Wisata Lava Tour Merapi yang Kekinian : Rute, Fasilitas, dan Tarifnya
Wisata Lava Tour Merapi, Sumber: teras.id

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Merapi? Gunung berapi yang masih aktif ini merupakan ikon dari Yogyakarta. Anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa di sekitar kaki Gunung Merapi. Apalagi saat ini sudah dibuka wisata baru yang sedang populer, yakni Lava Tour Merapi.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Lava Tour Merapi? Lava Tour Merapi merupakan sebutan untuk wisata berkeliling di sekitar kawasan Gunung Merapi yang terdampak erupsi tahun 2010 lalu. Dahsyatnya erupsi Merapi tahun 2010 meninggalkan sisa-sisa letusan yang menarik untuk dikunjungi.

Tur yang dimaksud dalam wisata ini adalah berkeliling kawasan tersebut dengan menggunakan mobil jeep. Nantinya wisatawan akan mengunjungi beberapa titik lokasi yang menjadi saksi bisu akan dahsyatnya erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu.

Wisata Lava Tour Merapi, Sumber: teras.id
Wisata Lava Tour Merapi, Sumber: teras.id

Rute Menuju Kawasan Gunung Merapi

Jika Anda pergi berlibur ke Jogja, kurang lengkap rasanya jika tidak mengikuti wisata Lava Tour ini. Area Lava Tour Merapi ini terletak di kawasan Kaliurang dan Kaliadem. Lokasi tersebut berada di Kecamatan Cangkringan dan Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda berada di pusat kota, maka akan mudah menuju ke kawasan Tour Merapi ini. Anda hanya perlu menuju arah utara ke Jalan Kaliurang. Untuk menikmati wisata yang satu ini, disarankan Anda mengunjunginya saat musim kemarau.

Hal ini dikarenakan Anda bisa menikmati keindahannya secara maksimal. Namun perlu diingat juga bahwa Gunung Merapi statusnya aktif, jadi juga perlu memperhatikan kondisinya. Jika kondisi Gunung Merapi sedang tidak stabil, maka tidak disarankan berada di area ini.

Kegiatan Wisata Gunung Merapi

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan ketika berada di disini. Berbagai aktivitas tersebut tentu saja akan membuat Anda senang dan enggan untuk pulang. Pasalnya pemandangan di sekitar Gunung Merapi sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan disini.

1. Keliling Menggunakan Jeep

Keliling menggunakan jeep di kawasan Gunung Merapi merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dicoba. Apalagi jika Anda memiliki jiwa petualang, maka wajib sekali untuk menyewa jeep dan berkeliling kawasan Gunung Merapi.

2. Melihat Bunker Kaliadem

Disini Anda juga bisa melihat dan mengunjungi bunker Kaliadem. Dulunya, kawasan Kaliadem ini sangat asri. Namun ketika erupsi terjadi, kawasan ini berubah jadi area yang dipenuhi dengan pasir. Anda juga bisa melihat sebuah bunker yang didirikan untuk tempat berlindung ketika erupsi Merapi terjadi. 

Museum Mini Sisa Hartaku, Sumber: kompasiana.com
Museum Mini Sisa Hartaku, Sumber: kompasiana.com

3. Menikmati Keindahan Sunrise

Anda bisa datang ke Lava Tour Merapi saat dini hari, dimana matahari belum muncul. Hal ini dikarenakan Anda bisa melihat langsung matahari terbit dari kawasan Gunung Merapi. Keindahan sunrise akan Anda rasakan ketika berkunjung ke sini.

4. Melihat Mini Museum Sisa Hartaku

Saat berada di kawasan Gunung Merapi, Anda juga bisa melihat langsung Mini Museum Sisa Hartaku. Museum ini merupakan sisa-sisa dari erupsi tahun 2010 yang sangat dahsyat. Disini Anda bisa menjumpai kerangka sepeda motor, berbagai peralatan dapur yang rusak dan diselimuti abu, hingga kerangka hewan peliharaan.

Fasilitas di Lava Tour Merapi

Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Lava Tour Merapi ini. Berikut berbagai fasilitas yang ada di kawasan Tour Merapi yang bisa Anda rasakan, diantaranya meliputi:

  • Adanya tempat persewaan mobil jeep yang siap membawa Anda bersama rombongan untuk menyusuri kawasan Gunung Merapi. Anda bisa memilih berbagai jenis paket yang telah tersedia untuk menikmati keindahan Gunung Merapi tersebut.
  • Mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Merapi. Misalnya saja seperti batu alien dan juga stonehenge.
  • Melakukan manuver air di Kali Kuning dengan menggunakan jeep yang telah disewa. Bagi pecinta alam yang suka menguji adrenalin, fasilitas ini sangat cocok dicoba.
  • Mengunjungi dan melihat langsung sisa-sisa erupsi Merapi di tahun 2010 lalu. 

Tarif dari Wisata Lava Tour Merapi

Anda bisa menikmati keindahan wisata alam Jogja ini sejak dini hari. Pasalnya Lava Tour Merapi beroperasional sejak jam 04.30 WIB. Anda bisa menikmati berwisata keliling Gunung Merapi hingga maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Ada beberapa pilihan paket wisata dari Tour Merapi yang bisa Anda pilih. Mulai dari paket Sunrise Trip hingga Super Long Trip. Dimana dalam 1 trip tersebut terdiri dari 4 orang wisatawan. Untuk lama durasinya juga berbeda-beda, tergantung jenis paket apa yang Anda pilih. Berikut informasi terkait jenis paket Lava Tour Merapi:

  • Sunrise Trip. Jenis paket yang satu ini memiliki tarif 450 ribu rupiah per jeep. Bisa digunakan untuk 4 orang dengan durasi 3 jam.
  • Short Trip. Paket selanjutnya adalah Short Trip, paket ini berdurasi 1 hingga 1,5 jam. Untuk kapasitasnya, bisa digunakan 4 orang. Tarif dari paket ini adalah 350 ribu rupiah per jeep.
  • Medium Trip. Untuk durasi dari Medium Trip adalah 2 jam, dengan tarif 450 ribu rupiah per jeep. Kapasitas dari jenis paket ini adalah 4 orang.
  • Long Trip. Tarif dari paket Long Trip ini berada di harga 550 ribu rupiah per jeep. Durasi yang bisa dinikmati dari paket ini adalah 2 hingga 2,5 jam. Kapasitas yang bisa mengikuti paket Long Trip adalah 4 orang.
  • Super Long Trip. Sama dengan paket yang lainnya, jenis paket ini memiliki kapasitas 4 orang. Durasi yang bisa Anda nikmati menggunakan paket ini adalah 3 hingga 3,5 jam. Biaya yang Anda keluarkan untuk paket Super Long Trip adalah 650 ribu rupiah per jeep.
Keindahan Gunung Merapi, Sumber: phinemo.com
Keindahan Gunung Merapi, Sumber: phinemo.com

Itulah tadi informasi terkait Lava Tour Merapi yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik wisata di kawasan Gunung Merapi tersebut? Jangan khawatir, Almoreno Transport memiliki paket wisata adventure yang siap membawa Anda menyusuri keindahan Gunung Merapi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait paket wisata dan rental berbagai kendaraan, Anda bisa menghubungi kami. Almoreno transport dengan senang hati menjadi partner terbaik Anda saat berwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

About Author

client-photo-1
Regina Prada Hapsari SR

Comments

Tinggalkan Balasan