Libur Maulid Nabi 2023, Ini Destinasi Wisata Sekitar Jogja yang Cocok Dikunjungi!
Destinasi wisata libur maulid nabi, Sumber: duniatraveling.co.id

Libur Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 28 September pada kalender 2023 nanti merupakan momen yang paling dinantikan masyarakat muslim. Selain merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, momen ini kerap dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga mengunjungi tempat-tempat wisata religi.

Kegiatan tersebut tidak hanya mempererat hubungan dengan keluarga, tapi juga pada Sang Pencipta. Yang mana saat berkunjung ke tempat wisata muslim, secara tidak langsung diperlihatkan kebesaran-Nya yang akan membuat semakin bersyukur menjadi pemeluk agama Islam.

Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa destinasi di sekitar Jogja yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga sebagai referensi liburan Maulid nanti.

Rekomendasi Tempat Wisata Jogja dan Sekitarnya untuk Liburan Maulid Nabi

Saat libur maulid nabi nanti, beberapa tempat wisata berikut bisa menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Kampung Kauman

Wisata ke Kampung Kauman di Jogja, Sumber: promediateknologi.id
Wisata ke Kampung Kauman di Jogja, Sumber: promediateknologi.id

Kampung Kauman adalah paket komplit untuk wisata keluarga. Pasalnya, di sini ada banyak destinasi wisata menarik dengan nuansa Islami yang cukup kental. 

Beberapa yang sering dikunjungi wisatawan yakni Masjid Gedhe Kauman dengan arsitektur khas bergaya Jawa, Pejagan/Tepang Keprajuritan, Pagongan, Monumen Syuhada Fii Sabilillah, TK ABA Muhammadiyah, Musala ‘Aisyiyah, serta Langgar Dhuwur.

Setelah puas menjejaki seluruh area kampong, Anda bisa berburu kuliner sore di Pasar Kauman legendaris yang menyediakan aneka jajanan nikmat.

  • Alamat: Gg. KH. Zamhari, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • Telepon: 085161813489
  • Jam operasional: 8.30-17.00
  • HTM: Rp 5.000/orang

2. Dusun Mlangi

Rekomendasi wisata Dusun Mlangi menjadi saksi penyebaran agama Islam, peribadatan sekaligus peradabannya. Tempat ini juga terkenal sebagai lokasi rujukan studi Islam oleh para mahasiswa asing, pendeta hingga pastor.

Di samping itu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama di dusun ini. Mulai dari mengunjungi Masjid Pathok Negara, Pesantren Assalafiyyah, serta Makam Kyai Nur Iman selaku pendiri masjid dan pesantren tersebut.

  • Alamat: Jl. Masjid Patok Negoro Mlangi, Mlangi, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592
  • Telepon: –
  • Jam operasional: 24 jam 
  • HTM: –

3. Pondok Pesantren Al-Munawwir

Salah satu pondok pesantren populer di daerah Jogja yang sudah melahirkan banyak ulama besar ini bisa Anda jadikan sebagai destinasi selanjutnya.

Ya, Pondok Pesantren Al-Munawwir yang didirikan Al-Munawwir, seorang muslim dengan keilmuan agama yang luar biasa serta berjasa dalam mengajar ngaji masyarakat sekitar ini akan membawa Anda dalam suasana Islam yang begitu meneduhkan hati.

Saat berkunjung ke sini bersama anak, Anda bisa sekaligus mengenalkan budaya santri kepada si kecil. Selain itu, Anda juga bisa mengenal sejarah penyebaran dan peradaban Islam dari ponpes ini.

Benar sekali, tidak jauh dari pesantren di sebelah selatan, terdapat bangunan bersejarah Panggung Krapyak yang merupakan situs peninggalan pada zaman Mataram Islam.

  • Alamat: Jl. KH. Ali Maksum No. 381, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141
  • Telepon: 081578745873
  • Jam operasional: Siang Hari
  • HTM: –

4. Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Islam

Makam Raja-Raja Mataram Islam, Sumber: tagar.id
Makam Raja-Raja Mataram Islam, Sumber: tagar.id

Seperti namanya, ini adalah tempat dimakamkannya para raja semasa Kerajaan Mataram Islam abad ke-16. Ini adalah salah satu tempat bersejarah di Jogja yang masih terjaga keasriannya hingga saat ini. 

Arsitektur makam memiliki ciri khas masa itu. Menariknya, sampai kini tidak ada perubahan. Selain itu, lokasinya yang berada di atas bukit memberikan kesenangan tersendiri bagi wisatawan. Pemandangannya pun begitu asri dan mengagumkan untuk memanjakan mata.

  • Alamat: Sayangan, Jagalan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55192
  • Telepon: –
  • Jam operasional: 10.00-16.00
  • HTM: –

5. Taman Sari

Berkunjung ke Taman Sari saat libur Maulid Nabi juga bisa jadi opsi yang menarik. Ya, pasalnya, di tempat ini kerap diadakan beberapa acara spesial dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Arsitektur unik dari bangunan menjadi alasan tempat bersejarah ini banyak dikunjungi. Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang hanya untuk berburu fotogenic dengan latar belakang bangunan kuno yang unik.

Di balik keindahan tersebut, bangunan Taman Sari menyimpan filosofi yang mendalam tentang Islam. Bahkan, dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat sholat berjamaah umat muslim.

  • Alamat: Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55133
  • Telepon: –
  • Jam operasional: 9.00-15.00
  • HTM: Rp 5.000/orang

6. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Ingin liburan ke luar kota Jogja namun waktu liburan terbatas? Tak perlu khawatir, Anda bisa memilih Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo sebagai destinasi yang tepat.

Selain menikmati keindahan arsitektur masjid yang cantik bergaya Jawa dan Eropa dan suasana tenang ibadah di dalamnya, Anda juga bisa sekaligus mengitari tempat wisata lain di daerah tersebut. Kunjungan wisata ke beberapa tempat seperti ini juga cocok dilakukan saat libur nasional 2023.

Nah, di balik keindahan arsitektur tersebut, ternyata masjid bersejarah ini berusia ratusan tahun karena sudah berdiri sejak zaman Mangkunegara tahun 1795.

  • Alamat: Jl. Kartini No.3, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132
  • Telepon: 0271634648
  • Jam operasional: 09.00-15.00
  • HTM: –

7. Gunung Tidar

Memanfaatkan waktu libur maulid Nabi dengan berwisata ke Gunung Tidar, Sumber: kompas.com
Memanfaatkan waktu libur maulid Nabi dengan berwisata ke Gunung Tidar, Sumber: kompas.com

Satu lagi destinasi yang bisa jadi referensi saat libur maulid nabi nanti, yaitu Gunung Tidar yang berada di tengah Kota Magelang. Tentu, destinasi wisata ini bisa menjadi opsi setelah puas berkunjung ke beberapa tempat di Jogja. 

Berbeda dengan gunung lainnya di Magelang, Gunung Tidar lebih menyerupai bukit sehingga tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak. Selama menanjak, kawasan gunung akan memanjakan mata dengan pemandangan cantik nan sejuk. 

Selain menikmati keindahan alam ciptaan Allah SWT, Anda bisa melakukan ziarah ke makam tokoh penyebar agama Islam di Magelang.

  • Alamat: Magersari, South Magelang, Magelang City, Central Java
  • Telepon: –
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp 3.000/orang

Beberapa poin di atas adalah ragam destinasi wisata menarik yang bisa Anda jadikan pertimbanan liburan. Rayakan Maulid Nabi 2023 ini dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata religi yang Anda inginkan. 

Untuk membuat suasana liburan bersama keluarga semakin santai dan bebas lelah, Anda bisa  rental Hiace Jogja dari Almonero Transport sebagai opsi transportasi terbaik. Kapasitas mobil yang besar akan perjalanan tetap nyaman. Kondisi kendaraan pun selalu prima sehingga Anda sekeluarga terjamin aman.

Bersama Almoreno Transport wujudkan impian Anda jalan-jalan bersama keluarga ke berbagai tempat wisata di Jogja dan sekitarnya pada saat libur Maulid Nabi tiba!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan