisata Lava Tour Merapi, Sumber: teras.id
Wisata Lava Tour Merapi, Sumber: teras.id

Rute Menuju Kawasan Gunung Merapi

Jika Anda pergi berlibur ke Jogja, kurang lengkap rasanya jika tidak mengikuti wisata Lava Tour ini. Area Lava Tour Merapi ini terletak di kawasan Kaliurang dan Kaliadem. Lokasi tersebut berada di Kecamatan Cangkringan dan Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda berada di pusat kota, maka akan mudah menuju ke kawasan Tour Merapi ini. Anda hanya perlu menuju arah utara ke Jalan Kaliurang. Untuk menikmati wisata yang satu ini, disarankan Anda mengunjunginya saat musim kemarau.

Hal ini dikarenakan Anda bisa menikmati keindahannya secara maksimal. Namun perlu diingat juga bahwa Gunung Merapi statusnya aktif, jadi juga perlu memperhatikan kondisinya. Jika kondisi Gunung Merapi sedang tidak stabil, maka tidak disarankan berada di area ini.

Kegiatan Wisata Gunung Merapi

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan ketika berada di disini. Berbagai aktivitas tersebut tentu saja akan membuat Anda senang dan enggan untuk pulang. Pasalnya pemandangan di sekitar Gunung Merapi sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan disini.

1. Keliling Menggunakan Jeep

Keliling menggunakan jeep di kawasan Gunung Merapi merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dicoba. Apalagi jika Anda memiliki jiwa petualang, maka wajib sekali untuk menyewa jeep dan berkeliling kawasan Gunung Merapi.

2. Melihat Bunker Kaliadem

Disini Anda juga bisa melihat dan mengunjungi bunker Kaliadem. Dulunya, kawasan Kaliadem ini sangat asri. Namun ketika erupsi terjadi, kawasan ini berubah jadi area yang dipenuhi dengan pasir. Anda juga bisa melihat sebuah bunker yang didirikan untuk tempat berlindung ketika erupsi Merapi terjadi. 

Museum Mini Sisa Hartaku, Sumber: kompasiana.com
Museum Mini Sisa Hartaku, Sumber: kompasiana.com

3. Menikmati Keindahan Sunrise

Anda bisa datang ke Lava Tour Merapi saat dini hari, dimana matahari belum muncul. Hal ini dikarenakan Anda bisa melihat langsung matahari terbit dari kawasan Gunung Merapi. Keindahan sunrise akan Anda rasakan ketika berkunjung ke sini.

4. Melihat Mini Museum Sisa Hartaku

Saat berada di kawasan Gunung Merapi, Anda juga bisa melihat langsung Mini Museum Sisa Hartaku. Museum ini merupakan sisa-sisa dari erupsi tahun 2010 yang sangat dahsyat. Disini Anda bisa menjumpai kerangka sepeda motor, berbagai peralatan dapur yang rusak dan diselimuti abu, hingga kerangka hewan peliharaan.

Fasilitas di Lava Tour Merapi

Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Lava Tour Merapi ini. Berikut berbagai fasilitas yang ada di kawasan Tour Merapi yang bisa Anda rasakan, diantaranya meliputi:

  • Adanya tempat persewaan mobil jeep yang siap membawa Anda bersama rombongan untuk menyusuri kawasan Gunung Merapi. Anda bisa memilih berbagai jenis paket yang telah tersedia untuk menikmati keindahan Gunung Merapi tersebut.
  • Mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Merapi. Misalnya saja seperti batu alien dan juga stonehenge.
  • Melakukan manuver air di Kali Kuning dengan menggunakan jeep yang telah disewa. Bagi pecinta alam yang suka menguji adrenalin, fasilitas ini sangat cocok dicoba.
  • Mengunjungi dan melihat langsung sisa-sisa erupsi Merapi di tahun 2010 lalu. 

Tarif dari Wisata Lava Tour Merapi

Anda bisa menikmati keindahan wisata alam Jogja ini sejak dini hari. Pasalnya Lava Tour Merapi beroperasional sejak jam 04.30 WIB. Anda bisa menikmati berwisata keliling Gunung Merapi hingga maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Ada beberapa pilihan paket wisata dari Tour Merapi yang bisa Anda pilih. Mulai dari paket Sunrise Trip hingga Super Long Trip. Dimana dalam 1 trip tersebut terdiri dari 4 orang wisatawan. Untuk lama durasinya juga berbeda-beda, tergantung jenis paket apa yang Anda pilih. Berikut informasi terkait jenis paket Lava Tour Merapi:

  • Sunrise Trip. Jenis paket yang satu ini memiliki tarif 450 ribu rupiah per jeep. Bisa digunakan untuk 4 orang dengan durasi 3 jam.
  • Short Trip. Paket selanjutnya adalah Short Trip, paket ini berdurasi 1 hingga 1,5 jam. Untuk kapasitasnya, bisa digunakan 4 orang. Tarif dari paket ini adalah 350 ribu rupiah per jeep.
  • Medium Trip. Untuk durasi dari Medium Trip adalah 2 jam, dengan tarif 450 ribu rupiah per jeep. Kapasitas dari jenis paket ini adalah 4 orang.
  • Long Trip. Tarif dari paket Long Trip ini berada di harga 550 ribu rupiah per jeep. Durasi yang bisa dinikmati dari paket ini adalah 2 hingga 2,5 jam. Kapasitas yang bisa mengikuti paket Long Trip adalah 4 orang.
  • Super Long Trip. Sama dengan paket yang lainnya, jenis paket ini memiliki kapasitas 4 orang. Durasi yang bisa Anda nikmati menggunakan paket ini adalah 3 hingga 3,5 jam. Biaya yang Anda keluarkan untuk paket Super Long Trip adalah 650 ribu rupiah per jeep.
Keindahan Gunung Merapi, Sumber: phinemo.com
Keindahan Gunung Merapi, Sumber: phinemo.com

Itulah tadi informasi terkait Lava Tour Merapi yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik wisata di kawasan Gunung Merapi tersebut? Jangan khawatir, Almoreno Transport memiliki paket wisata adventure yang siap membawa Anda menyusuri keindahan Gunung Merapi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait paket wisata dan rental berbagai kendaraan, Anda bisa menghubungi kami. Almoreno transport dengan senang hati menjadi partner terbaik Anda saat berwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda mengunjungi Yogyakarta untuk berlibur, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke Goa Pindul. Goa indah yang cantik ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Desa Bejiharjo ini terletak di kawasan yang didominasi oleh bebatuan.

Jika Anda dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju Desa Bejiharjo melalui jalan Wonosari. Ada berbagai pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menggunakan motor, mobil, dan kendaraan lainnya. Apabila Anda datang ke Yogyakarta tidak menggunakan transportasi pribadi, maka Anda bisa menyewa kendaraan.

Anda bisa menyewa berbagai mobil di Almoreno Transport untuk menemani perjalanan wisata Anda di Jogja. Ada berbagai pilihan mobil yang bisa Anda pilih. Mulai dari Avanza, Xenia, Hiace, hingga ELF. Sesuaikan saja sendiri dengan apa yang Anda inginkan.

Wisata Goa Pindul, Sumber: jejak-kenzie.blogspot.com
Wisata Goa Pindul, Sumber: jejak-kenzie.blogspot.com

Rute Menuju Goa Pindul

Yogyakarta terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Selain jejeran pantai di Gunungkidul, salah satu wisata alam Jogja yang populer bagi wisatawan adalah Goa Pindul. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke goa ini sekitar 60 kilometer. Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan motor, mobil, maupun kendaraan lainnya.

Jika posisi Anda sudah berada di kawasan Gunungkidul, maka akan lebih mudah menuju kesana. Misalnya saja Anda sudah berada di area Pantai Krakal, Pantai Baron, dan sekitarnya, maka Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 13 kilometer lagi.

Anda bisa menuju arah utara dari kawasan Pantai Krakal tersebut. Setelah menempuh akses yang berkelok-kelok dan naik-turun, Anda akan masuk ke Desa Bejiharjo. Ketika Anda sudah memasuki desa tersebut, maka Anda sudah berada di kawasan Goa Pindul.

Kegiatan di Goa Pindul

Ketika Anda mengunjungi Goa Pindul, Anda akan menyusuri goa dengan menaiki ban pelampung. Anda akan menyusuri goa dengan melewati aliran sungai bawah tanah yang ada di dalam goa. Kegiatan susur goa ini dinamakan dengan istilah cave tubing

Ketika Anda melakukan kegiatan cave tubing, Anda tidak perlu takut dan khawatir. Pasalnya Anda akan dilengkapi dengan pelampung badan. Sehingga kegiatan wisata yang satu ini akan tetap aman dan terkendali. 

Karena di dalam goa sempit dan hanya bisa dilewati 1 ban pelampung saja, maka nantinya wisatawan akan melewatinya secara bergantian. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk menyusuri goa. hal ini dikarenakan, Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter dengan lebar 5 meter.

Lahan parkir di sekitar goa, Sumber: lestelita.com
Lahan parkir di sekitar goa, Sumber: lestelita.com

Fasilitas Wisata

Apabila Anda mengunjungi destinasi wisata Jogja yang populer ini, maka Anda akan disuguhi dengan berbagai fasilitas lengkap. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlama-lama di wisata alam yang satu ini. Berikut beberapa fasilitas wisata di Goa Pindul yang perlu Anda ketahui.

1. Lahan Parkir

Anda tidak perlu bingung-bingung mencari tempat parkir, pasalnya disini sudah disediakan lahan parkir. Lahan parkir di sekitar goa ini cukup luas, sehingga bisa menampung kendaraan-kendaraan para wisatawan.

2. Tempat Penitipan Barang

Disini juga ada tempat penitipan barang yang bisa Anda gunakan. Jadi Anda tidak bingung lagi jika ingin meletakkan berbagai barang bawaan seperti baju ganti dan lain sebagainya.

3. Mushola

Untuk wisatawan muslim yang berkunjung ke sini tidak perlu khawatir jika ingin sholat. Pasalnya terdapat mushola yang bersih untuk Anda menunaikan sholat. Meskipun sedang berwisata, mendirikan sholat tepat waktu tetap harus dilakukan oleh seorang muslim 

4. Kamar Mandi

Fasilitas di Goa Pindul juga lengkap dengan kamar mandi dan toilet. Jadi jika Anda ingin bersih-bersih setelah menyusuri goa, maka bisa menggunakan kamar mandi ini.

5. Ruang Ganti

Setelah bermain air dan basah-basahan, tentu saja Anda ingin berganti baju bukan? Jangan khawatir, pasalnya disini terdapat fasilitas ruang ganti yang nyaman dan bersih.

Biaya Masuk

Wisata alam Jogja ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 – 19.00 WIB. Meskipun kegiatan pariwisata sudah pulih kembali dan masyarakat sudah boleh melakukan perjalanan wisata, namun Anda tidak boleh lalai. Virus covid 19 masih ada, jadi Anda tetap dianjurkan untuk memperhatikan protokol kesehatan. 

Untuk biaya masuk ke lokasi wisata sekitar 40 ribu rupiah bagi orang dewasa. Untuk anak-anak usia 1 hingga 5 tahun akan kena biaya sekitar 20 ribu rupiah. Biaya masuk bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dengan situasi dan kondisi tempat wisata.

Selain biaya masuk, terdapat biaya retribusi yang perlu dibayarkan setiap orang. Untuk biaya retribusi tersebut cukup terjangkau, yakni 10 ribu rupiah setiap orang. Bagaimana, wisata ke salah satu tempat indah di Jogja sangat terjangkau bukan?

Keindahan di Goa Pindul, Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id
Keindahan di Goa Pindul, Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Waktu Terbaik Datang ke Goa Pindul

Jika Anda ingin pergi wisata ke Goa Pindul, maka perlu memperhatikan waktu terbaiknya. Sebaiknya Anda datang di waktu terbaik untuk mendapatkan pengalaman cave tubing yang berkualitas. Kapan itu waktu terbaik mengunjungi goa yang indah di Jogja ini? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Datang saat weekdays. Anda disarankan untuk datang ke Goa Pindul saat hari biasa. Maksudnya adalah diluar hari libur akhir pekan. Hal ini untuk menghindari ramainya pengunjung yang datang. Hal ini dikarenakan weekend merupakan hari yang akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.
  • Datang menjelang siang hari. Jam terbaik untuk berkunjung ke goa ini adalah menjelang siang hari. Sekitar jam 10 hingga 12 siang, Anda akan melihat keindahan goa vertikal yang cahaya matahari akan masuk melalui lobang di atasnya.
  • Datang saat tanggal muda. Anda bisa mengunjungi goa ini saat tanggal muda atau awal bulan. Berkisar dari tanggal 1 hingga tanggal 10. Uniknya, sekitar tanggal tersebut pengunjung yang datang tidak banyak. Jadi Anda bisa menikmati keindahan goa tanpa diganggu banyak wisatawan.

Itulah berbagai informasi yang perlu Anda ketahui dari wisata Goa Pindul. Jika Anda ingin pergi ke berbagai wisata di Jogja dengan ditemani Almoreno Transport juga bisa. Ada paket wisata Jogja 1 hari yang bisa Anda pilih.

Untuk informasi lebih detail terkait paket tersebut, Anda bisa menghubungi kami. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kami untuk menanyakan perihal ketersediaan mobil yang ingin Anda sewa. Mau wisata mudah dan nyaman di Jogja? Almoreno Transport solusinya!