Sate Klatak Terenak di Jogja, Ini Dia Rekomendasinya!
sate klatak terenak di Jogja. sumber: blog.sayurbox.com

Apakah Anda sedang berencana pergi ke Jogja untuk liburan? Selain memilih destinasi wisata yang tepat, tentu tidak lengkap rasanya jika Anda tidak berburu wisata kuliner. Nah, salah satu kuliner legendaris yang perlu dicoba adalah sate klatak. Konon, ada cukup banyak tempat makan sate klatak terenak di Jogja yang menggugah selera.

Perlu diketahui, sate klatak adalah makan khas Jogja yang berbeda dengan sate pada umumnya. Hal itu bisa dilihat dari tusuknya yang bukan terbuat dari bambu melainkan jeruji besi sepeda. Penggunaan jeruji tersebut unik dan bisa membuat daging matang seutuhnya.

pelayan membawa pesanan sate klatak. sumber: mediaindonesia.com
pelayan membawa pesanan sate klatak. sumber: mediaindonesia.com

Tidak hanya itu, sate klatak dibuat tanpa bumbu kecap atau pun sambal kacang melainkan garam dan lada saja. Nantinya, sate klatak dihidangkan bersama kuah gulai. Penasaran mana saja rekomendasi sate klatak di Jogja yang enak? Simak ulasannya!

5 Rekomendasi Sate Klatak Terenak di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sate klatak cukup mudah dijumpai di daerah Yogyakarta. Akan tetapi, apakah semua sate klatak terdekat memiliki cita rasa yang sama? Tentu saja tidak. Nah, bagi Anda yang sedang mencari sate klatak di Jogja dengan kelezatan tiada tara, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Sate Klatak Pak Bari

Rekomendasi sate klatak pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Sate Klatak Pak Bari. Tempat ini memang menjadi salah satu kuliner legendaris di Jogja. Tidak mengherankan jika tempat ini selalu ramai dengan pelanggan yang datang silih berganti.

Seperti halnya sate klatak pada umumnya, sate di sini juga ditusuk dengan jeruji sepeda. Selanjutnya porsi sate ini disajikan dengan gulai yang panas. Disantap dengan nasi hangat dan lalapan, sate yang empuk akan sangat menggugah selera.

Sate Klatak Pak Bari, salah satu tempat kuliner yang legendaris. sumber: googleusercontent.com
Sate Klatak Pak Bari, salah satu tempat kuliner yang legendaris. sumber: googleusercontent.com

Rasa dari sate klatak pak Bari ini sangat gurih. Selain itu, daging yang empuk dan kuah gulai yang dipadu dengan sate juga membuat satu porsi sate ini terasa lezat. Jika Anda penasaran, Anda bisa mengunjungi warung sate klatak satu ini yang berada di Pleret, Bantul, Jogja.

2. Sate Mbah So Kotagede

Sebagai salah satu makanan khas Jogja, sate klatak menjadi primadona pecinta kuliner. Berbeda dengan sate klatak lainnya, di Sate Klatak Mbah So Anda akan menjumpai sate klatak dengan potongan yang besar-besar. Karena potongannya yang besar sehingga membuatnya menjadi salah satu kuliner yang diburu pecinta makanan khas.

Selain potongannya yang lebih besar, di sini Anda juga akan merasakan cita rasa sate klatak dengan bumbu unik. Satu porsi sate Mbah So yang ada di Kotagede ini terdiri dari daging kambing yang kenyal, tomat, kecap, bawang merah dan timun. Oleh karenanya, sate klatak Mbah So ini terkenal dengan rasa yang sangat gurih.

Sate Mbah So Kotagede, menawarkan aneka olahan kambing. sumber: blogspot.com
Sate Mbah So Kotagede, menawarkan aneka olahan kambing. sumber: blogspot.com

Dengan segala kelebihannya ini maka Anda perlu mencobanya ketika berada di Jogja. Beralamat Mulong, Bantul, tidak heran banyak orang yang menyebut sate Mbah So ini sebagai sate klatak Bantul.

3. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak terenak di Jogja selanjutnya adalah Sate Klatak Pak Pong. Kelezatan sate klatak racikan warung Pak Pong ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal itu disebabkan karena hampir setiap hari warung ini selalu ramai dengan pengunjung. Bahkan, sebagian besar pengunjungnya adalah para food vlogger, selebgram kuliner, dan lain sebagainya.

Satu porsi yang ditawarkan warung Pak Pong berisi 2 buah tusuk sate dan disajikan pada piring bersama kuah gulai. Tiap-tiap tusuk berisi potongan daging kambing berukuran besar.

Sate Klatak Pak Pong, menjadi buruan para food vloger. liburanhotel.com
Sate Klatak Pak Pong, menjadi buruan para food vloger. sumber: liburanhotel.com

Tidak hanya itu, tekstur pada daging yang disajikan juga terasa sangat empuk dicampur dengan perpaduan rasa asin dan gurih yang pas. Ditambah lagi dengan kuah gulai serta nasi putih hangat tentu membuat sate klatak di sini terasa istimewa.

4. Sate Klatak Mak Adi

Sate Klatak lain yang tak kalah enak adalah Sate Klatak Mak Adi. Tempat ini cocok dikunjungi ketika Anda sedang liburan keluarga ke Jogja, jangan lupa untuk datang ke sini. Berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Km 10, Jati, Wonokromo, tempat ini cukup mudah dijangkau karena lokasinya yang berada di pinggir jalan utama.

Apa yang menarik dari tempat ini adalah racikan bumbu sate yang khas. Memang, sate klatak hanya dibuat dengan bumbu sederhana. Namun, dengan racikan yang pas, rasa yang dihasilkan akan lebih istimewa. Oleh karenanya, jika Anda tidak menemukan sate klatak di Jalan Malioboro, tempat ini bisa menjadi opsi.

Sate Klatak Mak Adi juga menyediakan menu krenyos. sumber: areajogja.com
Sate Klatak Mak Adi juga menyediakan menu krenyos. sumber: areajogja.com

Selain sate klatak, menu lain yang membuat tempat ini viral adalah krenyos atau lemak kambing. Anda bisa memesan menu ini merasakan rasanya yang unik tetapi nikmat. Namun, perlu diketahui, menu ini tidak tersedia banyak sehingga terkadang pengunjung kehabisan.

5. Sate Klatak Pak Jono

Rekomendasi sate klatak lain yang perlu dikunjungi adalah Sate Klathak pak Jono. Menurut informasi, Pak Jono merupakan adik dari pak Bari. Kedua saudara ini memang sama-sama membuka warung sate klatak dengan cita rasa lezat.

Alamat warung sate klatak pak Jono berada di sebelah pasar Wonokromo. Jam buka mulai dari pukul 18.00 – 02.00 WIB. Oleh karena jam bukanya malam dan suasana remang-remang, sate klathak pak Jono juga disebut sebagai “Sate Horor”.

Sate Klatak Pak Jono, buka hingga dini hari. sumber: detik.net.id
Sate Klatak Pak Jono, buka hingga dini hari. sumber: detik.net.id

Dari namanya memang seram, namun cita rasa racikan sate klataknya cukup membuat siapapun ketagihan. Wajar saja jika dalam satu malam mampu menghabiskan hingga dua ekor kambing.

Demikian, rekomendasi dan review singkat beberapa opsi sate Klatak terenak di Jogja yang wajib Anda kunjungi. Bagaimana bisa bikin ngiler bukan?

Nah, untuk Anda yang berencana liburan ke Jogja bersama keluarga dan berburu kuliner istimewa, Anda bisa menggunakan layanan sewa Elf Jogja yang disediakan Almoreno Transport. Tentu, dengan transportasi yang nyaman, liburan Anda pasti akan lebih menyenangkan!

About Author

client-photo-1
AlmorenoTransport

Comments

Tinggalkan Balasan