Pesona Pantai Krakal Wonosari, Lokasi Beach Club Baru Milik Raffi Ahmad
Pantai krakal wonosari, Sumber: mytrip123.com

Indahnya Pantai Krakal Wonosari memang tiada duanya. Artis sekelas Raffi Ahmad pun terpikat keindahan pantai di Gunungkidul ini dan berencana membangun resort di kawasan tersebut. Penasaran sebagus apa sih pantai-pantai yang ada di selatan Yogyakarta ini?

Pantai ini sendiri tidak hanya menyajikan pemandangan hamparan pasir putih saja. Melainkan juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba. 

Nah, sebelum berkunjung ke pantai dengan lanskap landai ini, Anda bisa simak ulasan berikut sebagai gambaran bagaimana serunya liburan ke Pantai Krakal.

Asal Mula Pantai Krakal Wonosari

Asal muasal Pantai Krakal, Sumber: wisata-id.com
Asal muasal Pantai Krakal, Sumber: wisata-id.com

Lanskap Pantai Krakal merupakan hasil dari proses pembentukannya yang alami dan unik. Dipercaya, pantai ini dulunya merupakan kawasan di dasar laut. Kemunculan pantai ini di permukaan disebabkan oleh peristiwa epirogenesa negatif atau pergerakan kerak bumi yang menyebabkan kenaikan lapisan bumi.

Proses kenaikan lapisan bumi tersebut menghasilkan garis pantai ini begitu indah dan menawan diapit oleh dua batuan karang berukuran besar. Kondisi batuan karang yang cukup tinggi dan berbahaya, tak lantas mengurungkan niat wisatawan untuk berfoto di atasnya. 

Ditambah lagi permukaannya tidak tandus, melainkan dipenuhi tumbuhan hijau sehingga menambah keasrian puncak batu karang tersebut. Jika Anda mencari spot foto yang unik, naik ke puncak batu karang Pantai Krakal Wonosari bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Keindahan Pantai Krakal Wonosari yang Istimewa

Keindahan dari Pantai Krakal Wonosari, Sumber: wisatakeyogyakarta.com
Keindahan dari Pantai Krakal Wonosari, Sumber: wisatakeyogyakarta.com

Pantai Krakal berlokasi di Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul dan menjadi salah satu destinasi paling populer di kawasan ini. Nama pantai ini diambil dari bahasa Jawa “kerakal” yang artinya sebaran batuan kecil atau kerikil. Untuk memudahkan dalam pengucapannnya, maka pantai ini disebut dengan “Krakal”. 

Julukan “kerakal” diberikan ke pantai ini karena memang lanskapnya berupa hamparan pasir putih berhiaskan batuan halus memanjang. Kerakal-kerakal berwarna putih tersebut memiliki tampilan yang indah menghiasi sepanjang bibir pantai dan menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai ini.

Selain pasirnya yang putih bersih, air lautnya juga jernih, di mana para pengunjung bisa menyaksikan berbagai biota laut ketika pasang surut. Jika beruntung, Anda bisa melihat ikan damselfish, ikan berwarna kuning dengan aksen biru yang menjadi ikon Pantai Krakal. 

Tak cukup sampai di situ saja, keindahan Pantai Krakal Wonosari juga dihiasi oleh sebuah batu karang besar berwarna hitam di tepi pantai. Selain menambah keunikan pantai, batu karang besar tersebut juga berfungsi sebagai pemecah ombak, sekaligus pembatas pantai.

Seperti yang diketahui, pantai-pantai di kawasan selatan Gunungkidul biasanya terhubung satu dengan lainnya, termasuk Pantai Krakal.  Nah, batu karang besar di Pantai Krakal ini menjadi pembatas alami dengan pantai lain di sekitarnya. Uniknya, Anda bisa menaiki batu karang hingga ke puncaknya menggunakan akses jalan yang sudah disediakan. 

Selain menaiki batu karang, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di Pantai Krakal. Contohnya seperti bermain sepak bola, berenang, bermain layang-layang, mencari ikan di tepi pantai, bersantai di gazebo maupun berselancar. 

Ingin menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset yang memukau? Pantai Krakal Wonosari menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam. 

Berbagai Akomodasi Wisata Pantai Krakal

Akomodasi pantai, Sumber: krakalgunungkidul.wordpress.com
Akomodasi pantai, Sumber: krakalgunungkidul.wordpress.com

Sebagai ikon wisata Gunungkidul yang cukup populer, Pantai Krakal sudah menyediakan akomodasi terbaik bagi para pengunjung. Termasuk di antaranya fasilitas tempat parkir, toilet, tempat makan, hingga tempat istirahat bagi pengunjung sudah disiapkan.

Bila Anda ingin menikmati keindahan matahari terbenam jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas penginapan di sekitar kawasan pantai. Sejumlah penginapan Pantai Krakal yang bersih dan terawat sudah tersedia bagi pengunjung dengan harga terjangkau.

Dengan begitu Anda tak akan khawatir bakal ketinggalan momen sunrise maupun sunset di Pantai Krakal. Anda pun bisa menikmati berbagai olahan seafood bersama keluarga sambil menyaksikan pemandangan laut di tempat makan yang sudah disediakan.

Akses Menuju Pantai Krakal Wonosari

Wisata Pantai Krakal berlokasi sejauh 65 km dari pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa mengakses pantai yang terletak di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul ini melalui beberapa jalur. Pertama yakni melalui rute Wonosari yang berjarak 21 km, atau melalui rute Solo dan Sukoharjo.

Bila Anda ingin menuju ke Pantai Krakal dari Kota Yogyakarta, maka bisa melalui rute Piyungan. Kemudian pilih jalur menuju ke Bundaran Tugu BPD, lanjut ke Wonosari dan Tanjungsari. Dari situ Anda bisa langsung memilih jalur menuju Pantai Krakal yang dihiasi oleh pemandangan indah di sisi kanan dan kirinya.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Pantai Krakal Gunungkidul

Pemandangan menawan Pantai Krakal Wonosari bisa Anda nikmati tanpa menguras kantong. Para wisatawan hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 saja agar bisa memasuki kawasan pantai. 

Dengan tarif tiket tersebut Anda bisa memasuki kawasan Pantai Krakal sekaligus pantai sekitarnya seperti Pantai Baron dan Pantai Sundak. Objek wisata pantai di Gunungkidul biasanya bisa diakses mulai jam 08:00 pagi. Namun, Anda bisa bermalam di penginapan Pantai Krakal bila ingin menikmati sunrise

Tips Menikmati Keindahan Pantai Krakal Wonosari

Dokumentasi keindahan pantai, Sumber: sesitus.com
Dokumentasi keindahan pantai, Sumber: sesitus.com

Mengingat jarak Pantai Krakal yang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tak ada salahnya Anda mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum melakukan perjalanan. Dengan menerapkan tips-tips berikut ini, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Krakal Wonosari dengan sempurna. 

1. Persiapkan Kamera

Persiapkan kamera selama perjalanan karena jalur menuju Pantai Krakal dihiasi dengan pemandangan yang begitu indah dan sayang untuk dilewatkan. Pemandangan perbukitan batuan purba maupun hamparan pasir Pantai Krakal bisa menjadi background foto yang sempurna.

Tangkap semua momen indah di Pantai Krakal dalam jepretan kamera Anda.  Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengambil foto dengan latar langit orange Gunung Kidul saat sunrise dan sunset.

2. Waspada Terhadap Ubur-ubur

Sangat disarankan untuk berhati-hati saat bermain air di Pantai Krakal, terutama saat musim ubur-ubur. Biasanya di bulan Juni hingga September air laut mulai dingin dan menyebabkan banyak ubur-ubur muncul ke permukaan. 

Bila Anda ingin aman dari ubur-ubur, sebaiknya hindari mendekati area laut di waktu tersebut dan memperhatikan himbauan penjaga pantai. Pasalnya, sengatan ubur-ubur bisa menyebabkan masalah pada kulit. 

Mengingat jalur menuju Pantai Krakal cukup jauh dan berliku, Anda bisa sewa Elf Jogja di Almoreno Transport untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan. Anda akan dijemput dan diantar ke Pantai Krakal secara nyaman dan aman. Dengan harga yang relatif murah, Almoreno Transport siap menjadi partner liburan Anda!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan