Perbedaan HiAce Premio dan Commuter, Pilih Mana untuk Liburan?
Rental toyota hiace, Sumber: way.com

HiAce Premio dan Commuter sering menjadi pilihan utama para wisatawan yang ingin sewa mobil untuk kebutuhan rombongan. Di samping perbedaan HiAce Premio dan Commuter dari segi kapasitas, keduanya menawarkan kenyamanan terbaik untuk kebutuhan perjalanan jauh. 

Kabin yang lega dengan fitur-fitur terbaik di dalamnya akan membuat perjalanan semakin menyenangkan dan tenang. Selain itu, harga sewa untuk kedua mobil ini masih cukup affordable dibandingkan kenyamanan yang ditawarkan.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk sewa salah satu tipe mobil HiAce ini, pertimbangkan terlebih dahulu perbedaan keduanya.

Perbedaan HiAce Premio dan Commuter, Apa Saja?

Dengan selisih harga mobil hingga 80 jutaan, HiAce Premio dan Commuter memiliki sejumlah perbedaan yang mencolok. Dengan mempertimbangkan beberapa perbedaan berikut, nantinya Anda bisa menentukan pilihan mobil yang sesuai kebutuhan rombongan. 

1. Commuter Lebih Banyak Kursi

Kapasitas kursi, Sumber: tourjapan.co.id
Kapasitas kursi, Sumber: tourjapan.co.id

Jumlah kursi adalah aspek yang paling penting dalam menentukan pilihan armada minibus. Kelebihan HiAce Commuter salah satunya memiliki lebih banyak kursi dibandingkan HiAce Premio, yakni muat hingga 16 orang, dengan konfigurasi 3-3-3-4 untuk baris kursi penumpang.

Kapasitas mobil HiAce Commuter tersebut cukup padat dengan dimensi panjang 5,3 x lebar 1,8 meter. Sementara HiAce Premio memiliki dimensi 5,9 x 2 meter dengan konfigurasi duduk bawaan yakni 2-2-2-2-4 alias 12 kursi.

Kursi yang terbatas dengan dimensi lebih luas merupakan pilihan tepat untuk Anda yang mengedepankan kenyamanan. Menariknya, jasa sewa HiAce Premio juga menawarkan konfigurasi kursi tambahan menjadi 14 untuk mengangkut lebih banyak penumpang sekaligus menguntungkan penyewa.

2. Fasilitas Interior Premio Lebih Lengkap

Kapasitas kursi mungkin kalah unggul, namun Premio memiliki fitur interior yang lebih lengkap. Head unit yang tersedia membuat penumpang depan lebih leluasa mengubah pengaturan untuk kenyamanan maupun hiburan bagi penumpang di belakang.

Penambahan sejumlah fitur canggih yang tidak dimiliki HiAce Commuter pun bisa Anda temukan pada Premio, seperti fitur untuk memantau informasi penting hingga tilt-telescopic untuk memastikan setir menyesuaikan kenyamanan pengemudi.

Beberapa fasilitas interior lain yang menjadi kelebihan HiAce Premio yakni tempat kacamata, tempat penyimpanan memanjang di atap serta di samping sopir. 

3. Hidung pada Premio Memiliki Keunggulan

Dari segi penampilan luar, perbedaan HiAce Premio dan Commuter begitu terlihat pada bagian depan. HiAce versi premium memiliki “hidung” yang membuatnya tampak stylish untuk akomodasi liburan keluarga.

Bukan sekadar mempercantik tampilan, melainkan sebagai tempat penyimpanan mesin. Tidak seperti HiAce Commuter yang menyimpan mesin di bawah jok penumpang, mesin HiAce Premio sudah dirancang pada bagian depan guna meningkatkan kesenyapan kabin dan tidak panas.

4. Ban Commuter Lebih Kecil, Tapi Tetap Bertenaga

Ukuran ban mobil, Sumber: amazonaws.com
Ukuran ban mobil, Sumber: amazonaws.com

Sebagaimana yang kami sebutkan sebelumnya perihal dimensi mobil, di mana dimensi HiAce Premio lebih luas, maka tidak heran jika ban yang digunakan lebih besar dibanding HiAce Commuter. Disertai dengan sistem pengereman yang bagus, didukung 4 bua disc brake.

Begitupun dengan Commuter yang mana sistem pengeremannya mengedepankan kenyamanan penumpang dengan sistem rem Ventilated Disc Brake With Floating Caliper 1-Cylinder. Sementara di belakangnya masih menggunakan sistem rem Leading-Trailing Drum Brake.

5. Beda Mesin, Beda Performa dan Konsumsi BBM

Minibus HiAce Premio maupun Commuter sama-sama bandel ketika diajak menjelajah ke berbagai medan jalanan. Hanya saja, keduanya tentu menggunakan mesin yang berbeda sehingga ditemukan perbedaan yang signifikan antara performa yang diberikan dan jumlah BBM yang dihabiskan.

Mesin yang dipakai HiAce Premio adalah 1GD-FTV bertipe Diesel 4 Stroke-Inline dengan kapasitas 2.755 cc. Mesin tersebut menghasilkan daya maksimum 3.400 rpm dengan torsi maksimum 2.600 rpm. 

Sedangkan HiAce Commuter mengadopsi Mesin 1KD-FTV dengan tipe Diesel 4 Stroke-Inline dengan daya maksimum setara Premio dan torsi maksimum 2.400 rpm. Namun, kapasitas tangkinya lebih besar yakni 2.982 cc.

Mesin yang digunakan oleh kedua mobil tersebut mempengaruhi tenaga, sekaligus penggunaan BBM. Sebagai perbandingan mana yang lebih hemat, Commuter dengan kapasitasnya yang besar menghabiskan 11,11 L/km. Sementara Premio menghabiskan 9,09 L/km.

6. Premio Lebih Banyak Fitur Keamanannya

Keunggulan dari sisi fitur keamanan, Sumber: rainbowrentcar.com
Keunggulan dari sisi fitur keamanan, Sumber: rainbowrentcar.com

Fitur keamanan standar diberikan pada kedua mobil HiAce ini. Beberapa yang sama yaitu SRS airbag dan 3 point seat belt. Tetapi, Premio dengan harga mobilnya yang lebih mahal telah dibekali sejumlah fitur keamanan tambahan yang tidak bisa Anda temukan pada Commuter.

Fitur tersebut antara lain Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS). Tambahan fitur keamanan lain yang tidak diberikan pada HiAce Commuter yakni New Parking Camera.

Menimbang perbedaan HiAce Premio dan Commuter di atas, dapat disimpulkan bahwa keunggulan yang ditawarkan menyesuaikan kebutuhan penyewa. Jika Anda menginginkan akomodasi lebih mewah dengan fitur yang premium, maka New HiAce Premio adalah pilihan yang tepat. Jika jumlah rombongan lebih banyak dan ingin lebih hemat budget, maka pilihlah HiAce Commuter. 

Sewa HiAce di Almoreno Transport Solusi Liburan Lancar dan Berkesan!

Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Rasakan pengalaman liburan yang lancar dan berkesan dengan menyewa HiAce pilihan Anda di Almoreno Transport. Anda akan mendapatkan harga sewa yang bersahabat untuk jalan-jalan sepuasnya di Jogja dan sekitarnya.

Tiap armada yang tersedia merupakan keluaran terbaru lengkap dengan fasilitas seperti sopir gratis, layanan konsultasi, tempat wisata, hingga gratis BBM. Sopir yang bersiaga siap memberikan pelayanan totalitas untuk rombongan Anda. 

Hubungi Almoreno sekarang juga untuk Sewa HiAce Jogja termurah!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan