6 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Jogja Untuk Dikunjungi Setelah Lebaran
Wisata Religi Jogja, Sumber: visit-jogja.com

Berbicara mengenai Jogja, ada banyak hal yang menarik dari kota Gudeg ini. Selain keindahan alam serta keragaman kulinernya, Anda juga bisa menikmati wisata religi Jogja yang bisa menentramkan jiwa. Tentu saja, adanya destinasi wisata ini bisa menjadi alternatif menu liburan untuk dinikmati. 

Sebagai salah satu daerah yang tinggi toleransi, Jogja memiliki destinasi wisata religi semua agama. Nah, destinasi ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan seorang traveller pencari ketenangan batin. 

Apa saja tempat-tempat wisata religi yang bisa dikunjungi? Berikut ini akan kami berikan referensi tempat-tempat tersebut.

Wisata Religi Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan Setelah Lebaran

Wisata religi adalah salah satu ide wisata yang cukup menarik. Pasalnya, berwisata ke tempat-tempat yang bisa meningkatkan keimanan atau membuat hati tentram. 

Bagi Anda yang ingin mencari tempat-tempat religi di Jogja saat libur lebaran, di sini akan kami sampaikan beberapa referensi untuk dikunjungi. Berikut ini rekomendasi wisata religi yang ada di Jogja.  

1. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede, Sumber: kompas.com
Masjid Kotagede, Sumber: kompas.com

Destinasi wisata religi pertama yang perlu Anda kunjungi adalah Masjid Kotagede. Masjid ini perlu Anda kunjungi karena memiliki sejarah yang luar biasa. Dibangun pada masa Kerajaan Mataram yaitu di bawah pemerintahan Sultan Agung, masjid ini masih eksis hingga sekarang dan termasuk ke dalam wisata keraton Jogja.

Terletak di kawasan wisata heritage, masjid ini masih mempertahankan bentuk klasiknya. Tidak mengherankan jika banyak orang yang datang ke masjid ini untuk meneliti struktur masjid, termasuk ukiran yang ada di beberapa bagiannya. 

Bagi Anda yang bukan seorang muslim, Anda juga bisa menikmati masjid ini. Ada halaman masjid yang cukup luas dengan pagar penuh ukiran dan juga beberapa space yang menyediakan informasi sejarah masjid. 

2. Sendang Sono

Wisata religi di Sendang Sono, Sumber: inibaru.id
Wisata religi di Sendang Sono, Sumber: inibaru.id

Tempat selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu Sendang Sono. Tempat ini adalah tempat wisata rohani Katolik yang cukup terkenal di Jogja. Sendang ini sendiri sudah ada sejak abad XIX. Pada tahun 1904, Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga kalibawang Kulonprogo dengan air sendang.

Sejak saat itu, tempat ini menjadi salah satu tempat ziarah umat Katolik. Selain itu, peristiwa pembaptisan ini juga terukir di dalam relief pada salah satu kapel. Tempat ini juga terdiri dari kapel-kapel kecil, lokasi jalan salib, gua Maria, pendopo, sungai serta kios penjualan.

Seperti tempat wisata religi lainnya, Anda yang beragama Katolik juga bisa melakukan beribadah di Sendang Sono. Beribadah di sini menjadi lebih tentram karena Anda bisa menikmati indahnya pemandangan yang ada di sekitarnya. 

3. Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran, Sumber: wikipedia.com
Gereja Ganjuran, Sumber: wikipedia.com

Gereja Ganjuran juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang cukup terkenal di Jogja. Di tempat ini, Anda bisa melihat Yesus dalam balutan Jawa. Berlokasi di Bantul, banyak orang yang sering berkunjung untuk melakukan wisata religi.

Hal yang menjadi daya tarik Gereja ganjuran yaitu keunikannya. Dikatakan unik karena gereja ini menampilkan Yesus dan Bunda Maria dengan busana campuran Jawa dengan Hindu. Di sini, juga terdapat candi dengan patung Yesus yang mana biasanya digunakan para jemaat untuk merenung serta berdoa.

Gereja ini memang tidak secara eksplisit menyebutkan tempat wisata, namun siapapun boleh untuk berkunjung. Anda bisa menikmati desain-desain unik yang ada di dalam gereja. Bagi Anda yang beragama Kristen juga bisa melakukan ibadah di dalamnya.

4. Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis, Sumber: bulaksumurugm.com
Gua Maria Tritis, Sumber: bulaksumurugm.com

Gua Maria Tritis ini adalah salah satu tempat wisata spiritual Jogja yang cukup unik. Jika biasanya Gua Maria memiliki bentuk berupa gua buatan, maka Gua Maria Tritis ini merupakan gua alami. Hal itu bisa dilihat dari stalaktit dan stalagmit yang tentu saja membuat nilai tambah pada destinasi wisata ini.

Terletak di daerah Paliyan, Gunungkidul, tempat wisata religi ini memang banyak pengunjungnya. Hal menarik yang bisa Anda dapatkan di goa ini yaitu suara cicit kelelawar dan air yang menetes di goa. Tentu saja keunikan ini membuat Gua Maria Tritis berbeda dengan tempat lainnya.

5. Klenteng Gondomanan

Klenteng Gondomanan, Sumber: wikipedia.com
Klenteng Gondomanan, Sumber: wikipedia.com

Jika Anda ingin mengunjungi tempat lain yang memiliki sensasi Tionghoa, Anda bisa datang ke Klenteng Gondomanan. Klenteng ini merupakan salah satu peninggalan Tionghoa, Klenteng Buddha Prabha.

Tempat ibadah ini lebih dikenal dengan sebutan Klenteng Gondomanan karena berlokasi di Jalan Brigjen Katamso nomor 3, Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Bangunan ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi khususnya bagi perkembangan budaya Tionghoa di kota Jogja.

Apabila Anda adalah seorang yang beragama Budha, Anda juga bisa menjalani doa dan mengikuti beberapa kegiatan keagamaan di sini. Bagi Anda yang bukan orang Budha, juga bisa sekedar berkunjung untuk mengagumi keindahan arsitekturnya.

6. Pura Vaikuntha Vyomantara

Wisata Religi Jogja: Pura Vaikuntha Vyomantara, Sumber: yanacircle.com
Pura Vaikuntha Vyomantara, Sumber: yanacircle.com

Tempat ini berada di kompleks AAU daerah Janti Yogyakarta. Meskipun begitu, Pura ini juga bukan hanya untuk anggota TNI AU. Akan tetapi bisa digunakan siapapun yang ingin beribadah di dalamnya. Hal menarik yang bisa Anda dapatkan disini adalah keindahan arsitekturnya.

Anda akan merasakan suasana yang mirip di Bali saat berada di Pura Vaikuntha Vyomantara. Oleh karena itu, Anda yang menyukai tempat-tempat religi bisa menjadi solusi untuk datang ke tempat ini. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman lain, Anda juga bisa berkunjung ke wisata di Imogiri seperti pemakaman raja-raja Mataram.

Berwisata Lebih Nyaman dan Mudah Bersama Almoreno Transport

Beberapa destinasi wisata di atas bisa menjadi destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Nah, untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, tersedia layanan sewa Elf Jogja dari Almoreno Transport.

Tentu, dengan layanan Almoreno Transport, Anda tidak perlu bingung lagi terkait transportasi liburan. Tidak hanya mendapatkan kenyamanan maksimal, liburan Anda pun akan lebih berkesan karena semua anggota keluarga bisa berada di mobil yang sama.

Nah, tunggu apalagi, atur destinasi wisata religi Jogja yang ingin Anda kunjungi dan hubungi CS Almoreno Transport untuk kebutuhan travel Anda!

About Author

client-photo-1
Achmad Faqih

Comments

Tinggalkan Balasan