5 Wisata di Klaten yang Lagi Hits, Tak Hanya Umbul Saja!
Wisata klaten hits, Sumber: solopos.com

Provinsi Jawa Tengah memiliki keindahan dan keberagaman destinasi wisata yang sangat melimpah. Salah satunya bisa Anda temukan di Klaten, sebuah kabupaten yang dikenal dengan julukan Kota 1001 Umbul. Selain dikenal dengan pesona itu, sejumlah destinasi wisata di Klaten yang hits dan kekinian juga bisa Anda temukan.

Berbagai wisata alam dengan konsep kekinian menjadi destinasi yang sedang banyak digemari masyarakat setempat. Di mana kemunculan beragam tempat rekreasi baru tersebut menunjukkan bahwa Klaten tidak hanya sebatas wisata umbul saja. Melainkan sebuah kota wisata yang juga menawarkan kekayaan budaya serta kuliner khasnya yang lezat.

Mari sambangi beragam destinasi yang membuat Klaten semakin istimewa, dan cocok untuk wisata keluarga maupun pasangan muda mudi! 

Rekomendasi Wisata di Klaten yang Hits

Seperti yang disinggung di atas, wisata alam berkonsep kekinian sedang banyak digandrungi wisatawan Klaten. Selain menyediakan pemandangan alam cantik, spot-spot foto instagramable pun tersedia untuk mengabadikan momen liburan Anda sekaligus penunjang eksistensi diri di media sosial.

Berikut sudah kami rangkum informasi terkait tempat wisata di Klaten selain Umbul yang lagi hits, lengkap dengan informasi alamat dan tiket masuknya.

1. New River Moon Klaten

New rivermoon Klaten, Sumber: kompas.com
New rivermoon Klaten, Sumber: kompas.com

Tempat wisata indah di Klaten ini masih menjadi pilihan destinasi wisata favorit masyarakat sekitar maupun luar daerah. New River Moon menyuguhkan pemandangan asri di tepi sungai, di mana Anda bisa bermain outbound dengan fasilitas fun game yang seru serta rafting menyusuri Kali Pusur.

Setelah lelah beraktivitas, Anda dapat menyantap makanan Nusantara hingga Western di tepian sambil menikmati pemandangan alam yang asri. Tersedia paket wisata yang membuat pengeluaran keluarga lebih hemat, termasuk paket makan lengkap dengan minuman yang bisa Anda sesuaikan dengan budget dan keinginan. 

  • Alamat: Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Telepon: 085899946995
  • Tiket masuk: Gratis

2. Kawasan Bendungan Rowo Jombor Klaten

Saat berada di Klaten, tidak lengkap rasanya bila Anda belum mengunjungi Kawasan Bendungan Rowo Jombor dengan berbagai keunikannya. Anda bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus, yakni Bendungan Rowo Jombor serta Bukit Sidoguro yang menghadap ke bendungan.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru, mulai dari berkeliling waduk menggunakan perahu tradisional, mancing mania, menyantap nila bakar dan kopi saat senja di warung apung, hingga speedboat di waduk yang memacu adrenalin. Bonus pemandangan gunung merapi dan merbabu yang semakin melengkapi pengalaman wisata Anda. 

  • Alamat: Jl. Rw. Jombor, Waduk Jombor, Krakitan, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462
  • Telepon: 082134201765
  • Tiket masuk: Tidak ada

3. Soko Alas

Wahana Soko Alas, Sumber: kompas.com
Wahana Soko Alas, Sumber: kompas.com

Salah satu destinasi terbaru yang sedang viral awal tahun ini adalah Wahana Soko Alas. Destinasi ini memadukan wisata alam Klaten berupa pemandangan sawah dan embung yang luas dengan wisata seni yang memamerkan karya arsitektur menawan. 

Sepanjang kawasan wisata, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur yang cukup unik. Ada gapura dari akar kayu jati, bola dari potongan-potongan kayu, patung, hingga air mancur berbentuk hewan dari kayu.

Di area wisata di Klaten yang hits ini juga terdapat kolam ikan, serta kolam renang anak dan dewasa lengkap dengan kursi malas dan peneduh dari bambu. Juga kafe dan resto aesthetic dengan tirai dari potongan bambu yang akan mengingatkan Anda pada suasana ala-ala di Bali dan Thailand.

  • Alamat: Jl. Delanggu- Polanharjo, Area Kebun/Sawah, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Telepon: 082125256168
  • Tiket masuk: Rp 10.000

4. Girpasang

Sempat redup beberapa waktu lalu, kini Girpasang kini mulai viral lagi berkat kehadiran sebuah kafe di atas bukit dengan pemandangan hijau yang membentang luas bernama Green Valley. Ya, dusun terpencil di Klaten yang disulap menjadi tempat wisata ini awalnya hanya menyediakan wahana dan spot foto dengan view alam saja. 

Namun kini Girpasang juga menghadirkan cafe aesthetic yang kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong muda mudi Klaten. Dengan konsep semi outdoor, cafe ini berhasil menghadirkan suasana yang syahdu dengan banyak spot foto menarik.

Pengunjung juga masih bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia. Beberapa wahana yang sempat viral juga masih banyak diminati sampai sekarang yaitu jembatan gantung dan gondola yang melintasi sejauh 125 meter. 

  • Alamat: Ngringin, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten Regency, Central Java 57484
  • Telepon: 081228972956
  • Tiket masuk: Rp 5.000

5. Candramaya Klaten

Liburan di Candramaya Klaten, Sumber: kendhil.com
Liburan di Candramaya Klaten, Sumber: kendhil.com

Disebut sebagai wisata Klaten seperti Bali, Candramaya Klaten berhasil memikat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Cendramayu sendiri merupakan sebuah resort dan hotel yang mengusung konsep pedesaan Bali dengan view hamparan sawah yang cantik. 

Berbagai ornamen khas Bali pun bisa Anda temukan di setiap sudut resort, seperti kain hitam putih, payung kertas, serta tumbuhan bunga kamboja. Vibes Bali semakin terasa ketika Anda memasuki area kamar yang menyuguhkan desain resort khas Pulau Dewata. 

Fasilitas utama yang disediakan di sini yaitu kolam renang umum, kolam renang private, resto dengan beragam menu berat dan ringan, hingga kamar hotel. Biaya penginapannya tergolong murah, sehingga tak perlu khawatir untuk mengajak keluarga staycation di sini.

  • Alamat: Jl. Dalangan, Kajen, Dalangan, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482
  • Telepon: 082191426376
  • Tiket masuk: Rp 10.000 (weekday)/Rp 15.000 (weekend)

Dengan berkunjung ke beberapa wisata di Klaten yang hits tersebut, memori kunjungan ke Klaten kali ini akan menjadi pengalaman yang berkesan. Anda bukan hanya dapat menikmati keindahan alam, namun sekaligus menapaki peninggalan bersejarah, berpetualang hingga kulineran.

Wujudkan pengalaman tersebut dengan sewa Elf Jogja di Almoreno Transport. Tim yang mendampingi sudah berpengalaman dan profesional dalam mengantarkan perjalanan private tour maupun rombongan wisatawan dari berbagai daerah Nusantara. Layanan yang diberikan pun bisa disesuaikan, mulai dari jenis mobil, layanan hingga paket wisata murah. 

Simak juga tips liburan lain agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar. Jika sudah siap, jangan lupa hubungi Almoreno!

About Author

client-photo-1
Nurul Hidayani
Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Comments

Tinggalkan Balasan