4 Destinasi Wisata Religi Jepara, Cocok Dikunjungi Sebelum Puasa!
Wisata religi jepara, Sumber: amanahfurniture.com

Menjelang bulan puasa banyak umat Islam yang mengunjungi tempat-tempat wisata religi untuk meningkatkan ilmu spiritual dan sejarah agama. Termasuk mengunjungi berbagai wisata religi Jepara yang juga mengandung nilai sejarah, seperti makam sunan di Jepara. Hal ini mengingat Jepara memiliki peran penting dalam perkembangan agama Islam di Pulau Jawa.

Wisata religi sendiri dapat diartikan sebagai jenis wisata yang berkaitan dengan tempat bernilai keagamaan dan memiliki makna khusus bagi umat. Sedangkan bagi masyarakat Jepara, kebiasaan mengunjungi tempat-tempat wisata religi sudah dilakukan turun temurun. Jadi wajar jika menjelang bulan puasa masyarakat Jepara melanjutkan tradisi ini hingga sekarang.

Penasaran di mana saja tempat wisata religi di Jepara yang kerap dikunjungi menjelang bulan puasa? Kami telah merangkum beberapa destinasi terbaik serta wisata religi Jepara lainnya selain makam wali. Simak terus sampai akhir ya!

Pentingnya Mengunjungi Destinasi Wisata Religi Sebelum Bulan Puasa

Wisata religi, Sumber: cimbniaga.co.id
Wisata religi, Sumber: cimbniaga.co.id

Wisata religi menjelang puasa merupakan rutinitas unik yang membawa sejumlah manfaat spiritual. Pertama, peninggalan Islam memberi kesempatan bagi masyarakat muslim untuk mendalami nilai-nilai keagamaan lebih dari sekadar identitas, melainkan nilai yang seharusnya dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kedua, mengingatkan kita akan jasa para leluhur Jepara yang berperan penting dalam penyebaran Islam sehingga kini kita dapat beribadah dengan aman dan nyaman. Kedua alasan tadi akan meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan ibadah semata-mata karena Allah, melanjutkan perjuangan para leluhur menuju Surga-Nya.

Rekomendasi Wisata Religi Jepara

Wisata religi yang kami rekomendasikan di bawah ini telah menjadi destinasi wajib setiap muslim yang berkunjung ke Jepara. Bahkan, sebagian orang menjadikan kunjungan tersebut sebagai acara rutin tahunan bersama keluarganya, baik oleh masyarakat Jawa Tengah maupun wisatawan dari luar provinsi.

Kini, giliran Anda. Catat nama tempat dan alamat dari masing-masing destinasi untuk dimasukkan ke dalam daftar wisata nanti.

1. Masjid Agung Jepara

Masjid Agung Jepara, Sumber: wikipedia.com
Masjid Agung Jepara, Sumber: wikipedia.com

Anda akan menjadi orang yang beruntung dapat menginjakkan kaki di masjid yang telah berdiri sejak tahun 1500-an ini. Secara tidak langsung, Masjid Agung Jepara telah menjadi saksi ratusan tahun kehidupan dan tempat yang dicintai jutaan muslim yang berdatangan. Nilai spiritualitasnya sungguh besar dan tidak menutup kemungkinan berdoa di sini cepat dikabulkan.

Hingga kini, pemerintah kerap mengadakan acara tahunan menyambut datangnya bulan Ramadhan di Masjid Agung Jepara. Ada kegiatan kajian hingga pengajian umum dengan mendatangkan pemuka agama ternama. Sembari menikmati pengajian, Anda akan takjub dengan arsitektur klasik yang berestetika tinggi.

  • Alamat: Jl. Kartini No.1, Kauman, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59417
  • Telepon: (0291)594675
  • Tiket masuk: Gratis

2. Makam Wali di Pulau Panjang Jepara 

Setiap menjelang perayaan Islam, pulau ini selalu ramai dikunjungi peziarah. Tak lain untuk mengenang jasa guru besar sekaligus penyebar Agama Islam di pesisir pantai utara Jawa Tengah, bernama Syekh Abu Bakar bin Ba’alawy. Beliau adalah keturunan ke-29 dari Sayyidil Mursalin, hampir setara dengan Walisongo yang berada di tingkat ke-22.

Selain berziarah, pengunjung dapat menikmati keindahan pulau dekat makam tengah laut Jepara tersebut. Anda bisa menjejaki pasir putih yang cantik, snorkeling atau diving, menyewa sepeda, menginap dan camping di dekat pantai, hingga menikmati aneka makanan yang dijual penduduk sekitar.

  • Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Jepara, Jepara Regency, Central Java
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Rp 3.000

3. Komplek Makam Sunan Mantingan

Makam Sunan Mantingan di Jepara, Sumber: mustafit.blogspot.com
Makam Sunan Mantingan di Jepara, Sumber: mustafit.blogspot.com

Makam yang cantik, begitulah kesan para wisatawan yang datang berziarah ke sini. Komplek Makam Mantingan merupakan tempat peristirahatan seorang tokoh penguasa pertama Kota Jepara, yakni Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat yang juga sepasang suami istri. Serta Wali Sunan Jepara yang menjadi panutan masyarakat saat itu bernama Syekh Abdul Djalil. 

Makam sunan di Jepara ini menjadi salah satu tempat ziarah yang diutamakan para wisatawan. Selain bisa berkunjung ke makam, wisatawan bisa sekaligus mengunjungi Masjid Mantingan (1559) yang tak jauh dari lokasi makam. Itu adalah salah satu masjid tertua setelah Masjid Agung Demak (1481).

  • Alamat: Mantingan, Tahunan, Jepara Regency, Central Java 59421
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Gratis

4. Desa Kriyan

Desa Kriyan termasuk peninggalan Islam yang memiliki nilai sejarah. Dulunya, merupakan wilayah pusat Kerajaan Kalinyamat yang begitu kesohor pada zaman penyebaran Islam oleh Wali Songo. Masjid Al Makmur yang ada di desa ini merupakan saksi sejarah yang masih ada dan bisa dikunjungi.

Tidak hanya masjid tersebut, Anda bisa sekaligus menikmati wisata sejarah lainnya seperti Watu Ngendog (patung simbolis), Watu Topo Ratu Kalinyamat (dokumen berupa hikayat), Museum Aprika (museum biota laut), Siti Inggil Kriyan (tempat bekas keraton Kerajaan Kalinyamat), serta Makam Habib Kyai Jafar Sidiq (Yek Nde).

  • Alamat: Kriyan, Kalinyamatan, Kota Jepara, Jawa Tengah 
  • Telepon: –
  • Tiket masuk: Gratis

Dengan mengunjungi beberapa wisata religi Jepara tadi sebelum memasuki puasa Ramadhan, para wisatawan tidak hanya memperoleh pengalaman wisata yang berkesan atau menikmati keindahan fisik sejarah, tetapi memperkaya dimensi spiritual dalam menyambut bulan suci dengan hati yang tulus dan penuh makna.

Berwisata Religi ke Jepara bersama Almoreno

Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Rasakan pengalaman religi ke tempat-tempat wisata populer tadi dengan sewa hiace di Almoreno Transport. Kapasitas mobil Hiace yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan wisata rombongan.

Selain lebih cocok untuk wisata rombongan, perjalanan pun menjadi semakin praktis dan murah. Anda dapat menyambangi banyak tempat sekaligus, termasuk masjid bersejarah hingga ke makam para ulama.

Jadikan setiap momen perjalanan menuju destinasi religi sebagai pengalaman yang berharga dengan sewa Hiace Jogja dari Almoreno Transport, di mana kenyamanan, keamanan, dan kehangatan perjalanan keluarga menjadi prioritas utama kami.

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan