5 Destinasi Wisata di Kotagede, Unik dan Murah Meriah!
Between two gates, Sumber: intanaerum.com

Sebagai salah satu kota tua di Jogja, Kotagede memiliki begitu banyak destinasi wisata yang wajib Anda sambangi. Destinasi wisata di Kotagede pun tak hanya sebatas wisata sejarah yang menyimpan banyak cerita tersembunyi, namun juga wisata kebudayaan yang membuat wisatawan selalu ingin kembali ke sini.

Di samping itu, Kotagede juga terkenal dengan wisata religi yang membuatnya banyak dikunjungi saat menjelang Ramadhan. Sebut saja Masjid Agung yang sudah berdiri sejak berabad-abad silam. Juga makam wali terkenal yang membuat Kotagede selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah.

Namun, apakah destinasi wisata di Kotagede hanya sebatas itu? Simak sampai akhir untuk mendapatkan informasi wisata lainnya di Kotagede Yogyakarta.

Ragam Destinasi Wisata di Kotagede Paling Ikonik

Terkenal sebagai kota peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Kotagede memang menyimpan nilai sejarah yang begitu besar. Berbagai warisan sejarah bisa Anda temukan di sini, dan bisa disambangi sebagai destinasi wisata. 

Nah, dari banyaknya destinasi wisata di Kotagede, beberapa tempat berikut adalah yang paling direkomendasikan.

1. Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede, Sumber: kompas.com
Masjid Agung Kotagede, Sumber: kompas.com

Wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Masjid Agung Kotagede. Termasuk objek wisata yang cukup populer di Kotagede, masjid bersejarah  ini dibangun oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma pada tahun 1575 silam. Masjid yang juga merupakan peninggalan kerajaan Mataram ini dibangun dengan desain arsitektur Jawa kuno yang sangat epic

Setiap sudut masjid tidak pernah luput dari ukiran kayu serta ornamen artistik yang sangat indah. Selain memiliki interior yang memukau, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan eksterior bangunannya. Ukiran kayu yang sangat halus dan ornamen klasik menjadi ciri khasnya. Di dekat area masjid ini Anda juga bisa berfoto di tembok ijo Kotagede yang instagramable.

  • Alamat Masjid Agung Kotagede: Dusun Sayangan, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka: 24 jam
  • HTM: Gratis (pengunjung dapat memberikan amal atau infaq)

2. Di Antara Dua Gerbang

Di Antara Dua Gerbang atau Between Two Gates adalah salah satu wisata sejarah di Kotagede yang sangat sayang jika dilewatkan. Sebenarnya, Between Two Gates atau Gang Rukunan merupakan lokasi pemukiman dengan rumah-rumah tradisional yang dinobatkan sebagai salah satu Bangunan Warisan Budaya di Yogyakarta.

Lokasi Di Antara Dua Gerbang ini memiliki keindahan khas Jawa yang sangat menarik. Pengunjung bisa bersua foto untuk mengabadikan momen lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial. Selain menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di Kotagede, destinasi wisata yang satu ini juga bisa menjadi ajang belajar sejarah hingga budaya Jawa lho!

  • Alamat Di Antara Dua Gerbang: Jl. Masjid Besar No.905, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173
  • Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Gratis / Sesuai reservasi jika ingin menggunakan tour guide

3. Pabrik Coklat Monggo

Pabrik Coklat Monggo, Sumber: tripadvisor.com
Pabrik Coklat Monggo, Sumber: tripadvisor.com

Anda termasuk salah satu pecinta coklat? Jika iya, berwisata sekaligus mencicipi coklat asli Kotagede di pabrik Coklat Monggo wajib Anda masukkan ke list. Tidak hanya bisa berburu oleh-oleh coklat untuk disantap, namun pengunjung juga diperbolehkan untuk melihat secara langsung proses pembuatan coklat dari balik kaca dapur.

Biji-biji yang digunakan sangat berkualitas dan memenuhi standar. Proses pembuatannya pun terjamin higienis, jadi tidak heran jika rasa coklat yang dihasilkan dari pabrik ini begitu digemari dan menjadi buronan para wisatawan. Tertarik untuk menyaksikan lalu mencicipinya?

  • Alamat Pabrik Coklat Monggo: Jalan Dalem KG III Nomor 978, Purbayan Kotagede, Kota Yogyakarta
  • Jam Buka: 08.00 – 12.00 WIB dan 13.00 – 17.00 WIB.
  • HTM: Rp 10.000 per orang atau Rp 50.000 jika menggunakan guide

4. Gang Soka

Destinasi wisata selanjutnya adalah Gang Soka. Saat berkunjung ke desa wisata Jogja satu ini, Anda akan dibawa ke Jogja tempo doeloe berkat nuansa klasiknya dari rumah-rumah lawas yang berdiri sudah sejak ratusan tahun lalu.

Wisata kota lama Jogja ini terkesan unik berkat dindingnya yang memiliki ukiran kayu khas Jawa dengan motif yang sangat apik. Menariknya, meski  sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu, namun rumah-rumah tersebut masih kokoh dan sangat terawat. Tidak jarang Gang Soka dijadikan sebagai lokasi foto prewedding ataupun foto ootd untuk sekedar mengisi feed media sosial.

  • Alamat Gang Soka: Gg. Soka, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55192, Indonesia
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00
  • HTM: Rp 10.000

5. Situs Warungboto

Situs Warungboto, Sumber: wikipedia.com
Situs Warungboto, Sumber: wikipedia.com

Pada zaman dahulu, situs Warungboto merupakan Pesanggrahan Rejowinangun yang masuk ke dalam daftar situs bersejarah sejak abad ke 18 lalu. Dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II, Situs Warungboto dijadikan sebagai benteng pertahanan sekaligus tempat istirahat.

Salah satu daya tarik dari wisata ini adalah adanya kolam pemandian dengan sumber mata air di tengahnya. Terlebih lagi dinding bangun yang berwarna coklat muda dengan desain arsitektur lawas khas Jogja, membuat Situs Warungboto sangat unik, menarik dan estetik. Jadi saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa mampir Warungboto ya.

  • Alamat Situs Warungboto: Jl. Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, DI Yogyakarta.
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00
  • HTM: Rp 3.000 per orang.

Sebenarnya ada banyak sekali destinasi wisata di Kotagede lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Hampir semuanya kids friendly dan sangat nyaman untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. 

Nah, untuk memastikan perjalanan bersama keluarga tetap nyaman, Anda bisa sewa Hiace Jogja dari Almoreno Transport. Selain lebih praktis karena Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus dalam satu hari, biaya perjalanan rombongan pun semakin hemat. 

Almoreno juga menyediakan pilihan armada lain yang dapat disesuaikan dengan jumlah rombongan. Juga layanan sewa mobil plus supir dan layanan antar-jemput di bandara atau stasiun.

Hubungi Almoreno Transport sekarang untuk booking sewa mobil sesuai kebutuhan Anda!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan