Pesona Desa Sembungan Wonosobo, Desa Wisata Tertinggi yang Begitu Eksotis
Cara berwisata ke Desa Wisata Sembungan, Sumber: promediateknologi.id

Desa Sembungan Wonosobo menjadi tempat yang sangat cocok untuk melepas penat dan menyingkir dari hiruk pikuk kota yang padat. Keindahan alam dan udaranya yang sejuk menjadi daya pikat tersendiri dari desa yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng ini.

Merupakan destinasi wisata tertinggi di Jawa Tengah, Desa Sembungan Wonosobo berada pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Selama perjalanan menuju lokasi Desa Sembungan, Anda pun akan dimanjakan dengan panorama yang begitu menawan.

Jalur menuju ke wisata Desa Sembungan akan dihiasi oleh perkebunan dengan tatanan terasering khas pegunungan. Juga background hamparan bukit hijau dan segarnya hawa dataran tinggi  pun ikut membersamai.

Tak cukup sampai di situ, Desa wisata Sembungan juga menyimpan banyak keunikan dan daya tarik lain. Lantas apa saja daya tarik yang ditawarkan? Cek di bawah ini!

Desa Sembungan Wonosobo, Wisata Tertinggi Jawa Tengah

Desa Sembungan Wonosobo, Sumber: kemenparekraf.go.id
Desa Sembungan Wonosobo, Sumber: kemenparekraf.go.id

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Desa Sembungan berada di ketinggian 2.300 mdpl dan merupakan desa wisata yang tertinggi di Jawa Tengah. Hal ini membuat Desa Sembungan memiliki hawa dan udara yang begitu sejuk.

Suhu desa sembungan cukup dingin untuk Anda yang berasal dari dataran rendah, yakni sekitar 7° hingga 11° Celcius. Jadi ketika ingin berkunjung ke Desa Sembungan, Anda perlu mempersiapkan pakaian yang hangat seperti jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan hingga syal.

Selain dinyatakan sebagai wisata tertinggi, Desa Sembungan juga masuk ke dalam daftar 50 besar wisata terbaik di Indonesia. Jadi tidak heran kalau wisata ini semakin diminati untuk dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Legalitas desa tersebut telah didukung oleh SK Bupati Wonosobo 2020, SK Pokdarwis 2019, SK Pengelola Desa Wisata 2020, SK Kemenkumham 2016 dan jiga SK Pokdarwis 2008. Dengan begitu kelembagaan desa sudah benar-benar jelas dan lebih diperkuat.

Daya Tarik Desa Sembungan Wonosobo

Daya tarik dari Desa Sembungan, Sumber: opsi.id
Daya tarik dari Desa Sembungan, Sumber: opsi.id

Wonosobo adalah kota kecil di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali kekayaan budaya serta wisata yang sangat potensial, salah satunya adalah Desa Sembungan. Desa wisata yang pernah disambangi oleh Sandiaga Uno ini menyimpan begitu banyak pesona yang harus Anda kunjungi dan begitu sayang untuk dilewatkan, seperti apa?

1. Menikmati Golden Sunrise Tercantik di Asia Tenggara

Salah satu daya tarik dari Desa Sembungan yang banyak diincar oleh para wisatawan adalah Bukit Sikunir yang akan memberikan pengalaman untuk Anda melihat keindahan golden sunrise. Dengan mendaki sekitar 45 menit, semua rasa capek Anda akan terbayarkan oleh pemandangan yang eksotis dan matahari terbit.

Selain golden sunrise yang begitu menawan, saat cuaca cerah Anda juga bisa menikmati cantiknya lautan awan. Hanya saja Anda perlu mempertimbangkan jika ingin mengunjungi bukit Sikunir pada event tertentu seperti tahun baru, karena Sikunir akan menjadi lautan manusia.

2. Telaga Cebong

Ada juga yang tidak kalah indah dari bukit Sikunir, yakni Telaga Cebong. Telaga dengan air yang selalu jernih ini menyuguhkan keindahan yang khas, hawa yang sejuk dan sangat nyaman, dijamin Anda akan betah berlama-lama di sini.

Tidak hanya menikmati keindahannya begitu saja, banyak juga para wisatawan yang memilih untuk mendirikan tenda di tepi telaga Cebong, meskipun banyak sekali penginapan di desa Sembungan Dieng. 

Anda tidak perlu risau mengenai air bersih atau toilet. Berbagai fasilitas yang dibutuhkan seperti air bersih, toilet, warung makan maupun kopi, semuanya tersedia dengan harga yang masuk akal.

3. Air Terjun Sikarim

Air terjun selalu berhasil membuat siapa saja kagum melihatnya dan memberikan pengalaman indah yang akan selalu teringat. Hawanya yang sejuk, pemandangannya yang indah serta suara airnya begitu khas dan siap menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Bagi Anda yang suka wisata alam dan bermain air, berwisata ke Desa Sembungan sembari mlipir ke Curug Sikarim adalah sebuah ide yang brilian. Air terjun setinggi 90 m ini tepatnya berada di Kecamatan Garung, dan bisa Anda sambangi sebelum jalan ke Dieng.

4. Kebun Teh Sikatok

Tidak begitu jauh dari Desa Sembungan, ada pula wisata hamparan Kebun Teh Sikatok yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Dikelilingi oleh pepohonan dan pemandangan Gunung Sindoro, membuat siapa saja betah berlama-lama di kebun teh yang satu ini.

Bahkan, banyak para wisatawan yang mengaku berulang kali mengunjungi Kebun Teh Sikatok dan tidak pernah merasa bosan. Wisata ini memiliki banyak sekali spot selfie yang keren dan instagramable. Serta seringkali dijadikan sebagai lokasi wisata rombongan atau famgath dari perusahaan luar kota.

Jam Buka, Fasilitas dan Lokasi Desa Sembungan Wonosobo

Jam buka Desa Sembungan, Sumber: indonesiasenang.com
Jam buka Desa Sembungan, Sumber: indonesiasenang.com

Desa wisata Sembungan bisa Anda kunjungi selama 24 jam. Adapun biaya tiket yang harus dikeluarkan cukup terjangkau yakni sekitar Rp 15.000 per orang serta biaya parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

Berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, lokasi ini bisa ditempuh sekitar 30 menit hingga 45 menit dari pusat kota Wonosobo. Wisata Desa Sembungan sudah tertera di Google Maps jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat atau salah jalan.

Adapun beberapa fasilitas yang akan Anda nikmati di Desa wisata Sembungan antara lain:

  • Toilet
  • Mushola
  • Balai Pertemuan
  • Jungler Tracking
  • Kamar Mandi Umum
  • Kuliner
  • Kios Souvenir
  • Tempat Makan
  • Spot Foto menarik

Hal yang istimewa dari Desa Sembungan adalah warga lokalnya yang sangat ramah dan pemandangan alamnya yang menawan, sungguh menjadi kombinasi yang sangat indah.

Liburan ke Sembungan paling tepat adalah rombongan bersama keluarga tercinta dengan sewa Elf Jogja dari Almoreno Transport. Selain lebih nyaman, biaya perjalanan rombongan pun akan lebih terjangkau.  

Jadi bagaimana, kapan berwisata ke Desa Sembungan Wonosobo?

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan