Cara Mudah dan Sederhana Cek Mobil Rental Berkualitas
Cek ketebalan ban mobil, sumber: google.com

Cek Mobil – Rental atau sewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari dan minggu. Apabila Anda berminat untuk menyewa mobil sewaan untuk perjalanan jauh seperti mudik, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati.

Selain melihat kelengkapan datanya, Anda juga wajib mengecek mobil rental dari berbagai aspek agar mobil rental yang Anda sewa memberikan kenyamanan dan kepuasan saat Anda kendarai.

Cara Cek Mobil Rental

Sebelum Anda menyewa mobil rental, untuk kebutuhan apa saja Anda wajib mengecek beberapa hal penting. Di bawah ini kami berikan cara cek mobil rental untuk mendapatkan mobil rental yang berkualitas.

Cek Harga Sewa Mobil

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek mobil rental adalah dengan mengecek harga mobil tersebut dengan membandingkannya dengan harga mobil pada jasa rental lain. Cara satu ini dilakukan untuk mendapatkan mobil rental dengan harga yang sepadan dengan kualitasnya.

Dalam hal ini Anda tidak boleh terkecoh dengan tawaran harga yang murah, sebab bisa jadi, kualitas mobil dengan harga murah tersebut tidak begitu bagus. Sebaliknya Anda juga jangan tertipu dengan rental yang mahal, sebab Anda sebenarnya bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan cara membandingkan beberapa jasa rental sekaligus.

Bandingkan harga sewa mobil, sumber: istockphoto.com
Bandingkan harga sewa mobil, sumber: istockphoto.com

Body Mobil

Cara cek mobil selanjutnya adalah mengecek keseluruhan body mobil. Jika ada yang penyok atau baret, Anda dari awal mesti melaporkannya pada pihak rental mobil. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi masalah ketika Anda mengembalikan mobilnya. Selain itu, pastikan juga semua aksesoris mobil terpasang dengan baik.

Lampu Mobil

Berikutnya ceklah lampu mobil dengan cara menyalakannya, mulai dari lampu depan, rem, sein dan cek pula bagian soket pada lampu depannya. Umumnya saat kunci kontak diputar ke posisi on maka otomatis semua lampu MIL akan menyala.

Selanjutnya tunggulah selama beberapa menit untuk memastikan apakah ada indikator yang berkedip atau tidak, jika tidak ada maka kemungkinan terjadi gangguan pada bagian tersebut. Hal ini sangat membantu Anda, khususnya yang menggunakan mobil di malam hari agar aman dan nyaman saat perjalanan.

Cek Mesin Mobil

Untuk mengecek kualitas mesin mobil, cukuplah mudah, ANda tinggal menyalakan mesinnya dan dengarkan suaranya, apakah suaranya normal atau tidak. Selain itu, pastikan juga minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin serta wiper terisi sebagaimana mestinya.

Cek Ban Mobil

Untuk kenyamanan saat menggunakan mobil dan menghindari masalah saat perjalanan, seperti kebocoran ban Anda perlu memastikan ban mobil rental tersebut masih bagus untuk digunakan. Untuk itu, Anda bisa mengecek bagian tapak dan kembang ban. Upayakan mobil kedua bagian tersebut masih tebal dan pastikan juga tekanan anginnya sudah sesuai ketentuan yang berlaku.

Cek ketebalan ban mobil, sumber: google.com
Cek ketebalan ban mobil, sumber: google.com

Cek Fungsi Wiper

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, Anda harus mengisi air wiper. Namun demikian tidak cukup sekedar mengisi air wiper Anda juga perlu memastikan aspek fungsional dari wiper itu sendiri. Artinya wiper mobil masih bisa berfungsi secara sempurna dan bisa membersihkan kaca mobil dengan cepat.

Periksa AC

Selanjutnya, untuk mendapatkan suhu dingin pada bagian dalam mobil, Anda perlu memastikan mobil yang ingin Anda rental memiliki AC yang berfungsi dengan baik. Untuk itu, periksalah AC mobil tersebut sebelum menyewanya.

Tanyakan Asuransi

Untuk mendapatkan keuntungan lebih dan meminimalisir risiko, Anda juga bisa menanyakan perihal asuransi mobil. Dalam hal ini Anda bisa memilih jasa rental yang sudah diasuransikan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti mobil hilang atau kecelakaan.

Cek Indikator

Sebelum memastikan dan mengambil unit mobil yang akan disewa, ada baiknya Anda mengecek lagi kondisi mobil. Salah satu bagian yang tak boleh ketinggalan adalah bagian indikator mobil yang ada di speedometer.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar bisa mengantisipasi terjadinya ketidaktahuan yang bisa mengakibatkan kerugian pada Anda. Sebab, apabila Anda tidak cermat disini, bisa jadi kerusakan tersebut ada ada sebelumnya, namun karena Anda kurang cermat kemudian harus menanggungnya sendiri. Tentu saja hal ini jangan sampai terjadi.

Pastikan Kelengkapan Suratnya

Cara cek mobil rental yang tidak kalah penting adalah memastikan mobil yang hendak Anda sewa mempunyai kelengkapan surat. Minimal yang harus ada adalah surat tanda nomor kendaraan atau STNK yang cocok dengan nomor plat mobil tersebut.

Hal ini adalah langkah awal yang bisa Anda upayakan untuk menghindari kasus mobil bodong atau kasus penilangan saat Anda menggunakan mobil rental. Tentu saja jika hal tersebut terjadi akan sangat mengganggu kelancaran dan kenyamanan Anda saat menggunakan mobil.

Cek mobil, sumber: google.com
Cek surat mobil, sumber: google.com

Tes Berkendara

Setelah semua poin-poin di atas Anda lakukan, tidak ada salahnya jika Anda melakukan tes berkendara. Cara cek mobil rental ini sangat efektif untuk merasakan sendiri kondisi mobil saat dijalankan. Tentu, jika Anda sudah sering mengemudikan mobil sendiri, akan bisa membedakan kondisi mobil yang bagus dengan yang tidak saat mengendarainya.

Sewa Mobil pada Jasa Terpercaya

Bagian terakhir, sebagai tips sewa mobil yang perlu Anda pertimbangkan juga selain mengecek kondisi mobil secara fisik adalah mengecek jasa rental mobil itu sendiri, apakah memiliki rating yang bagus atau tidak. Pastikan jasa rental tersebut bisa dipercaya kredibilitasnya.

Untuk itu, Anda bisa mencari berbagai ulasan mengenai rental mobil di media sosial dan platform yang ada atau meminta rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan rental mobil. Hal ini sangat penting agar terhindar dari potensi kejahatan yang mungkin terjadi.

Nah demikianlah artikel yang mengulas tentang cara mudah dan sederhana cek mobil rental berkualitas. Jika Anda membutuhkan jasa rental mobil terpercaya yang memiliki kualitas, bisa menggunakan jasa kami, untuk info lebih lanjutnya hubungi kontak kami yang tersedia atau kunjungi website Almoreno Transport.

About Author

client-photo-1
AlmorenoTransport

Comments

Tinggalkan Balasan