Objek Wisata Kulon Progo Kekinian, Cocok Untuk Liburan Keluarga!
destinsi wisata kulon progo. sumber: muslimobsession.com

Saat masuk waktu liburan tentunya Anda akan mencari destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga. Dari banyaknya kota yang ada di Indonesia objek wisata Kulon Progo bisa menjadi destinasi wisata yang pas untuk dipilih.

Wisata yang ada di Kulon Progo tentunya tidak kalah indah dan seru seperti wisata di Jogja. Jadi, tak perlu ragu untuk memilih Kulon Progo sebagai destinasi wisata liburan keluarga. Di sana, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam dan pantainya yang mempesona.

Kulon Progo memiliki destinasi wisata tersembunyi yang memukau. sumber: jpnn.com
Kulon Progo memiliki destinasi wisata tersembunyi yang memukau. sumber: jpnn.com

Penasaran apa saja objek wisata yang ada di Kulon Progo? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Sekilas Tentang Kulon Progo

Kulon Progo adalah sebuah kabupaten yang berada di bagian barat dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama Kulon Progo memiliki arti dalam bahasa Jawa, barat Sungai Progo. Sedangkan ibukotanya adalah Wates yang menjadi pusat dari pemerintahannya.

Topografi Kulon Progo cukup bervariasi dengan ketinggian antara 0-1000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Membuat daerahnya memiliki cukup banyak potensi wisata yang indah dan memukau. Mulai dari destinasi wisata pantai yang berada di bagian Selatan. Hingga wisata alam yang berada di bagian Tengah dan Utara.

Bukan hanya terkenal akan destinasi wisatanya. Kulon Progo juga terkenal akan budaya dan kulinernya. Bila mengunjungi kota ini jangan lupa untuk berkeliling menikmati keindahan wisata hingga kebudayaannya.

Objek Wisata Kulon Progo Hits dan Populer

Bagi Anda yang sedang merencanakan berlibur atau sudah memilih Kulon Progo sebagai destinasi wisatanya. Berikut ini beberapa objek wisata Kulon Progo yang hits dan populer diantaranya:

1. Puncak Suroloyo

Menikmati keindahan alam Kulon Progo dari Puncak Suroloyo dapat memberikan pengalaman terbaik bagi Anda. Pasalnya dari ketinggian puncaknya Anda bukan hanya dapat melihat alam sekitar saja. Tetapi, bisa juga melihat gagahnya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

pemandangan-indah-dilihat-dari-Puncak-Suroloyo. sumber: goodnewsfromindonesia.id
pemandangan-indah-dilihat-dari-Puncak-Suroloyo. sumber: goodnewsfromindonesia.id

Ini adalah salah saty tempat wisata instagramable di Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi. Lokasi Puncak Suroloyo berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

2. Air Terjun Kembang Soka

Ingin menikmati indahnya alam dan ditemani dengan birunya air? Wisata air terjun Kembang Soka bisa menjadi salah satu pilihan objek wisata Kulon Progo. Tempatnya yang telah dikelola menjadi destinasi wisata dapat membuat Anda betah dan nyaman. Terdapat kedai makan hingga spot foto yang telah disediakan bagi para pengunjung.

Lokasi dari air terjun Kembang Soka berada di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Pantai Glagah

Kulon Progo juga terkenal akan destinasi wisata pantainya salah satu yang cukup terkenal adalah Pantai Glagah. Hal yang membuat pantai ini cukup ikonik adalah spot pemecah ombak. Selain itu, tidak jauh dari lokasi pantai Anda juga bisa mengunjungi kebun Bunga Matahari.

Lokasi Pantai Glagah berada di Glagah, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Goa Sriti

Bila Anda ingin mencoba destinasi wisata yang berbeda dari yang biasanya. Bisa mencoba berwisata sambil belajar sejarah di Goa Sriti. Konon Goa ini dulunya menjadi tempat penyusunan taktik gerilya Pangeran Diponegoro. Menjadi salah satu tempat wisata tersembunyi di Kulon Progo.

Lokasi Goa Sriti berada di Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Rafting Sungai Progo

Ingin merasakan wisata yang menguji adrenalin di Kulon Progo? Anda dan keluarga bisa mencoba rafting sungai Progo. Derasnya air sungai dan serunya bekerja sama mengendalikan perahu karet menjadi tantangan yang sangat menyenangkan. Dilengkapi dengan pemandu dan peralatan yang lengkap, keamanan wisata ini cukup terjamin.

rafting di sungai Kulon Progo, wisata mengetes adrenalin. sumber: harapanrakyat.com
rafting di sungai Kulon Progo, wisata mengetes adrenalin. sumber: harapanrakyat.com

Lokasi rafting sungai Progo berada di Kisik Kreo, Kalibawang, Banjararum, Kalibawang, Sayangan, Banjararum, Kec. Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Waduk Sermo

Waduk Sermo juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kulon Progo. Waduk yang diresmikan pada tahun 1996 oleh presiden Soeharto. Bukan hanya sebuah waduk biasa tetapi, di area sekitarnya dikelilingi oleh alam yang masih asri dan hijau. Bila berkunjung ke sini dapat membuat Anda betah dan nyaman.

Lokasi Waduk Sermo berada di Sermo Tengah, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Kebun Teh Nglinggo

Mengunjungi destinasi wisata dengan suasana alam yang masih asri juga bisa Anda dapatkan di Kulon Progo. Kebun teh Nglinggo menawarkan hal tersebut dan letaknya berada di atas perbukitan. Selain pemandangan indah kebun teh, Anda juga bisa belajar memetik hingga membuat teh.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

8. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo adalah salah satu tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits. Di goa ini Anda akan diajak berkeliling kurang lebih sepanjang 600 meter. Anda bisa melihat susunan batu yang unik dan ditemani oleh pemandu. Tentu, pemandu akan mengisi perjalanan dengan cerita-cerita sejarah dan legenda seputar Goa Kiskendo.

keindahan di dala gua kiskendo. sumber: 4.bp.blogspot.com
keindahan di dalam gua kiskendo. sumber: 4.bp.blogspot.com

Lokasi Goa Kiskendo berada di Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Pantai Congot

Pantai Congot adalah destinasi wisata Kulon Progo yang terkenal dengan keindahan hutan bakau. Ditambah memiliki ombak yang relatif tenang dengan pasir putih yang bersih. Bila Anda berkunjung ke pantai ini akan disuguhkan dengan keindahan hutan bakau dan birunya air laut.

Lokasi Pantai Congot berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Yogyakarta.

10. Wisata Nanggulan

Terakhir ada wisata Nanggulan Kulon Progo yang terkenal akan kuliner dan tempatnya yang indah. Terdapat banyak tempat kulineran dengan latar pemandangan yang indah dan memukau di Nanggulan. Tempat kulineran yang bisa Anda pilih seperti Kopi Ampirono, Geblek Menoreh View, Kopi Ingkar Janji, dan Geblek Pari Nanggulan.

Lokasi dari wisata Nanggulan berada di Soronangolin, Jati Sarono, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

hamparan sawah luas di Nanggulan. sumber: indonesiatraveler.id
hamparan sawah luas di Nanggulan. sumber: indonesiatraveler.id

Itulah beberapa objek wisata Kulon Progo yang bisa menjadi destinasi tempat wisata bersama keluarga. Mulai dari pemandangan alam, wisata air, hingga wisata pantai semuanya ada di Kulon Progo.

Bila Anda titik berangkat dari Jogja menuju Kulon Progo dan mencari kendaraan keluarga yang nyaman serta murah, ada layanan sewa Elf Jogja di Almoreno Transport. Tentu, dengan transportasi yang terjamin, perjalanan wisata Anda pasti akan lebih menyenangkan!

About Author

client-photo-1
AlmorenoTransport

Comments

Tinggalkan Balasan