Tips Diet Saat Liburan yang Mudah Versi Almoreno Transport
Tampilan jajanan di tempat wisata, sumber: masakapahariini.com

Ketika sedang melakukan perjalanan seperti liburan, seringkali kita dihadapkan dengan pilihan sulit, antara menikmati berbagai sajian yang ada di tempat tujuan atau melanjutkan program diet. Untuk itu, pada tulisan kali ini kami memberikan tips diet saat liburan yang bisa Anda coba.

Beberapa tips yang akan kami berikan ini tergolong tips yang sangat mudah untuk Anda jalankan dan bisa menjaga asupan nutrisi yang Anda butuhkan saat beraktivitas di luar rumah dan tentunya sesuai dengan diet yang ingin atau sedang Anda jalankan.

Tips Diet Saat Liburan

Penasaran dengan tips diet saat liburan? Yang bisa dijalankan oleh siapa saja yang sedang menjalankan diet di satu sisi dan sedang kondisi liburan di sisi lainnya. Tanpa berlama-lama berikut ini tipsnya untuk Anda.

1. Aturan 3 Suap

Salah satu kenikmatan yang tidak ada tandingnya saat berlibur adalah menikmati sajian kulinernya. Makanan khas daerah destinasi yang Anda tuju tentu akan memberikan kenikmatan yang berbeda dengan sajian pada restoran yang ada diperkotaan.

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet rutin, aslinya Anda tetap bisa menikmati sajian tersebut. Tips nya adalah maksimal mengonsumsi 3 suap dari menu yang ditawarkan dan diet Anda tidak akan terganggu. Namun, 3 suap ini tidak bisa Anda terapkan pada semua menu yang ada. Akan tetapi maksimal untuk 3 menu yang berbeda saja.

Tampilan jajanan di tempat wisata dalam tips diet saat liburan, sumber: masakapahariini.com
Tampilan jajanan di tempat wisata, sumber: masakapahariini.com

2. Minimalisir Cobaan

Hampir disemua ruangan hotel akan tersaji makanan ringan dan berbagai jenis minuman bersoda di dalam kulkas. Untuk menjaga program diet, Anda bisa meminta pada pihak hotel untuk mengganti isi kulkas tersebut dengan makanan dan minuman sehat yang sesuai dengan program diet Anda. seperti yogurt, sereal dan buah-buahan segar.

Hal tersebut juga bisa Anda aplikasikan pada pesawat atau kereta. Umumnya, makanan yang tersaji pada beberapa tempat tersebut, memiliki kandungan kalori yang tinggi, di samping harganya yang juga mahal. Untuk itu, sebisa mungkin harus Anda hindari, agar program diet Anda tidak berantakan.

3. Tetap Terhidrasi

Sekilas mungkin Anda mengira, tidak ada hubungannya antara diet dengan tetap terhidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, ada beberapa gejala yang dirasakan, seperti pusing, lemas dan cepat merasa lapar.

Ketika Anda merasa lapar namun tidak memiliki persediaan makan ringan yang sehat, Anda dapat dipastikan akan membeli sembarang jajanan dan mengonsumsinya. Nah, hal inilah yang tidak baik untuk program diet Anda.

Untuk tetap terhidrasi, Anda bisa membawa air minum sendiri dengan tumbler yang digantung dengan tali lanyard atau membeli air dalam kemasan botol yang tersedia di warung-warung. Selain agar tetap terhidrasi, membawa persediaan air minum sendiri juga bisa menjadi menghemat pengeluaran Anda.

Selalu sedia air, sumber: cnnindonesia.com
Selalu sedia air, sumber: cnnindonesia.com

 

4. Jangan Tidak Makan

Upayakan untuk tetap makan diwaktu yang sesuai. Dengan kata lain, jangan tidak makan siang kemudian diganti dengan makan malam. Karena hal tersebut akan sangat berisiko pada kondisi tubuh yang kekurangan energi setelahnya, tentu saja hal itu tidak baik bagi kesehatan.

Sebaliknya, akan lebih baik jika Anda makan setiap 4-5 jam sekali. Namun, tetap perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Dalam waktu 4-5 jam sekali makan ini, Anda tidak boleh mengisinya dengan makanan berat semua, tetapi selingi dengan makanan ringan sehat yang Anda persiapkan sendiri.

5. Bergerak

Tetaplah bergerak. Jika Anda tidak membawa barang bawaan, maka akan lebih direkomendasikan untuk selalu menaiki tangga dari pada lift. Hal sederhana tersebut bisa membuat Anda tetap sehat meskipun dalam suasana liburan. Anda juga harus sering melakukan peregangan otot setelah berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama.

Hal satu ini mungkin sedikit sulit, jika Anda sedang berada di dalam pesawat. Namun, Anda tetap bisa mengakalinya dengan melakukan peregangan otot dengan menarik kedua tangan ke atas dan kedua kaki ke depan ketikan di tempat duduk. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum dan setelah berangkat.

6. Perhatikan Tempat Makan

Sebelum berlibur ke tempat wisata, misalnya ke destinasi wisata Dieng, Anda harus memastikan terlebih dahulu ingin makan di tempat yang mana. Ketika Anda sudah mencari tahu info tentang tempat makan, selanjutnya Anda akan memiliki gambaran menu apa saja yang bisa mengakomodasi asupan diet Anda.

Ilustrasi mencari tempat makan secara online, sumber: liputan6.com
Ilustrasi mencari tempat makan secara online, sumber: liputan6.com

Selain itu, cara satu ini juga memberikan manfaat lain pada Anda, yakni mendapatkan pilihan restoran yang efektif dan bisa mengetahui kualitas menunya dari beberapa testimoni atau ulasan konsumen sebelumnya. Sehingga, Anda tidak asal masuk dan ternyata makanan tersebut terbuang karena rasanya tidak sesuai selera atau tidak enak.

7. Mulai Hari dengan Tepat

Sarapan pagi adalah hal yang sangat penting, karena kebiasaan inilah yang akan memberikan energi pada tubuh Anda sampai makan siang nantinya. Upayakan agar tetap rutin sarapan pagi, meskipun dalam porsi yang kecil.

Sama seperti uraian sebelumnya, saat Anda sarapan, pastikan apa yang Anda konsumsi memiliki asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Selain itu, kombinasikan makanan tersebut dengan mengonsumsi suplemen seperti vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Demikianlah beberapa tips diet saat berlibur yang bisa Anda coba aplikasikan selama musim liburan bersama keluarga tercinta. Untuk memudahkan mobilitas liburan Anda bersama keluarga, Anda bisa membaca tips sewa mobil untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik. Selamat mencoba!

About Author

client-photo-1
Rohadi Apri

Comments

Tinggalkan Balasan