8 Rekomendasi Destinasi Wisata Pekalongan Nuansa Alam, Cocok untuk Ngadem!
Wisata alam pekalongan, Sumber: bisnis.com

Selain terkenal sebagai Kota Batik, destinasi wisata alam Pekalongan juga terkenal karena keindahannya. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, tidak ada salahnya untuk menjadikan Pekalongan sebagai destinasi wisata pilihan. Karena keindahan alamnya akan membuat Anda takjub dan terpesona.

Ragam wisata alam yang tersedia di Pekalongan tentu akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan. Karena Anda bisa berkunjung ke setiap destinasi wisata yang ada di sana. Serta, panorama alamnya yang akan membuat Anda merasa betah dan nyaman dengan suasananya.

Nah, bila Anda tertarik dan ingin berlibur ke Pekalongan, ada beberapa destinasi wisata alam populer dan wajib untuk dikunjungi. Apa saja destinasi wisata alam tersebut? Simak Ulasannya!

Keindahan Alam Kota Pekalongan

Destinasi Wisata Pekalongan, Sumber: kompas.com
Destinasi Wisata Pekalongan, Sumber: kompas.com

Letak kotanya yang berada di pesisir utara pulau Jawa, membuat keindahan alam Pekalongan tidak kalah dengan kota lainnya. Hampir di setiap daerah yang ada di Pekalongan memiliki daya tariknya masing-masing. Mulai dari daya tarik alam hingga keindahan pesisir pantainya.

Keindahan alam yang cukup beragam, hampir sama dengan Kampung Pecinan Semarang. Tetapi, yang menjadi keberagamannya adalah budaya etnik Tionghoa dengan budaya asli setempat atau budaya Jawa. 

Jadi, keindahan alam yang ada di Pekalongan cukup beragam. Hal ini tentunya membuat Anda bisa mengeksplorasi. Serta, menikmati panorama alamnya yang siap membuat Anda takjub dan terpesona.

Wisata Alam Pekalongan yang Indah dan Populer

Dari banyaknya destinasi wisata Pekalongan, ada beberapa yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda kunjungi. Dimana, wisata alam tersebut sudah cukup populer, karena menawarkan panorama alam yang indah.

Berikut ini beberapa wisata alam Pekalongan yang indah dan populer diantaranya:

1. Mangrove Park Pekalongan

Mangrove Park di Pekalongan, Sumber: jatengprov.go.id
Mangrove Park di Pekalongan, Sumber: jatengprov.go.id

Di bagian pesisir kota Pekalongan, terdapat wisata alam Mangrove. Daerah ini merupakan kawasan konservasi, sehingga Anda dapat melihat mangrove tumbuh dengan lebat dan terawat.  

Kondisi kawasannya yang masih terjaga dan ditambah dengan penunjang fasilitas. Tentunya, wisatawan yang datang berkunjung ke Mangrove Park Pekalongan akan merasa nyaman. Anda juga bisa ikut melakukan penanaman bibit bakau dalam mendukung kegiatan konservasi.

  • Alamat: Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 07.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 4.000 per orang (harga sewaktu-waktu dapat berubah)

2. Kapeo Kopi Linggo Asri

Tidak hanya menikmati alam saja, di tempat wisata alam yang satu ini, Anda juga bisa menikmati kopi. Linggo Asri merupakan daerah yang berada di ketinggian 700 MDPL. membuat lokasinya berada di daerah perbukitan yang dikelilingi dengan pohon pinus.

Linggo Asri juga terkenal sebagai daerah penghasil kopi yang ada di Pekalongan. Jadi, bagi Anda para pecinta kopi bisa memilih Kapeo Kopi Linggo Asri sebagai wisata alam pilihan. Karena Anda bisa menikmati kopi sambil melihat pesona alam sekitarnya yang indah dan asri.

  • Alamat: Jl. Raya Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 10.000 per orang 

3. Black Canyon Petungkriyono

Selain pesona keindahan alam, di Pekalongan Anda juga bisa menikmati kesegaran air Black Canyon Petungkriyono. Seperti namanya, ciri khas dari wisata air ini adalah memiliki tebing batu yang berwarna hitam. Selain itu, di dua himpitan tebing mengalir deras air yang berasal dari sungai Welo.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan bila mengunjungi Black Canyon Petungkriyono. Diantaranya seperti river trekking, river tubing, dan body rafting. Akan tetapi, kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. Sedangkan untuk anak-anak, bisa menikmati aliran air yang berada di sekitarnya.

  • Alamat: Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 10.000 per orang 

4. Bukit Watu Ireng

Watu Ireng Pekalongan, Sumber: adillarestyr.blogspot.com
Watu Ireng Pekalongan, Sumber: adillarestyr.blogspot.com

Bagi Anda yang suka berfoto dan menguploadnya di media sosial. Jangan sampai ketinggalan mengabadikan keindahan alam yang ada di Bukit Watu Ireng. Dari sini, Anda tidak hanya melihat pemandangan kota pekalongan saja. Tetapi, juga bisa berehat sejenak sambil menikmati sunrise atau sunset.

Dari pihak pengelola wisata bukit Watu Ireng juga sudah menyediakan spot foto terbaik. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari angle foto yang pas sebagai background-nya. Hal ini jugalah yang membuat Watu Ireng menjadi tempat Instagramable di Pekalongan.

  • Alamat: Lambur, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 05.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 10.000 per orang 

5. Curug Bajing

Destinasi wisata Pekalongan lainnya yang tidak kalah indah adalah Curug Bajing. Berada di kawasan pegunungan membuatnya sangat memukau. Memiliki aliran air yang deras dari ketinggian kurang lebih 75 meter. Inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Area di sekeliling Curug Bajing juga sangat asri dan hijau. Bagi Anda yang ingin menenangkan diri sambil menikmati keindahan alam dan deruan air terjun. Wisata alam Curug Bajing bisa menjadi pilihannya.

  • Alamat: Desa Tlogo Pakis, Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 per orang 

6. Telaga Sigebyar

Dikelilingi perbukitan yang hijau, membuat suasana alam Telaga Sigebyar sangatlah indah. Ditambah dengan warna airnya yang hijau pekat mampu menciptakan pesona keindahan alam. Tak heran, bila Telaga Sigebyar juga menjadi wisata Pekalongan hits.

Tidak hanya menikmati keindahan alam saja. Tetapi, ada kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menikmati suguhan pesona alam Telaga Sigebyar. Diantaranya seperti camping dan bermain cano. 

  • Alamat: Desa Tlogo Hendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 10.000 per orang 

7. Bengkelung Park

Bengkelung Park, salah satu destinasi wisata Pekalongan yang patut dikunjungi, Sumber: hive.blog
Bengkelung Park, salah satu destinasi wisata Pekalongan yang patut dikunjungi, Sumber: hive.blog

Lokasinya yang berada di alam terbuka dan dialiri sungai menjadi daya tarik dari Bengkelung Park. Menjadi salah satu wisata air yang cukup populer di Pekalongan. Bila Anda berlibur bersama keluarga, Bengkelung Park bisa menjadi pilihannya.

Fasilitas yang disediakan bisa dikatakan cukup lengkap. Hal ini tentunya dapat membuat Anda merasa nyaman dan betah selama berada di Bengkelung Park. Dengan begitu, Anda bisa lebih menikmati suguhan keindahan alam yang diberikan.

  • Alamat: Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 6.000 per orang (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak)

8. Sipare Green Park

Berbeda dengan wisata alam lainnya yang ada di Pekalongan. Sipare Green Park menawarkan keindahan alam ditambah dengan fasilitas yang menarik. Diantaranya seperti taman bunga, spot foto, dan wahana bermain air.

Bila Anda berlibur bersama keluarga di Pekalongan, Sipare Green Park bisa menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Karena selain menawarkan fasilitas yang menarik, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitarnya.

  • Alamat: Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 per orang dan anak di bawah 5 tahun gratis

Dari setiap destinasi wisata Pekalongan menawarkan keindahan alam yang berbeda-beda. Ketika Anda berkunjung kesana, dapat menikmati dan merasa puas dengan panorama alam yang di suguhkan.

Tinggal Anda sesuaikan saja dengan waktu liburan dan budget yang dimiliki. Wisata alam pekalongan mana saja yang bisa untuk dikunjungi. Selain itu, juga bisa menjadi tips liburan hemat bagi Anda.

Sewa Mobil untuk Liburan Tanpa Ribet hanya di Almoreno Transport

Sewa mobil untuk wisata di Jogja, Sumber: google.com
Sewa mobil untuk wisata, Sumber: google.com

Liburan yang berkesan dan menyenangkan, terutama bersama keluarga tercinta tentu memerlukan perencanaan yang baik. Mulai dari menentukan waktu liburan, tempat wisata, penginapan, hingga transportasi yang digunakan.

Terkait transportasi liburan, Anda bisa menyewanya di Almoreno Transport. Kami adalah jasa penyewaan mobil untuk berbagai kebutuhan, termasuk liburan. Bila Anda berlibur bersama keluarga dan menginginkan transportasi yang nyaman, Anda bisa menggunakan jenis mobil Hiace.

Almoreno Transport juga merupakan pusatnya sewa Hiace Jogja. Jadi, bila Anda ingin menyewa Hiace, bisa langsung saja hubungi CS Almoreno Transport. Harga sewa mobil yang ditawarkan pun sangat terjangkau!

About Author

client-photo-1
Abdul Ichsan Said
Seorang pembelajar yang masih haus akan sebuah ilmu

Comments

Tinggalkan Balasan