Rekomendasi Wisata Air Terjun Jogja, Ide Liburan Murah dan Menyenangkan
wisata air terjun Jogja

Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Jogja memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Tidak hanya wisata sejarah yang cukup memukau, Jogja juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang menyejukkan mata. Nah, kita akan membahas tentang destinasi wisata air terjun Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

Ketika membahas tentang air terjun, gambaran awal yang muncul pasti debit air deras yang meluncur dari atas dan suasana teduh yang dirasakan. Nah, jika Anda ingin bersantai dan menjauh dari suasana hiruk pikuk kota yang sibuk, tentu berkunjung ke lokasi air terjun adalah pilihan yang tepat.

wisata air terjun Jogja
wisata air terjun, cocok untuk berburu ketenangan. sumber: istockphoto.com

Lantas, apa saja ide wisata air Jogja terbaru yang bisa dijadikan menu liburan? Simak ulasannya!

Ragam Wisata Air Terjun Jogja Untuk Liburan Terjangkau

Berbincang tentang wisata air terjun Jogja, Anda akan menemukan cukup banyak opsi tempat yang bisa dikunjungi. Tentu, banyaknya opsi tempat ini akan memudahkan Anda memilih destinasi mana yang hendak dimasukkan daftar perjalanan, terutama ketika merancang agenda liburan keluarga.

Ragam wisata air terjun menarik yang ada di Jogja diantaranya adalah:

1. Air Terjun Sri Getuk

Destinasi wisata air terjun menarik di Jogja yang pertama adalah Air Terjun Sri Getuk. Terletak di daerah Gunung Kidul, Sri Getuk menjadi destinasi wisata yang bisa dikatakan cukup populer. Pasalnya, tempat wisata ini kerap dijadikan lokasi untuk syuting film.

Selain populer, destinasi air terjun ini juga bisa dikatakan cukup unik. Pasalnya, meskipun Air Terjun Sri Getuk ini berada di tepi sungai Oyo, air yang meluncur tidak langsung jatuh ke muara sungai melainkan mengalir ke batuan karst yang ada di sekitarnya sehingga menciptakan pemandangan yang begitu mengesankan.

Nah, saat berada di tempat ini, Anda bisa menaiki perahu sederhana yang disediakan oleh pengelola. Dengan perahu ini, Anda bisa menyusuri sungai Oyo untuk bisa sampai di lokasi air terjun.

2. Air Terjun Gerojokan Sewu

Air Terjun Gerojokan Sewu juga menjadi destinasi wisata air terjun menarik yang ada di Jogja. Sekilas, air terjun ini memiliki nama yang sama dengan destinasi wisata air terjun yang ada di Gunung Lawu. Namun, tentu saja keduanya berbeda.

Destinasi wisata Air Terjun Gerojokan Sewu yang dimaksud ini terletak di Kulon Progo dan menjadi salah satu air terjun Jogja terdekat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti namanya, apa yang menarik dari destinasi wisata ini adalah adanya banyak aliran air terjun yang meluncur dengan cukup deras.

wisata air terjun Jogja
air terjun Gerojokan Sewu, surga tersembunyi di Kulon Progo. sumber: 3.bp.blogspot.com

Tidak hanya itu, di sekitar lokasi Air Terjun Gerojokan Sewu, ada area yang cukup luas untuk bersantai. Anda dan keluarga tentu bisa duduk-duduk sambil menikmati deburan air terjun dan pemandangan yang menyejukkan hati di sekitarnya.

3. Air Terjun Kembang Soka

Pernah mendengar tentang destinasi wisata ini sebelumnya?

Bisa jadi, banyak dari Anda yang belum mendengar tentang destinasi wisata Air Terjun Kembang Soka ini. Memang, selain lokasinya yang cukup tersembunyi, tempat wisata ini belum lama dibuka secara umum.

Namun, meskipun demikian, Air Terjun Kembang Soka tidak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, salah satu wisata air terjun terdekat yang satu ini menawarkan keindahan alam yang paripurna.

Saat berada di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan aliran air terjun yang sangat deras. Tidak hanya itu, air terjun di tempat ini memiliki dua warna yang berbeda, yaitu putih dan hijau Tosca. Ditambah batuan tebing yang menjulang tinggi dan pepohonan yang rimbun, tempat ini sangat cocok untuk merasakan kesejukan alam yang hakiki.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Jika Anda memiliki budget liburan yang terbatas, Air Terjun Kedung Pedut bisa menjadi ide wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, wisatawan yang datang ke tempat ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Destinasi wisata Air Terjun Kedung Pedut ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Kembang Soka yang ada di Kulon Progo. Selain itu, tentu saja, air terjun ini juga memiliki keindahan yang akan memanjakan mata.

wisata air terjun Jogja
Kedung Pedut, destinasi wisata air terjun yang memiliki kolam indah. sumber: istockphoto.com

Salah satu hal menarik dari Air Terjun Kedung Pedut adalah aliran air yang cukup deras dan besar. Selain itu, di bagian bawah air terjun terdapat kolam alami yang tidak terlalu dalam sehingga aman untuk digunakan berenang.

5. Air Terjun Banyunibo

Satu lagi destinasi wisata air terjun Jogja yang menarik untuk dijadikan ide liburan bersama keluarga adalah Air Terjun Banyunibo. Destinasi wisata ini terletak di daerah Patuk, Gunung Kidul.

Nama air terjun ini didasarkan pada bahasa Jawa, yaitu Banyu yang artinya air dan Nibo yang artinya jatuh. Bisa disimpulkan bahwa Banyunibo berarti air yang jatuh dari ketinggian.

wisata air terjun Jogja
Banyunibo, wisata air terjun baru di Gunung Kidul. sumber: pro.epson.asia

Saat Anda berada di lokasi ini, Anda akan menemukan destinasi wisata air terjun yang begitu indah dan mengesankan. Pasalnya, selain air terjun yang cukup deras dan besar, pemandangan di sekitarnya pun begitu mempesona.

Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan paduan bukit batu yang menjulang dan area persawahan yang menghijau. Hanya saja, Anda perlu hati-hati karena jalan menuju ke lokasi air terjun belum terlalu bagus.

Beberapa poin di atas adalah ragam destinasi wisata air terjun Jogja yang sangat menarik untuk dijadikan ide liburan bersama keluarga. Nah, untuk liburan bersama keluarga yang berkesan, kami menyediakan layanan rental Elf Jogja yang siap mengantarkan Anda ke berbagai destinasi. Dengan kendaraan yang nyaman, tentu liburan akan lebih menyenangkan!

About Author

client-photo-1
AlmorenoTransport

Comments

Tinggalkan Balasan