Kebun Teh Sikatok, Destinasi Wisata Alam Istimewa di Tengah Pegunungan
Wisata kebun teh, Sumber: bobobox.com

Dikelilingi oleh pepohonan teh yang rimbun, udara segar, dan pemandangan alam yang menakjubkan membuat Kebun Teh Sikatok menjadi tempat yang ideal untuk merilekskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Perkebunan teh yang masuk di kawasan Wonosobo Jawa Tengah ini juga menyuguhkan spot selfie yang begitu ciamik dengan background gunung Sindoro.

Penasaran dengan keindahan Kebun Teh Sikatok? 

Mari mengenal kebun ini sebelum nanti pergi berkunjung, agar perjalanan nanti lancar dan sesuai dengan yang Anda harapkan. Mulai dari mempertimbangkan rute, tiket masuk beserta fasilitas pendukung, serta hal-hal menarik apa saja yang bisa dilakukan.

Apa itu Kebun Teh Sikatok?

Kebun Teh Sikatok Wonosobo, Sumber: detik.com
Kebun Teh Sikatok Wonosobo, Sumber: detik.com

Kebun Teh Sikatok adalah tempat budidaya teh dengan luas sekitar 830 hektar di atas ketinggian 800-2.000 meter di atas permukaan laut. Perkebunan ini telah berdiri sejak tahun 1865. Sejak saat itu, kebun dijadikan sebagai sumber penghasilan masyarakat sekitar.

Seiring perkembangan zaman, fungsi perkebunan ini semakin diperluas. Masyarakat setempat bekerja sama dengan PT Perkebunan Tambi menjadikan tempat ini berganti nama menjadi Wisata Alam Kebun Teh Sikatok yang menawarkan pemandangan memukau hingga wisatawan tidak bosan kembali ke sini meski sudah berkunjung berulang kali. Salah satu opsi alternatif terbaik dari banyaknya kebun teh Jogja.

Mulanya, pengunjung destinasi wisata alam ini mayoritas dari kaum muda yang senang dengan kegiatan hunting foto atau quality time bersama pasangan. Namun seiring kemajuan wisata, hadir berbagai objek seru yang ramah anak untuk liburan keluarga. Dan tak jarang, kebun teh ini disinggahi rombongan atau gathering acara kantor dari luar kota.

Jam Buka, Lokasi dan Rute ke Kebun Teh Sikatok

Pemandangan di Kebun Teh Sikatok, Sumber: radarpekalongan.id
Pemandangan di Kebun Teh Sikatok, Sumber: radarpekalongan.id

Kebun teh Wonosobo ini dapat dikunjungi wisatawan setiap hari, dari jam 7 pagi sampai dengan 12 siang. Khusus akhir pekan, dibuka sampai sore sekitar jam 5. 

Untuk mendapatkan view terbaik, Anda bisa datang saat pagi hari sekitar jam 7-8. Untuk menghindari terik sinar matahari, bawalah topi dan kacamata, serta memakai pakaian lengan panjang.

Untuk lokasinya, kebun teh ini beralamat di Jalan Tambi Dusun Sikatok, Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Meski demikian, tidak sedikit yang kebingungan karena area kebun yang sangat luas. Selain itu, kebun teh memiliki banyak julukan, seperti Kebun Teh Tambi, Bedakah, Patean, dan Kejajar.

Agar nanti tidak kebingungan, ingat atau catat rute ini ya!

  • Dari arah pusat kota Wonosobo atau di sekitar Alun-Alun Wonosobo, menuju ke arah wisata Dieng tepatnya Jalan Raya Dieng. Ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan pertigaan di desa Rejosari Kejajar.
  • Di pertigaan tadi, belok ke kanan menuju Jalan Tambi.
  • Begitu menemukan tikungan lokasi basecamp pendakian Gunung Sindoro, kurangi kecepatan kendaraan. Dari situ, Anda akan menemukan papan petunjuk menuju arah Kebun Teh Sikatok.
  • Jika sudah menemukannya, belok ke kiri untuk menuju loket. 

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pendukung

Dengan keindahan alam yang begitu memukau, wisatawan tak perlu khawatir perihal HTM, sebab harga tiketnya sangat murah. Hanya Rp 8.000 per orang, ditambah biaya parkir motor Rp 2.000 atau mobil Rp 5.000.

Meskipun murah, wisata kebun teh sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sesuai standar pariwisata. Sehingga kegiatan berkeliling kebun terasa aman dan nyaman.

Inilah sejumlah fasilitas yang dimaksud:

  • Parkir luas
  • Kamar mandi
  • Tempat ibadah
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Jembatan bambu
  • Tempat selfie

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Kebun Teh Sikatok

Berlibur menikmati keindahan alam kebun teh, Sumber: berbagifun.com
Berlibur menikmati keindahan alam kebun teh, Sumber: berbagifun.com

Selain fasilitas lengkap dan keindahan panorama alamnya yang memukau seperti yang disebutkan sebelumnya, objek wisata alam satu ini juga menawarkan banyak hal menarik lain. Inilah sejumlah hal menarik saat sampai di Kebun Sikatok Wonosobo.

1. Pemandangan Hijau dengan Tanaman Subur

Semua kebun teh di Wonosobo memang memiliki pemandangan yang bagus, tapi untuk gelar terbaik, rasanya pantas diberikan pada Perkebunan Teh Sikatok ini.

Kebun dipenuhi tanaman teh yang tumbuh subur serta ditata dengan rapi. Alur jembatan pun demikian, membuat wisatawan baru tidak kebingungan jika baru pertama kali ke sini dengan layanan sewa Hiace.

Terlebih lagi, karena wisata Kebun Teh Sikatok berada di dataran tinggi, kabut tebal pun sering menyelimuti area perkebunan teh yang membuat suasana semakin syahdu dan menenangkan untuk relaksasi diri.

2. View Gunung Sindoro yang Menawan

Tidak hanya pemandangan hijau dari tanaman teh yang subur, Anda juga akan disuguhi pemandangan Gunung Sindoro yang luar biasa. 

Saat cuaca sedang cerah, kemegahan Gunung Sindoro terpampang begitu jelas dengan awan putih di sekitaran lerengnya. Dijamin siapa pun akan terpukau dengan keindahannya!

3. Spot Foto Instagrammable

Ya, Kebun Teh Sikatok adalah destinasi sempurna untuk Anda yang hobi berburu foto Instagramable. Di sini Anda bisa berfoto dengan latar belakang perkebunan teh, Gunung Sindoro hingga pepohonan yang tumbuh di tepi perkebunan.

Jika mau hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa berfoto di spot-spot yang telah disediakan, seperti jembatan dan menara bambu.

4. Melihat Proses Pemetikan Teh

Sembari menikmati pemandangan, wisatawan memiliki kesempatan unik menyaksikan proses pemetikan teh secara langsung oleh petaninya. Tetapi, aktivitas ini hanya bisa Anda saksikan saat pagi hari.

Jadi, kebun teh ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tapi sekaligus memberikan pengalaman menarik, terutama bagi anak-anak. 

5. Menikmati Santapan

Setelah puas berkeliling kebun teh, selanjutnya Anda bisa bersantai menikmati santapan di cafe kebun teh sembari melepas rasa haus dan lapar. Gelas kayu agaknya bisa menjadi pelengkap momen ngeteh dan santap bersama.

Beberapa pedagang keliling juga bisa Anda temukan di sekitaran destinasi wisata, seperti penjual sosis bakar, cilok, hingga es krim.

Anda juga bisa membeli berbagai varian teh hasil pengolahan langsung dari Perkebunan Teh Sikatok. Ada teh hitam, teh hijau, teh wangi, dan masih banyak lagi.

Menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, tidak heran Kebun Teh Sikatok selalu ramai dikunjungi.

Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com
Rental Mobil Jogja Murah, Sumber: almorenotransport.com

Yuk ajak keluarga atau teman kerja untuk ramai-ramai ke Kebun Teh Sikatok Wonosobo. Agar perjalanan lebih nyaman dan tidak melelahkan, Anda bisa sewa Elf Jogja dari Almoreno Transport adalah solusi yang terbaik. 

Bukan hanya sebatas kenyamanan selama di perjalanan, keamanan Anda pun lebih terjamin karena driver sudah berpengalaman dan armada dari Almoreno selalu dalam kondisi prima. Perihal biaya, Anda bisa langsung hubungi jasa sewa Elf Almoreno Transport untuk mendapatkan tawaran dengan harga terbaik!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan