Rekomendasi Wisata Magelang Hits, Tidak Hanya Pegunungan!
wisata Magelang hits. sumber: kabarmagelang.com

Ketika berbincang tentang wisata di Magelang, bisa jadi banyak orang yang langsung tertuju pada wisata pegunungan. Memang, di Magelang, ada cukup banyak wisata berlatar pegunungan dan sangat ramai saat musim liburan tiba. Namun, sebenarnya, ada cukup banyak spot wisata Magelang hits selain pegunungan yang bisa Anda coba kunjungi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa spot wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di sekitar Magelang, terutama untuk wisata bersama keluarga. Penasaran mana saja destinasi wisata hits yang ada di Magelang dan cocok untuk liburan? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Magelang

Kota Magelang berasal dari kata tepung gelang, yang berarti “mengepung rapat seperti gelang”. Magelang juga dikenal dengan julukan Kota Militer, karena menjadi pusat Sekolah Akademi Militer.

Magelang menjadi salah satu kota tertua kedua yang berada di Indonesia dan pernah menjadi ibu kota Kabupaten Magelang. Magelang berdiri sejak 11 April 907 Masehi. Magelang juga memiliki wisata sejarah yang sangat terkenal, yakni Candi Borobudur.

Magelang, salah satu destinasi wisata menarik di Jawa Tengah. sumber: tribunnews.com
Magelang, salah satu destinasi wisata menarik di Jawa Tengah. sumber: tribunnews.com

Secara geografis Magelang berada di antara Kota Semarang dan Yogyakarta. Sedangkan secara topografi Magelang merupakan dataran tinggi yang berbentuk menyerupai cawan (cekungan), karena dikelilingi oleh 5 gunung yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing, dan Pegunungan Menoreh.

Rekomendasi Wisata Magelang Hits

Sudah tidak sabar untuk mencoba spot wisata hits Magelang? Yuk, intip beberapa rekomendasinya di bawah ini!

1. Wisata Nepal Van Java

Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah desa wisata yang terletak di lereng Gunung Sumbing. Julukan Nepal van Java disematkan karena rumah-rumah penduduk desa ini terlihat seolah bertumpuk seperti perumahan di Nepal.

Saat berkunjung ke sini, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti menjelajahi kampung, yang meliputi aktivitas bersosialisasi bersama masyarakat desa dengan cara bertani atau bercocok tanam. Anda pun diberi kebebasan untuk memetik sendiri sayur mayur yang ditanam di desa.

keindahan pemandangan di Nepal Van Java. sumber: liputan6.com
keindahan pemandangan di Nepal Van Java. sumber: liputan6.com

Bukan itu saja, Nepal Van Java juga memiliki beberapa spot yang instagramable yang bisa dikunjungi, seperti Gapura Dusun, Teras Nepal, Taman Depok, Teras Masjid, Gapura Pendakian, dan kedai kopi yang menawarkan pemandangan indah sambil menikmati secangkir kopi.

  • Lokasi: Dusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56153
  • Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket: 10.000/ orang
  • Parkir: 3.000 (motor) dan 10.000 (mobil)

2. Air Terjun Kedung Kayang

Healing sambil mencari spot foto yang keren? Air terjun kedung kayang ini bisa menjadi salah satu spot wisata Magelang hits yang harus Anda kunjungi. Selain instagramable, spot ini juga cocok untuk Anda yang suka wisata ekstrem.

salah satu spot foto mengesankan di Air Terjun Kedung Kayang. sumber: studimsam.com
salah satu spot foto mengesankan di Air Terjun Kedung Kayang. sumber: studimsam.com

Sebab, Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki ketinggian 1.200 mdpl dan didapuk sebagai salah satu tempat wisata Instagenic di Magelang berkat adanya spot foto yang kece. Salah satunya adalah gardu pandang dengan latar gunung merapi dan air terjun tepat di bawahnya.

  • Lokasi: Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56411
  • Jam Buka: Buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.
  • Tiket Masuk: 4.000/ orang
  • Retribusi Gardu Pandang: 5.000/ orang
  • Parkir: 2.000 (motor) dan 5.000 (mobil)

3. Punthuk Kendil

Destinasi wisata Magelang hits selanjutnya juga menyajikan pemandangan indah diantara dua gunung yang indah adalah Punthuk Kendil. Meski terletak di puncak ketinggian dan memiliki akses yang cukup curam, pesona yang ditawarkan tempat ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Tempat ini merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan untuk melihat pemandangan pagi hari yang indah. Melihat sunrise adalah tujuan utama bagi kebanyakan wisatawan untuk mengunjungi lokasi ini.

Punthuk Kendil, spot berburu sun rise istimewa di Magelang. sumber: wisatainfo.com
Punthuk Kendil, spot berburu sun rise istimewa di Magelang. sumber: wisatainfo.com

Biaya masuk tempat ini sangat murah. Anda tidak perlu takut akan mengeluarkan banyak yang jika ke tempat ini. Karenanya, tak salah jika ada yang mengatakan spot satu ini sebagai tempat wisata Magelang gratis.

  • Lokasi: 959R+M23, gunakan, Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553
  • Jam Buka: Buka setiap hari 24 jam
  • Tiket Masuk: 3.000/ orang
  • Parkir: 2.000

4. Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Merbabu ini menawarkan keindahan air terjun kembar yang menawan. Sebagaimana namanya, lokasi ini memiliki dua air terjun yang terlihat sama atau kembar.

Air Terjun Grenjengan Kembar memiliki debit air yang deras. sumber: jambewangitersenyum.com
Air Terjun Grenjengan Kembar memiliki debit air yang deras. sumber: jambewangitersenyum.com

Spot ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin merelaksasikan pikiran. Dari arah kaliurang spot ini bisa dijangkau dalam beberapa menit saja. Salah satu destinasi wisata sekitar Kaliurang ini bisa Anda jangkau dengan mudah terutama karena akses jalan yang sudah baik.

  • Lokasi: H997+6H6 Air Terjun Grenjengan Kembar, Dusun Citroen, Desa Munewarang,, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Kec. Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56193
  • Jam Buka: Buka setiap hari mulai 08.00-18.00
  • Tiket Masuk: 10.000/ orang
  • Parkir: 2.000 (kendaraan roda dua)

5. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu merupakan sebuah taman bunga yang dibuka pada tahun 2018 lalu. Wisata ini menyajikan hamparan bunga bermekaran sangat indah, cocok untuk dijadikan spot foto guna menghiasi media sosial Anda.

keindahan Taman Ramadanu yang mempesona. sumber: tripadvisor.com
keindahan Taman Ramadanu yang mempesona. sumber: tripadvisor.com

Taman Ramandanu memiliki daya tarik tersendiri, dimana ada Kincir Angin, tak heran jika tempat ini juga disebut wisata Magelang seperti di luar negeri. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kesan berlibur ke Negara Belanda, tidak perlu jauh-jauh, cukup berlibur ke Magelang saja.

  • Lokasi: Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Kec. Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56485
  • Jam Buka: Buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 – 18.00 WIB.
  • Tiket Masuk: 5.000/ orang
  • Parkir: 2.000-5.000

6. Top Selfie Pinusan Kragilan

Wisata terbaru di Magelang ini menjadi perhatian wisatawan untuk hunting foto atau sekadar foto untuk di upload di media sosial. Tempat ini sangatlah ramai dikunjungi terutama saat ramadhan karena cocok untuk “ngabuburit” sambil menunggu buka puasa.

Top Selfie Pinusan Kragilan memiliki banyak spot foto indah. sumber: ksmtour.com
Top Selfie Pinusan Kragilan memiliki banyak spot foto indah. sumber: ksmtour.com

Selain tempat berfoto, wisata Magelang hits ini juga cocok untuk tempat nongkrong yang nyaman sambil menikmati udara segar yang menyejukkan. Fasilitas yang ada di Pinusan Kragilan ini juga dapat menunjang aktivitas berfoto selfie Anda.

  • Lokasi: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Kec. Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56193
  • Jam Buka: Buka setiap hari mulai 08.00-17.00 WIB
  • Tiket Masuk: 10.000-12.500/ orang
  • Parkir: 3.000
  • Toilet: 2.000-3.000/ orang

Nah itulah beberapa rekomendasi spot wisata Magelang hits yang wajib Anda kunjungi untuk liburan. Tentu saja, Anda bisa membuat semacam itinerary untuk memudahkan pengaturan jadwal liburan dan spot mana saja yang ingin Anda kunjungi.

Tips Berwisata Untuk Liburan Mengesankan

Apalah artinya spot wisata yang hits jika liburan berlalu begitu saja tanpa meninggalkan kesan. Karenanya, jika ingin liburan berkesan simak beberapa tips liburan keluarga berikut ini!

1. Hindari Liburan Dengan Tema Monoton

Agar berkesan dan menyenangkan, Anda harus menghindari liburan dengan tema itu-itu saja. Usahakan setiap liburan ada tema baru. Sehingga Anda dan keluarga mendapatkan sesuatu yang baru sepulang dari tempat liburan.

2. Lebih Ekspresif Saat Liburan

Konsep liburan atau healing adalah untuk menghilangkan beban di pikiran. Oleh karenanya, pastikan setiap orang yang ikut di dalamnya lebih ekspresif saat liburan. Jika diperlukan, buat aturan tidak boleh memegang handphone selama liburan.

Magelang, cocok untuk liburan bersama keluarga. sumber: travellerscantik.com
Magelang, cocok untuk liburan bersama keluarga. sumber: travellerscantik.com

3. Mengabadikan Setiap Moment

Jika Anda ingin mendapatkan dokumentasi perjalanan wisata keluarga Anda, tidak ada salahnya jika moment tersebut diabadikan. Setiap moment yang dilalui bersama keluarga tercinta amat berharga dan bermakna. Oleh karena itu, jangan lewatkan setiap moment liburan begitu saja.

Jadi, agar moment liburan terasa sakral dan berkesan Anda bisa coba mengaplikasikan beberapa tips di atas. Bagaimana, apakah Anda ingin mencoba berlibur di wisata Magelang hits?

Yuk rencanakan liburan keluarga Anda bersama kami. Kami menyediakan layanan sewa elf Jogja dengan harga terjangkau untuk liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan!

About Author

client-photo-1
Rohadi Apri

Comments

Tinggalkan Balasan