Danau Rawa Pening, Destinasi Wisata Eksotis Sekitar Semarang
Wisata danau rawa pening, Sumber: travelspromo.com

Jika berlibur ke Semarang, tempat wisata yang sering dikunjungi seperti Kota Lama, Lawang Sewu, dan lain sebagainya. Tetapi, tahukah Anda, bahwa di Semarang juga terdapat wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi? Wisata alam tersebut adalah danau Rawa Pening.

Bagi Anda yang suka berlibur, terutama ke wisata alam, Rawa Pening menjadi tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya keindahan alamnya yang ditawarkan tidak hanya eksotis dan mempesona, suasana alamnya juga bisa membuat ketenangan batin pada diri Anda.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai danau Rawa Pening. Biar Anda tidak penasaran dan tahu lokasi menuju ke sana, simak ulasannya!

Sekilas Tentang Danau Rawa Pening

Sekilas tentang Danau Rawa Pening, Sumber: atourin.com
Sekilas tentang Danau Rawa Pening, Sumber: atourin.com

Dalam bahasa Jawa, Rawa Pening memiliki sebuah arti. Kata ‘Pening’ varian dari kata ‘Wening’ yang memiliki arti hening, tenang, dan damai. Sedangkan ‘Rawa’ memiliki arti dataran basah yang selalu digenangi air. Atau biasanya disebut sebagai danau.

Bila kedua kata tersebut digabung, maka dapat diartikan sebagai danau yang memiliki air tenang. Makna dari Rawa Pening sangat sesuai, karena kondisi air yang berada di danau ini, memang tenang dan tidak berombak.

Di balik itu semua, Rawa Pening juga memiliki cerita legenda. Menurut masyarakat sekitar, Rawa Pening terbentuk dari muntahan air yang mengalir dari bekas cabutan lidi. Hal ini dilakukan oleh Baro Klinthing yang berubah menjadi sosok anak kecil dan ditolong Janda Tua.

Walaupun cerita legendanya kurang lengkap. Akan tetapi, sudah cukup menggambarkan dari legenda awal mula munculnya danau Rawa Pening.

Keindahan Alam yang Ditawarkan Danau Rawa Pening

Keindahan Rawa Pening, tak perlu diragukan lagi. Airnya yang tenang dan dikelilingi hutan hijau. Tentunya, membuat siapa saja yang berada di sana akan merasa tenang dan betah.

Tidak hanya hutan hijau, tetapi dikelilingi juga dengan bukit dan gunung. Ada dua jenis gunung yang dapat dilihat yaitu, Ungaran dan Telomoyo. Terlihatnya dua jenis gunung tersebut, pastinya menambah keeksotisan keindahan alam yang ada di Rawa Pening.

Area danau yang terbuka luas akan memudahkan Anda menikmati panorama alamnya. Serta, ditambah dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata Rawa Pening. Anda sebagai wisatawan pun akan merasa puas dan senang, ketika berlibur ke danau Rawa Pening.

Wisata Menarik yang Ada di Danau Rawa Pening

Wisata alam di Danau Rawa Pening, Sumber: semarang.rentals
Wisata alam di Danau Rawa Pening, Sumber: semarang.rentals

Selain menikmati panorama keindahan alam, di sekitar Rawa Pening juga terdapat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Lokasinya pun tidak begitu jauh, sehingga di beberapa tempat wisata tertentu, Ada masih bisa melihat keindahan Rawa Pening.

Lalu, apa saja wisata menarik yang ada di sekitar danau Rawa Pening? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Bukit Cinta

Walaupun ketinggian bukit cinta tidak begitu tinggi, tetapi dari atas puncaknya Anda masih bisa melihat luasnya danau Rawa Pening. Jaraknya dengan bibir danau pun tidak begitu jauh.

Selain spot foto, Anda juga bisa menyewa kano untuk menikmati keindahan alamnya dari tengah danau. Atau ingin duduk saja sambil melihat keindahan Rawa pening dari ketinggian.

2. Wisata Apung Kampoeng Rawa

Di sekitar Rawa Pening, ada tempat wisata apung Kampoeng Rawa yang menarik untuk dikunjungi. Karena di tempat ini, Anda tidak hanya melihat keunikan kampung, tetapi juga bisa menikmati makanan khas Semarang.

Keunikan wisata apung Kampoeng Rawa, tidak jauh beda dengan Kampung Pecinan Semarang. Sama-sama memiliki ciri khas dan daya tarik untuk menarik minat wisatawan. Jadi, ketika Anda ke berkunjung ke Rawa Pening jangan lupa singgah ke wisata apung kampoeng rawa. 

3. Candi Gedong Songo

Destinasi wisata menarik lainnya adalah Candi Gedong Songo. Keunikan dari candi ini memiliki lokasi yang berada di atas perbukitan. Hal ini membuat Anda masih dapat melihat keindahan dari Rawa Pening.

Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan Wangsa Syailendra. Seperti namanya, candi ini berjumlah sembilan atau songo dalam bahasa Jawa. Konon, bila ada wisatawan yang bisa mengunjungi semua Candi Gedong Songo yang terpencar. Maka, ia bisa mendapatkan keberuntungan.

4. Saloka Theme Park

Jika Anda berlibur bersama keluarga, Saloka Theme Park bisa menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi. Lokasinya tidak jauh dari area Rawa Pening, sehingga mudah untuk dijangkau.

Saloka Theme Park adalah wisata wahana bermain yang cukup lengkap. Wahana yang tersedia pun unik dan menarik. Jadi, ketika Anda sehabis dari Rawa Pening, bisa mampir untuk bersenang-senang bersama keluarga.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Di Ambarawa juga terdapat museum kereta api pertama di Indonesia. Telah berdiri semenjak tahun 1873 dan diresmikan menjadi museum pada tahun 1978. Di sini, Anda bisa melihat koleksi kereta api yang telah digunakan sejak dahulu.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dengan Rawa Pening, bisa sekalian Anda kunjungi. Karena di Museum Kereta Api Ambarawa, Anda juga bisa belajar mengenai sejarah kereta api yang ada di Indonesia. 

Ternyata di sekitar Danau Rawa Pening terdapat banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi. Jadi, ketika Anda berlibur ke sana, jangan lupa untuk sekalian mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk, Jam Operasional, dan Rute Menuju Danau Rawa Pening

Harga tiket masuk wisata Danau Pening, Sumber: salsawisata.com
Harga tiket masuk wisata Danau Pening, Sumber: salsawisata.com

Tiket masuk Rawa Pening cukup murah hanya sebesar Rp 3.000/orang (hari biasa) dan Rp 5.000/orang (hari libur). Biaya yang sangat murah dan terjangkau, serta bisa Anda jadikan sebagai tips liburan hemat. Dengan begitu, Anda juga masih bisa berkunjung ke destinasi menarik lainnya yang ada di sekitar Rawa Pening.

Sedangkan untuk rutenya, ketika Anda sampai di kota Ambarawa. Selanjutnya, ke Monumen Palagan dan menuju ke arah Banyubiru. Kurang lebih jarak yang ditempuh 3,5-4 km. Dengan durasi waktu 10-15 menit untuk dapat sampai ke Rawa Pening.

Untuk jam operasional Rawa Pening buka mulai hari Senin-Minggu pada pukul 08.00-21.00 WIB. Jadi, tinggal Anda sesuaikan saja waktu liburan yang dimiliki untuk berkunjung ke sana. Tetapi, alangkah baiknya datang pada pagi atau sore hari, agar dapat menikmati panorama keindahan alamnya.

Ingin Sewa Mobil Wisata dengan Harga Terjangkau, Almoreno Transport Tempatnya!

Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Berlibur ke tempat yang jauh, Anda tentu memerlukan transportasi untuk memudahkan perjalanan. Misalnya, seperti Anda yang ingin berlibur ke Semarang dan berkunjung ke danau Rawa Pening terutama ketika memulai perjalanan dari kota Jogja.

Jarak antara Jogja sampai Semarang tidak begitu jauh. Kurang lebih 3-4 jam durasi perjalanan yang akan ditempuh. Bila berlibur, sewa mobil bisa menjadi pilihannya, karena dapat menikmati setiap perjalanan yang dilakukan.

Nah, bila Anda saat ini sedang mencari jasa sewa mobil untuk rombongan. Bisa menyewanya di Almoreno Transport, yang juga menjadi pusatnya sewa Elf Jogja dengan kapasitas angkut besar dan nyaman.

Dalam melakukan penyewaan pun Anda tak perlu ribet dalam mengurusnya. Karena kami juga menyediakan layanan antar jemput dan sopir bila Anda membutuhkannya. Selain itu, harga sewa mobil yang ditawarkan Almoreno Transport pun cukup terjangkau!

About Author

client-photo-1
Abdul Ichsan Said
Seorang pembelajar yang masih haus akan sebuah ilmu

Comments

Tinggalkan Balasan