Selain Pantai Klayar, Ini 7 Destinasi Wisata Pacitan yang Istimewa!
Destinasi wisata pacitan, Sumber: tripadvisor.com

Ketika berwisata ke Pacitan, tentu pantai Klayar merupakan destinasi bisa jadi menjadi destinasi utama untuk dikunjungi. Pasalnya, Pantai Klayar seolah telah menjadi simbol destinasi wisata Pacitan dengan segala daya tarik yang dimiliki. Terlebih, dengan paduan air laut yang biru serta pasir nan putih memang sangat mempesona.

Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata Pacitan untuk keluarga yang bisa dijadikan ide liburan. Dengan kondisi alam yang meliputi dataran rendah, perbukitan, serta pantai, maka banyak ditemukan berbagai destinasi wisata alam yang begitu mengesankan. 

Kira-kira apa saja destinasi wisata Pacitan terbaru, hits, dan seru yang harus dikunjungi saat berlibur ke Pacitan? Simak selengkapnya!

Fakta Menarik Seputar Pacitan

Kota Pacitan, Sumber: detik.com
Kota Pacitan, Sumber: detik.com

Kota yang terletak di Jawa Timur ini dikenal dengan kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Pacitan terletak di pesisir selatan Jawa Timur, sehingga terdapat banyak wisata pantainya. Ada beberapa fakta menarik mengenai Pacitan, selain pariwisatanya juga ada yang terkait dengan sejarah Indonesia.

Beberapa fakta menarik tentang Kota Pacitan yang juga menjadi daya tarik tersendiri diantaranya adalah:

  • Pacitan memiliki goa sekitar sebanyak 105 gua, sehingga dikenal dengan sebutan Kota Seribu Gua
  • Menjadi salah satu saksi rute yang dilewati oleh Jendral Soedirman saat melakukan perang Gerilya
  • Memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dapat memasok listrik di wilayah Jawa Madura Bali (Jamali)
  • Pacitan merupakan kota kelahiran Presiden Republik Indonesia yang ke-6, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono
  • Memiliki pantai yang banyak dan indah
  • Salah satu penghasil batu akik di Indonesia
  • Kota yang memiliki pemandian air panas yang tersebar di beberapa tempat

Itulah beberapa fakta menarik terkait Kota Pacitan yang bisa menambah informasi bagi Anda. Kekayaan sumber dayanya tentu membuat kita bangga akan keberadaan Kota Pacitan sebagai bagian dari Indonesia. 

Semakin menambah keinginan untuk berkunjung ke Kota Pacitan bukan, setelah mengetahuinya? 

Destinasi Wisata Menarik di Pacitan Untuk Liburan yang Berkesan 

Waktu berlibur merupakan kesempatan yang berharga bagi Anda yang memiliki aktivitas padat. Seperti yang telah disinggung di atas, Pacitan merupakan kota menarik yang bisa Anda kunjungi. Terlebih jika Anda menginginkan destinasi wisata di tempat terbuka dan menyatu dengan alam.

Menikmati keindahan alam dan kebersamaan bersama sanak saudara tentu akan memberikan kesan yang menyenangkan selama liburan. Selain itu pasti juga akan semakin mendekatkan antar anggota keluarga maupun pertemanan.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Pacitan, selain pantai Klayar.

1. Gua Gong

Goa Gong Pacitan, Sumber: totabuan.news
Goa Gong Pacitan, Sumber: totabuan.news

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa destinasi wisata di gua pasti berkaitan dengan stalagmit maupun stalaktit. Sebagai informasi, stalaktit dikenal dengan batu tetes yang menggantung dari langit-langit gua. Sedangkan stalakmit adalah pembentukan gua secara vertikal. Stalagmit terletak berada di bawah stalakmit.

Berbeda dengan gua-gua yang lain, Gua Gong memiliki keunikan tersendiri. Pada stalaktit memiliki berbagai macam warna yang indah dan cantik. Bahkan gua ini disebut dengan gua paling indah se Asia. 

Gua yang memiliki panjang 256 meter serta tinggi 20 hingga 30 meter tersebut juga didukung dengan adanya penerangan yang cukup. Karena itu, Anda tetap dapat menikmati keindahannya saat menyusuri di sepanjang gua.

2. Sungai Maron

Sungai Maron merupakan salah satu sungai yang terkenal di Pacitan. Hal ini menjadi wajar karena keindahan sungai Maron sering disebut mirip dengan hutan tropis Amazon. Di sisi kanan kiri sungai dipenuhi dengan pepohonan yang rindang. Sebagian besar merupakan pohon kelapa yang menjulang tinggi dan indah.

Jika kebanyakan sungai dipenuhi dengan sampah, namun di sungai Maron memiliki kebersihan yang terjaga. Dengan ini, wisatawan akan menyusuri sungai dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Tentu ini dapat menjadi opsi liburan baru yang jarang kita temukan, menarik bukan?

3. Pantai Kasap

Pantai yang satu ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Jika Anda memiliki rencana berlibur ke Raja Ampat namun belum kesampaian, Anda dapat berlibur terlebih dahulu ke pantai Kasap. Karena pemandangannya mirip dengan Raja Ampat, maka pantai ini juga disebut dengan Raja Ampat nya Jawa Timur.

Pantainya bersih dan alami disertai dengan birunya air laut. Spot indah pada pantai ini adalah pada bebatuan karang dan pulau-pulau kecil yang ada di tengah-tengah biru air laut dengan warna hijau tumbuh-tumbuhan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat healing dan sangat instagramable.

4. Pantai Banyu Tibo

Seperti namanya, pantai Banyu Tibo merupakan salah satu pantai yang memiliki air terjun atau air yang jatuh. Air terjun pantai ini mengalir deras dan jatuh di pasir, tepat di depan pantai. Berkunjung ke pantai Banyu Tibo akan mendapatkan pemandangan unik yang tidak akan mengecewakan.

Pantai ini juga memiliki banyak spot foto untuk dapat Anda abadikan bersama keluarga. Seperti pemandangan pantainya, air terjun yang unik, serta bebatuan yang estetik. Pasir pantainya pun berwarna putih, sehingga menambah keindahan pantai yang dipadukan dengan birunya air laut. 

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, maka akan dapat berlibur menikmati pantai sekaligus curug. Menyenangkan bukan?

5. Hutan Pinus Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo, Sumber: ik.trn.asia
Hutan Pinus Gemaharjo, Sumber: ik.trn.asia

Wisata Pacitan selain pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Hutan Pinus Gemaharjo. Hutan pinus ini dipenuhi dengan pepohonan pinus di dalamnya. 

Tak hanya itu, tersedia juga spot-spot foto serta fasilitas tempat duduk yang estetik. Selain itu, terdapat pula gardu yang berada di atas pohon, sehingga keindahan hutan dapat terlihat.

Suasana di hutan tersebut sangat sejuk, karena lokasinya yang berada pada perbukitan. Mata pun akan dapat dimanjakan dengan keindahan dan pesona pohon pinus saat berada di tempat ini.

6. Air Terjun Mini, Pantai Ngandul

Pantai Ngandul merupakan salah satu pantai yang unik. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki pasir, pantai ini justru memiliki air terjun yang dipenuhi dengan bebatuan. Tak hanya itu, pantai ini juga dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang banyak menempel pada batu yang menambah keindahannya.

Air terjun pantai ini berukuran lebih kecil dan langsung terhubung dengan pantai. Letak pantai ini sedikit terpencil, sehingga membutuhkan waktu serta tenaga yang lebih untuk dapat mengakses pantai ini. Namun saat Anda sampai di lokasi, tidak akan kecewa dengan keindahan pantainya.

7. Curug Gringsing

Curug atau yang sering disebut dengan air terjun Gringsing ini terletak di kawasan pegunungan.  Curug Gringsing memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki bentuk yang berundak. Bebatuan yang menjadi jalan air pun memiliki bentuk yang indah, sehingga mengalirkan air dengan indah pula. 

Sekeliling curug juga dipenuhi dengan pepohonan yang rindang serta nuansa alam yang alami. Udara disana pun sangat segar, cocok untuk menjadi tempat healing bagi Anda dan keluarga. Anda juga dapat bermain air di bawah curug menikmati sejuknya air curug.

Demikianlah beberapa destinasi wisata rekomendasi Almoreno yang ada di Pacitan. Akan sangat menyenangkan jika Anda berlibur ke tempat tersebut bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda menggunakan mobil wisata yang tepat. Dengan begitu, liburan Anda akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Liburan Menyenangkan di Pacitan Bersama Almoreno

Almoreno Transport
Almoreno Transport

Beberapa destinasi wisata Pacitan yang dibahas di atas bisa menjadi ide wisata yang menarik bersama keluarga. Nah, jika Anda ingin liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan, Almoreno menawarkan layanan sewa Hiace Jogja, sekaligus jasa paket wisata.

Tentu, dengan layanan yang lengkap, Anda pun tidak perlu repot untuk menyiapkan keberangkatan. Terlebih, jika Anda ingin berwisata bersama keluarga besar yang biasanya memerlukan persiapan lebih. 

Selain itu, kami senantiasa menyediakan sopir yang ahli dan berpengalaman. Dengan kemampuan berkendara yang profesional, tentu perjalanan wisata senantiasa bisa dinikmati dan masalah mabuk kendaraan pun bisa dihindari!

About Author

client-photo-1
Rohadi Apri

Comments

Tinggalkan Balasan